Semua orang tahu gula rasanya manis. Biasanya gula digunakan sebagai pemanis minuman, juga penyedap masakan dan kue. Tapi dibalik manfaatnya gula, juga bisa banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga. Bisa untuk mempercantik diri. Dan yang mengembirakan lagi, dapat digunakan untuk membasmi serangga.

Membersihkan kulit

Bagi yang ingin merasakan khasiat gula untuk kecantikan, bisa mencoba kiat berikut. Gula dapat digunakan untuk mengikis kulit kusam dan menggantinya dengan kulit yang baru. Siapkan satu cangkir gula dan tambahkan beberapa tetes minyak zaitun, minyak almond, dan minyak jojoba. Aduk jadi satu sampai seperti pasta, tapi ingat jangan sampai semua gula larut, hanya cukup tercampur saja. Gosokkan masker gula pada kulit, perlahan dengan gerakan memutar. Biarkan selama 10 menit, baru kemudian bilas. Gunakan masker ini seminggu 2 kali supaya terlihat hasilnya.

Perawatan bibir

Butiran gula bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati bibir. Gunakan sejemput gula pasir lalu gosokkan pada bibir, diamkan sebentar. Kemudian seka bibir dengan tisu. Lakukan perawatan ini setiap hari. Cara ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan dapat mempertahankan warna lipstik di bibir, jadi tidak perlu sering memoles lipstik.

Pengawet alami

Salah satu kegunaan gula adalah, dapat membantu menyimpan dan mengawetkan makanan dengan mengendalikan pertumbuhan mikro organism. Jika Anda ingin menyimpan kue buatan sendiri dalam waktu lama, taburi permukaan kue dengan gula halus. Niscaya kue favorit akan bertahan lebih lama. Gula dipercaya dapat menyerap kelembapan sehingga makanan terjaga dari bakteri merugikan.

Membersihkan noda

Pakaian terkena noda? Tak perlu bingung-bingung, karena gula pun ampuh untuk menghilangkannya. Gunakan dua sendok makan gula dan didihkan dengan air. Oleskan larutan tersebut pada noda, biarkan kira-kira selama 20 menit, kemudian cuci seperti biasa. Noda pun langsung akan hilang.

Mengusir serangga

Banyak orang mengusir serangga seperti lalat dan tawon dengan cairan anti serangga yang mengandung bahan kimia. Sebaiknya ganti dengan cara yang lebih alami dan tidak berbahaya. Gunakan air gula sebagai pengusir alami. Caranya, rebus gula dan air, dinginkan. Tuangkan pada wadah terbuka, lalu taruh wadah tersebut di sudut rumah yang sering didatangi serangga. Biarkan semalaman. Hari berikutnya, akan terlihat serangga terperangkap dalam larutan gula, karena tertarik dengan manis dan aroma gula. Serangga akan terjebak karena lengket. Juga bisa dicoba untuk membasmi kecoa. Campurkan gula dengan baking soda, lalu taburkan di sekitar lantai rumah yang biasa dilalui kecoa. Campuran tersebut dapat membuat kecoa pergi dan tak kembali lagi.

Menyalakan api lebih cepat

Anda mungkin menghadapi situasi yang memalukan berada saat berkemah, tapi tidak mampu menyalakan api unggun dengan mudah. Kadang-kadang, kayu tidak bisa menyulut api karena terlalu lembap. Untuk menyiasatinya, tambahkan segenggam gula pada kayu yang ingin di bakar. Api akan menyala lebih cepat dan bertahan lebih lama.

Ternyata gula sangat bermanfaat selain sebagai bahan pemanis. Gunakan gula sedapat mungkin untuk menghemat biaya dari membeli barang-barang yang kurang penting. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55549

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :