Merasa repot tiap pagi? Menyiapkan makan pagi keluarga, mengecek peralatan anak-anak berangkat sekolah, lalu menyiapkan diri sendiri untuk beraktivitas. Rasanya rutinitas tiap hari itu sama, tapi masih saja sering ada yang terlupa karena selalu diburu waktu. Kalau pagi hari sudah kacau, sepanjang hari pasti terasa berantakan. Kesiangan, terjebak macet di jalanan, rasanya ingin marah-marah.

Nah, agar pagi hari terasa nyaman, semua teratur, dan tak perlu terburu-buru, siapkan segalanya semalam sebelumnya. Cobalah kiat di bawah ini.

Menyiapkan Makan Pagi

Siapkan dan tulis menu selama satu minggu, tempel di lemari es atau di area dapur. Semalam sebelumnya sudah menyiapkan bahan dan bumbunya, sekaligus dikupas dan diiris, taruh di lemari es atau meja dapur. Waktu pagi hari tak perlu sibuk mengupas dan mengiris. Bila perlu, masukkan bahan-bahan yang sesuai menu ke dalam ziploc, tandai dengan spidol, misalnya tulis ‘Senin’, ‘Selasa’ dan selanjutnya. Simpan di dalam lemari es. Saat pagi hari tinggal dikeluarkan dan dimasak sesuai harinya. Jangan lupa siapkan juga makanan cepat saji, seandainya terlambat bangun. Seperti snack bar, cereal, oatmea, serta makanan yang dapat matang dengan microwave.

Menyiapkan Kopi dan Makan Siang

Sehari atau semalam sebelumnya, periksa coffee maker atau tempat merebus air, isi air penuh dan letakkan kopi di dekatnya. Letakkan juga bekal makan siang di tempat yang terjangkau. Seandainya selalu memasukkan makanan kering seperti snack bar atau buah, dapat dimasukkan semalam sebelumnya. Saat pagi hari tinggal memasukkan sandwich, telur dadar serta kentang rebus atau nasi. Begitu pula tempat minum anak-anak, isi semalam sebelumnya dan letakkan di meja makan beserta lunch pack agar anak tidak lupa.

Merapikan Sepatu dan Tas

Meski terlihat sepele, tapi sepatu saja dapat membuat kalang-kabut. Terutama untuk anak-anak. Agar pekerjaan kita menjadi mudah, sebelum tidur atau menyelesaikan pekerjaan rumah, ingatkan pada anak untuk menyiapkan sepatu dan kaos kaki yang akan dipakai esok harinya di rak sepatu dekat pintu keluar. Siapkan pula sepatu dan kaos kaki suami. Begitu pula tas sekolah, ingatkan mereka untuk menyiapkan segalanya sebelum tidur dan meletakkan di tempat yang mudah terjangkau. Selain tentu saja seragam sekolah, jaket, serta topi dan sarung tangan seandainya musim dingin tiba.

Letakkan Meja Kecil

Dekat pintu keluar, letakkan meja kecil atau tempat untuk menaruh barang-barang seperti kunci mobil, kunci rumah, kacamata, topi atau barang apa saja yang biasa ditaruh sembarangan oleh suami atau anak-anak saat mereka pulang. Bahkan juga kita. Meski sembarangan tapi karena terletak satu meja atau satu tempat jadi mudah saat mencarinya. Lebih baik lagi kalau disusun rapi dalam tempat yang sudah disiapkan dan ditulis seperti tempat ‘Kunci’, ‘Kacamata, ’Sarung Tangan’.

Persiapan Diri Sendiri

Setelah menyiapkan sarapan pagi untuk keluarga, saatnya menyiapkan diri sendiri. Tentunya semalam sebelumnya juga sudah menyiapkan baju yang akan dipakai kerja atau kegiatan di pagi hari. Serta sepatu dan tas. Tak ada waktu lagi untuk mencari-cari, memilih dan mematut diri di depan kaca. Tak perlu terlalu bersolek dan tatanan rambut seandainya harus keluar rumah tepat waktu.

Bangun Lebih Awal

Inilah kuncinya. Bangun lebih awal agar tidak terburu-buru menyiapkan segalanya. Mengecek kembali peralatan sekolah anak-anak, memeriksa barang bawaan suami ke kantor agar tidak ada yang ketinggalan, bahkan kita bisa berolahraga sebelum anak-anak bangun dan menyiapkan makan pagi mereka. Memulai pagi hari dengan santai dan nyaman tentu akan membuat sepanjang hari kita menjadi indah. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?52615

Untuk melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________

Supported by :