Berenang bukan saja baik untuk  kesehatan, namun juga bisa melepaskan stres dan menyegarkan pikiran. Dengan berenang, kita akan merasakan kebebasan dan kebahagiaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 50% dari mereka yang rutin berenang akan memiliki risiko kematian yang lebih rendah ketimbang yang tidak berolahraga.

Berenang juga sangat disukai oleh anak-anak. Menjadikan berenang sebagai rutinitas bagi liburan keluarga tentu akan memberikan banyak manfaat. Selain kegiatan ini menyenangkan dan membuat anak gembira, orangtua pun bisa sekaligus berolahraga. Jadi, pastikan seluruh anggota keluarga ikut terlibat. Namun, sebelum berenang kita harus memastikan bahwa seluruh keluarga berada dalam kondisi tubuh yang sehat. Ini untuk mencegah agar tidak ada anggota keluarga yang sakit sepulang berenang. Di bawah ini adalah serba serbi olahraga berenang.

Memilih Kolam Berenang

Sebelum memutuskan untuk mengajak seluruh keluarga berenang, kita harus memilih tempat berenang yang terbaik. Perhatikan keamanan, kebersihan dan kenyamanan kolam berenang. Ini penting diperhatikan karena anak rentan sekali jatuh sakit jika  berenang di kolam berenang yang tidak bersih.

Lakukan Pemanasan

Sebelum berenang lakukan pemanasan sederhana selama kurang lebih 15 menit. Bisa dengan berlari-lari kecil atau berjalan-jalan dan menggerak-gerakkan tangan dan kaki. Pemanasan bermanfaat agar tidak terjadi kram pada anggota tubuh yang bisa berakibat fatal.

Membawa Perbekalan

Bawalah krim pelindung matahari untuk digunakan sebelum berenang. Jangan lupa dipakai oleh semua yang akan berenang, kecuali bayi tentu saja. Siapkan dan bawa juga pelampung serta ban berenang untuk si kecil.

Berenang Serius sekaligus Santai

Saat kita menemani anak-anak berenang, agendakan juga kita untuk berolahraga. Luangkan waktu sekitar 30 menit untuk berenang dengan sungguh-sungguh. Tak perlu jauh-jauh dari anak-anak. Berenanglah mengitari anak-anak agar tetap terlihat dalam pantauan  kita. Setelah itu barulah kita bersantai dan bermain bersama anak-anak.

Menghabiskan waktu berlibur dengan berenang akan membawa manfaat ganda. Kita bisa melepas kejenuhan sambil mengajak anak berolahraga. Dengan rutin berenang, anak akan mendapatkan berbagai manfaat positif. Berenang akan meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh, berenang juga akan membantu pertumbuhan badannya agar lebih tinggi.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53282

Untuk melihat artikel parenting lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :