Membersihkan dapur dengan produk ini, membersihkan lantai dengan produk itu, belum lagi membersihkan lemari es dan alat rumah tangga lainnya. Satu lemari pun tidak akan cukup untuk menyimpan bahan-bahan pembersih yang berbeda-beda itu. Padahal asal kita tahu caranya, bahan-bahan yang biasa digunakan di dapur dapat juga dipakai sebagai bahan pembersih dan untuk perawatan tubuh. Memakai bahan-bahan itu, juga bisa mengurangi penggunaan bahan kimia serta memangkas biaya. Aman pula untuk lingkungan.Yang harus disimpan adalah baking soda, mayones dan cuka karena banyak sekali gunanya.

Mayones

Untuk membersihkan dinding yang tercoret krayon, oleskan mayones di coretan krayon itu, biarkan sekitar 10 menit, kemudian gosok pelan dengan kain lap kering. Begitu juga untuk menghilangkan tempelan sticker di kaca atau mobil, oleskan sedikit mayones, tunggu beberapa menit, kemudian gosok pelan dengan kain lap kering. Untuk daun-daun tanaman supaya mengkilap, gosok juga dengan mayones.

Mayones juga bisa dipakai untuk badan. Supaya wajah kelihatan bersinar dan halus, usapkan mayones di wajah, pijat memutar di dagu, pipi dan dahi, kemudian biarkan sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air dingin. Terbakar matahari saat di pantai, juga oleskan mayones untuk mendinginkan dan mencegah kulit memerah. Gatal rambut di kepala dan menemukan kutu, jangan panik, segera oleskan mayones di seluruh rambut, pijat, lalu tutup dengan shower cap dan biarkan semalaman atau sekitar 2-3 jam sebelum keramas.

Baking Soda

Agar tempat cuci piring (sink) berkilau, cukup taburkan baking soda dan gosok dengan kain lap atau sponge basah. Begitu juga jika panci atau mangkuk aluminium susah dibersihkan dari sisa makanan yang mengering, taburkan saja baking soda dan biarkan beberapa menit, kemudian bersihkan dengan sponge. Lakukan hal yang sama untuk membersihkan tempat memanggang (barbecue grill). Begitu juga jika ingin membuat vas bunga tampak bersih dan berkilau, isi dengan seperempat air hangat dan masukkan sesendok baking soda, biarkan semalaman, kemudian cuci keesokan harinya.

Tak perlu semprotan pewangi untuk karpet. Taburkan baking soda dan biarkan kira-kira 15 menit kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner . Selain karpet menjadi bersih, juga menyebarkan wangi yang segar. Ingin membersihkan kamar mandi, campurkan ¼ cup baking soda, dengan 1 sendok makan sabun detergent dan sedikit cuka, gunakan untuk menggosok lantai dan dinding kamar mandi. Sedangkan untuk membersihkan toiletnya, tuangkan 1 cup baking soda, tunggu sebentar, lalu sikat bersih.

Cuka

Bermasalah dengan lemari es yang tampak kusam didalamnya dan bau tak sedap? Tak perlu memakai bahan kimia yang dapat membahayakan makanan di dalamnya, cukup lap dengan campuran ½ cup cuka dan ½ cup air untuk membersihkan rak dan dinding lemari es. Selain bersih juga mematikan bakteri yang menempel serta menghilangkan bau tak sedap.
Cangkir kopi terlihat kusam karena sisa kopi dan teh yang menempel dan susah hilang meski digosok dengan sabun, cobalah gosok dengan campuran cuka dan garam atau baking soda sebelum dicuci.

Mendapat kiriman bunga tapi kesegarannya hanya bertahan beberapa hari saja, segera buat campuran 2 sendok makan cuka dan 1 sendok teh gula dalam 1 liter air saat bunga mulai layu, masukkan ke dalam vas bunga, maka bunga akan segar kembali. Cuka juga dapat mematikan rumput liar yang tumbuh di halaman. Semprotkan cuka dicelah-celah pagar atau batu hias di halaman yang biasanya ditumbuhi rumput liar.

Agar cat kuku bisa lebih tahan lama, ambil kapas, celupkan ke dalam cuka dan usapkan ke kuku sebelum mengoleskan cat kuku. Kulit kaki kering dan telapak kaki kasar serta menebal, terlihat tak menarik saat memakai sandal cantik. Rendamlah kaki dengan air hangat yang dicampur dengan cuka. Perbandingannya, 2 banding 1. Jadi 1 liter air dicampur dengan ½ liter cuka, sambil sesekali digosok untuk membersihkan kulit mati. Untuk menghaluskan dan membersihkan kulit mati di seluruh badan, tuangkan ½ cup cuka ke dalam air hangat di bathtub, lalu berendamlah. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53563

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :