Sebagian orang memang menilai Michael Moore sebagai sutradara kontroversial yang mencoba mencari sensasi dengan film-film dokumenternya, termasuk SICKO. Tapi, toh, setidaknya orang perlu memperhatikan sejumlah fakta gamblang berikut  yang dirajut dalam SICKO  yang masuk nominasi dalam pemilihan film Oscar tahun ini.

– Ada sekitar 50 juta orang Amerika hidup tanpa asuransi kesehatan, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dalam jajak pendapatnya tahun 2006.(Populasi AS 2008 sekitar 300 juta). Jumlah warga Amerika tanpa jaminan kesehatan makin meningkat setiap tahunnya, karena arga premi asuransi yang melambung tinggi sementara gaji tidak juga naik.

– AS memang negara yang paling banyak mengeluarkan uang untuk kesehatan. Tetapi, AS merupakan satu-satunya negara industri maju dan kaya di dunia yang tidak memberi jaminan kesehatan untuk semua warga negaranya. Terdapat 18 ribu warga Amerika yang bisa meninggal sia-sia hanya gara-gara tidak punya asuransi kesehatan, demikian menurut Jurnal Institute of Medicine, Januari 2004.

– Richard Nixon dan John Ehrlichman merupakan arsitek yang mengenalkan dan memberlakukan kebijakan yang sekarang dikenal sebagai HMO (Health Maintenance Organization). Dialog mereka tentang konsep penataan kesehatan dapat didengar dalam rekaman diskusi di Oval Office, Gedung Putih di tahun 1971.

– American Medical Association menyebarkan rekaman Ronald Reagan tahun 60-an yang mendiskusikan jahatnya “socialized medicine” (“layanan kesehatan ala sosialis”).

– Sekitar 100 juta dollar dihabiskan oleh koalisi kuat untuk mengalahkan rancangan layanan kesehatan Hillary Clinton dalam perdebatan Kongres. Koalisi tersebut termasuk Kongres Republikan, kalangan industri asuransi dan farmasi, Federasi Nasional Bisnis Independen, Business Roundtable, Koalisi Kristen dan jaringan talk show radio konservatif. Ini menurut Rob Christensen dalam News & Observer, 19 Juni 1996.

– Sistem Kesehatan Amerika Serikat masuk peringkat ke-37 dalam laporan World Health Organization (WHO).

– Sejumlah perusahaan yang terkait dengan industri kesehatan terbukti bersalah dalam Sicko. Antara lain, Aetna setuju membayar ganti rugi 120 juta dollar untuk penyelesaian kasus dengan asosiasi dokter di Texas dan California di tahun 2004. 67 perusahaan asuran kesehatan Blue Cross/ Blue Shield di AS harus membayar 117 juta dollar untuk menyelesaikan klaim pemerintah AS tentang Medicare yang seharusnya dibayar oleh Blue Cross/ Blue Shield.

– Sicko membeberkan besarnya kompensasi eksekutif dalam industri healthcare. Michael B. McAllister menerima $ 3.33 juta sebagai kompensasi sebagai CEO Humana, menurut Majalah Forbes 2006. John W. Rowe mendapatkan kompensasi sebesar $ 22.2 juta sebagai CEO Aetna, menurut Forbes di tahun 2004.

– Jumlah pelobi healthcare empat kali lipat jumlah anggota Kongres AS.

– Hillary Clinton sebagai anggota Senat AS penerima kedua terbesar berbagai kontribusi dari industri healthcare.

– Industri obat-obatan mengucurkan dana jutaan dollar kepada anggota Kongres dan Presiden dalam usahanya meloloskan “Medicare Part D” (Rancangan Obat dengan resep)

– Medicare Part D akan menyuntikkan lebih dari 800 miliar dollar pajak untuk industri asuransi dan obat-obatan AS.

– Orang lanjut usia di AS akhirnya membayar obat resep lebih mahal daripada sebelum “Medicare Part D”. Mayoritas lansia membayar lebih dari $2000 setiap tahunnya.

– 14 Asisten Kongress AS bekerja untuk industri healthcare. Setelah meninggalkan Kongres, Billy Tauzin bekerja sebagai CEO PhRMA dengan gaji tahunan $ 2 juta.

– Orang Kanada hidup tiga tahun lebih lama daripada orang Amerika

– Tommy Douglas, pionir sistem layanan kesehatan Kanada, diangkat sebagai orang paling penting se Kanada

– Waktu tunggu warga Kanada untuk mengunjungi dokter tidak selama di Amerika.

– Harga obat di Inggris cuma $ 10 saja.

– Setelah kehilangan 42 ribu warga sipil dalam 8 bulan selama Perang Dunia II, Britania Raya menciptakan program Asuransi Kesehatan Nasional sejak 1948.

– Dalam studi tentang warga Amerika dan Inggris, orang Inggris punya lebih sedikit penyakit daripada orang Amerika. Bahkan orang Inggris yang paling miskin sekalipun memiliki ketahanan hidup lebih lama dibanding orang Amerika yang paling kaya.

– Bayi yang lahir di El Salvador punya ketahanan hidup lebih baik dibanding bayi yang lahir di Detroit.

– Sekitar 65% anak muda Amerika tidak bisa menemukan Inggris di peta dunia.

– Perusahaan-perusahaan sudah tidak memberikan pensiun lagi kepada pegawai baru.

– Seperti warga Kanada dan Inggris, orang Perancis hidup lebih lama daripada orang Amerika

– Tingkat produktivitas per jam di Perancis lebih tinggi dari Amerika.

– Pemerintah Perancis punya program membantu orang tua yang baru, seperti menjaga bayi, bahkan mengurus baju cucian

– Ada perusahaan Perancis, SOS Medecins, yang menawarkan dokter panggilan kapan saja untuk pasien yang tinggal di rumah.

– Pemerintah AS semula menolak membayar sukarelawan kesehatan 9/11, karena mereka tidak masuk dalam payroll pemerintah.

– Pemerintah AS mengakui bahwa para tawanan di Guantanamo Bay menerima layanan kesehatan terbaik.

– Kuba merupakan salah satu negara dunia ketiga yang menyediakan dokter kepada warganya.

– Harga layanan kesehatan di AS sekitar $ 7000 per kepala, sementara orang Kuba hanya membayar $251 per kepala.

– Di Kuba, akses untuk layanan kesehatan bersifat universal.

– Kuba memiliki angka mortalitas anak lebih rendah dan angka masa hidup rata-rata lebih lama daripada Amerika Serikat.

Selengkapnya klik di www.michaelmoore.com (magenta)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?2647

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Maret 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Intero Real Estat

Lebih dari 1 juta rumah di Amerika

Klik www.InteroSF.com          Email :  Info@InteroSF.com

Telp. 1-800 281 6175