Urusan pembuatan surat ijin mengemudi (SIM) di AS biasanya ditangani oleh negara bagian. Aturan federal mengenai “Real ID” yang mulai diberlakukan 11 Mei 2008, mau tidak mau membuat setiap state meninjau kembali peraturan pembuatan SIM di daerah masing-masing. Khususnya, buat imigran tanpa status (undocumented immigrant ).

Menurut National Immigration Law Center dalam situsnya (www.nilc.com), masih ada beberapa state yang masih memberikan SIM untuk para imigran tak berdokumen. Itu terjadi karena ada “celah hukum”atau program khusus yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Antara lain, di Maine, Utah, New Mexico, Maryland, Hawaii dan Washington State (bukan DC). “Celah hukum” tadi misalnya tidak diharuskannya menyertakan Nomor Social Security saat pembuatan SIM.Nomor Social Security ini adalah nomor 9 digit yang diberikan oleh pemerintah federal kepada setiap penduduk legal AS untuk keperluan perpajakan dan jaminan sosial.

Michigan dan Oregon baru saja menghentikan pembuatan SIM untuk imigran tak berdokumen.

Berikut adalah informasi yang tersebar di media massa mengenai state-state mana saja yang masih “longgar” dalam memberikan SIM/ID untuk imigran tak berdokumen. Ringkasan ini sebatas informasi, bukan rekomendasi.

Maine

Maine merupakan satu-satunya negara bagian di New England yang mayoritas penduduknya berkulit putih, di mana imigran tak berdokumen masih bisa mendapatkan surat ijin mengemudi. Tidak peduli apakah seseorang beradadi AS secara legal. Tidak peduli penduduk Maine atau bukan. Calon harus menjalani tes tertulis dan praktek serta menyertakan dokumen identitasdiri, seperti paspor dan akte kelahiran. Baru tahun 2005, Maine memperketat peraturan yakni dengan mewajibkan penyertaan nomor SocialSecurity (SS) sebelum membuat SIM. Akibatnya, pada tahun 2006 banyak terjadi penangkapan terhadap kelompok imigran Peru dan Polandia yang membuat SIM di sana (www.boston.com)
Situs Web : http://www.state.me.us/sos/bmv/

Utah

Tahun 2005, Utah mengeluarkan semacam SIM khusus untuk para imigran tak berdokumen dan tak memilki SS, namanya“driving privilege cards” . Selain bentuknya berbeda dengan kartu SIM umumnya di Utah. SIM jenis ini juga hanya bisa dipakai untuk mengemudi mobil, bukan sebagai identitas diri. Dan setiap tahun harus diperbaharui. Meski dikritik keras, SIM jenis ini masih masih bertahan di Utah. Di Tennesse, program “driving privelege card” sudah dicabut tahun 2006. (boston.com)
Situs Web : http://driverlicense.utah.gov/

Maryland

Januari lalu negara bagian Maryland mengumumkan bahwa mulai tahun 2010 akan mensyaratkan calon pemilik SIM untuk membawa kelengkapan bukti bahwa yang bersangkutan tinggal di AS secara legal. (usatoday.com)
Situs Web : http://mva.state.md.us/

Washington

Washington (bukan DC) merupakan satu-satunya negara bagian di Pacific Northwest,di mana pengendara tidak harus tinggal di AS secara legal. Department of Licensing(DMV) memang mensyaratkan nomor Social Security. Namun bagi yang tidakpunya, cukup menandatangani formulir pernyataan bahwa yang bersangkutan memang tidak punya nomor SS dan benar-benar tinggal di Washington dengan menunjukkan bukti rekening telepon dan listrik. Maka SIM dapat saja diberikan. (oregonion.com)
Situs Web : http://www.dol.wa.gov/driverslicense/

New Mexico

Silakan klik : http://www.tax.state.nm.us/mvd/

Hawaii

Hawaii adalah satu-satunya negara bagian yang belum berupaya mengubah aturan longgar SIM buat imigran tak berdokumen. (usatoday.com)
Situs Web : http://www.co.honolulu.hi.us/csd/vehicle/dlicense.htm

Sekarang semakin sulit saja kondisi imigran yang tak berdokumen untuk mendapatkan SIMdi AS. Bukan isapan jempol tapi ini memang benar-benar terjadi.Sebetulnya Pemerintah federal pun tidak menutup mata bahwa sebagian imigran datang ke negara bagian tertentu hanya untuk membuat kartu identitas diri dan SIM saja. (peter phwan)

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari April 2008 ( E-Magazine )