Petir

Nur menjerit tertahan. Gelegar suara petir lagi-lagi membuatnya ketakutan. Wajahnya berubah. Ketakutan di wajahnya terlihat, walaupun sudah berusaha ditutupinya. Nur, tetap seperti ketika gadis dulu. Usianya yang terus bertambah, tidak membuatnya mampu melupakan petir yang membuatnya ketakutan.

Ketika Nur masih kecil, sang Kakak meninggal karena disambar petir. Setelah itu, Nur trauma jika mendengar suara petir. Ingatannya selalu melayang kepada kisah sedih tersebut. Nur pun harus terus menutupi luka hatinya setiap kali petir menyambar. Upaya Nur bukannya mudah, ia tinggal di Depok yang terkenal sebagai kota petir.

Terbesar di Dunia

Petir di Depok

Seorang ahli petir pernah melakukan penelitian terhadap intensitas petir dan hasil penemuannya cukup mengejutkan. Petir di kota Depok ternyata yang paling besar di dunia. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ir. Dip. Ing Reynaldo Zoro, ahli dari ITB ini dilakukan pada bulan April, Mei dan Juni tahun 2002.

Menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), Zoro mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA. Zoro menjelaskan, bahwa kekuatan petir tersebut yang terbesar di dunia sehingga mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton.

Petir dengan arus listrik sebesar itu memakan banyak korban. Tidak hanya harta benda dan lingkungan, manusia pun banyak yang menjadi korban. Kakak Nur adalah salah satunya. Saat itu, kakak Nur yang sudah menginjak remaja sedang berada di luar. Tak dinyana, saat muncul petir, dia terkena sambarannya. Tubuhnya terbakar dan nyawanya tak mampu diselamatkan.
Sambaran petir pun banyak merusak peralatan eletronik rumah tangga sehingga meresahkan warga. Untuk mengurangi dan melindungi dampak petir, perlu dipasang penangkal petir pada bangunan. Sistem pengamanan itu salah satunya, berupa sistem penangkal petir atau anti petir beserta kabel penyalur (Down Conductor) dan pertanahannya (Grounding System) sesuai standar.

Hati-Hati Terhadap Petir

Jika berada di Kota Depok pada saat musim hujan, hendaknya lebih berhati-hati dengan seringnya petir dan kekuatannya yang besar. Untuk mengantisipasi petir, perlu diketahui beberapa hal.

  • Saat terjadi petir, lebih baik berada di dalam ruangan.
  • Matikan peralatan elektronik dan cabut kabelnya.
  • Jangan berada di ruangan terbuka seperti lapangan.
  • Jika berada di luar ruangan dan ada petir, segara rapatkan kedua kaki.
  • Hindari tempat yang memiliki air seperti kolam.
  • Jangan berlindung di bawah pohon saat ada petir.

Untuk share artikel ini, Klik www.Kabarinews.com/?61622

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan
Kabaristore150x100-3