Salah satu hari yang tak diperingati oleh seluruh dunia, tapi hanya di benua Amerika adalah Columbus Day. Hari yang biasanya jatuh di hari Senin, minggu kedua di bulan Oktober ini memperingati ditemukannya benua ini oleh Christopher Columbus dan menginjakkan kakinya tepat pada tanggal 12 Oktober 1492. Tahun ini Columbus Day jatuh pada tanggal 8 Oktober.

Christopher Columbus adalah orang Eropa pertama yang menemukan benua Amerika, tapi sampai sekarang beberapa orang masih berdebat bahwa sebenarnya Christopher hanyalah berlayar di pulau Karibia dan tidak pernah sampai ke tengah benua ini. Jadi, tidak layak disebut sebagai bapak penemu benua Amerika. Namun, apapun kabarnya, Columbus Day tetap menjadi salah satu hari yang diperingati tiap tahun.

Meski dicanangkan sebagai federal holiday tapi kantor-kantor di sebagian negara bagian tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sekolah libur, tapi kegiatan bisnis tetap berjalan seperti biasan Bagi negara bagian yang memperingati hari ini, mereka menggelar perayaan seperti parade dan bazaar di tengah kota. Parade ini dipenuhi barisan marching band dengan barisan para militer yang membawa bendera.

Peringatan ini juga diadakan di beberapa gereja dengan berdoa bersama, mengucap syukur serta terima kasih kepada Tuhan. Biasanya setelah itu mengadakan bazaar makanan untuk amal. Dahulu, di gereja maupun di sekolah-sekolah di hari itu menceritakan tentang Columbus, sekaligus menanamkan rasa kebanggaan dan patriotisme pada murid mereka. Para politisi juga turun ke daerah-daerah serta berpidato mengobarkan semangat patriotisme setelah upacara penaikan bendera di kantornya. Bendera Amerika akan berkibar sejak pagi hingga sore hari di kantor-kantor pemerintahan di hari itu.

Columbus Day pertama, dirayakan di New York di tahun 1866, tapi hanya oleh beberapa komunitas saja. Berlanjut ke Colorado yang merayakan secara besar-besaran di tahun 1907. Kemudian sejak itu menyebar luas ke beberapa negara bagian di Amerika. Uniknya, beberapa negara bagian menggunakan nama yang berbeda meski intinya sama yaitu memperingati ditemukannya benua ini.

Karena banyak kantor terutama kantor pemerintahan dan sekolah-sekolah libur pada hari Senin itu, jadilah akhir pekan yang panjang, dan banyak yang merencanakan berlibur bersama keluarga. Apalagi sebelum masuk musim dingin. Tentunya tidaklah nyaman berlibur di taman, water park, ataupun pesta barbeque di rumah teman dalam cuaca yang dingin. Maka libur panjang akhir pekan Columbus Day menjadi saat yang tepat terakhir kali pergi berlibur sebelum musim dingin. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?49760

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :