Beberapa tanaman hias ternyata tak hanya cantik dipandang. Tapi juga punya manfaat sehat bagi manusia. Tidak digunakan sebagai bahan jamu atau makanan, tetapi beberapa tanaman hias ini membantu membersihkan udara di dalam ruangan, sehingga sehat dan segar untuk Anda hirup kembali. Apa saja tanaman itu?

Palem Kuning

Palem Kuning

Palem kuning punya nama latin Chrysalidocarpus. Batang dan dahannya cenderung berwarna kekuningan, terutama bila terkena sinar matahari yang cukup. Berkembang biak dengan biji dan tingginya bisa sampai 4 meter apabila ditanam di luar pot.
Namun, Anda bisa menanamnya di sebuah pot dan meletakkannya di dalam ruangan. Fungsinya sebagai pembersih udara alami, dan menghilangkan formaldehida, benzena serta karbondioksida. Palem kuning sangat baik ditanam untuk menyerap racun dari asap rokok.

Bunga Lili

Bunga Lili

Bunga yang satu ini umumnya berwarna merah dan putih. Daunnya panjang dan berwarna gelap. Karena tidak membutuhkan banyak sinar matahari, maka ia cocok diletakkan di dalam ruangan.
Meski bunga ini membutuhkan banyak air, tapi boleh dipercaya bunga yang cantik ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyerap polusi di dalam rumah. Bunga lili agar bisa tahan lama, sebaiknya diletakkan agak jauh dari area yang terkena langsung sinar matahari atau jendela.

Pakis Boston

Pakis Boston

Pakis boston biasanya lebih dikenal dengan pakis pedang. Tanaman ini cukup mudah ditemukan di Indonesia, meski sebenarnya berasal dari Amerika, Meksiko, India barat, dan Afrika. Karena cukup terkenal bisa menjadi ‘penyaring’ alami udara kotor, pakis ini jadi populer di Indonesia. Tanaman yang tidak tahan panas dan bisa menyimpan asupan air yang cukup banyak ini biasa ditanam langsung di tanah, di dalam pot atau juga digantung. Ia dapat menyerap polusi udara dan membersihkan udara di dalam ruangan Anda.

Sirih Belanda

Sirih Belanda

Sirih Belanda juga dikenal dengan nama Devil’s Ivy, sebuah tanaman hias yang biasanya diletakkan di dalam pot. Ia adalah termasuk tanaman monokotil dan doyan air. Tanaman ini dapat menyerap aneka racun dan polusi di dalam ruangan, dan cocok diletakkan untuk Anda yang suka merokok di dalam rumah.

Lidah Mertua

Lidah Mertua

Disebut juga sebagai tanaman lidah mertua. Tanaman hias yang satu ini bisa ditanam di area luar ruangan. Memiliki daun yang keras, tegak dan ujungnya meruncing. Dapat digunakan untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir serta kanker ganas. Namun, uniknya lagi tanaman tersebut ampuh menyerap polusi dan racun, sehingga cocok diletakkan di dalam pot dan disimpan di dalam ruangan.

Tanaman-tanaman diatas sangat mudah didapatkan dan tentunya dengan harga yang relatif murah. Cara penamanamnya juga mudah, sehingga tidak memerlukan perawatan ekstra yang memakan waktu. Selain mempercantik rumah tanaman hias bisa dimanfaatkan sebagai ‘penyaring’ udara kotor di dalam rumah. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?60469

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Tip Top