KabariNews – Salah satu siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 11 Kabupaten Pinrang, Adis Thesa, dan Nur Mustaria ikuti kompetisi sains di Arizona, Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari laman tribunnews.com, (18/1), Kelas II IPA di SMAN 11 tersebut akan mengikuti Event Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) yang diselenggarkan di Phoenix, Arizona.

Kepala SMAN 11 Pinrang, M Ridwan Ali mengungkapkan, telah menerima surat pemberitahuan dari Lembaga Penelitian Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengenai keikutsertaan salah satu siswinya tersebut. “Kita sudah terima surat dari LIPI dan dalam surat ini dilampirkan untuk mempersiapkan dua siswi kami yang dinyatalan lolos ikut kompetisi sains di Phoenix,” jelasnya.

Ridwan mengungkapkan, keduanya dinyatakan lolos setelah karya ilmiahnya berjudul Dilema Petani Lumbung Padi Nasional antara Peralihan Hak, dan Pengalifungsian yang Memiskinkan. Naskah penelitian yang dibuat dua siswi tersebut berhasil menyisihkan ratusan karya ilmiah yang dilombakan LIPi secara nasional.

Pembina Karya Ilmiah SMAN 11 Pinrang,Baharuddin Iskandar mengungkapkan, persiapan kedua siswinya ini dilakukan dengan mematangkan hasil penelitiannya untuk mengikuti even di Phoenix, Amerika tersebut. “Kita terus berkonsultasi dengan LIPI dan lembaga tersebut sudah menunjuk pembina khusus untuk persiapan mengikuti ajang internasional ini. Pembina yang ditunjuk yakni peneliti LIPI, Dr. Muh Alie Humaedie, M. Ag, M.Hum “jelasnya.

Salah satu siswi yang terpilih ke Amerika, Adis Thessa mengaku naskah penelitiannya sudah mendekati kesempurnaan dan siap diajuhkan untuk mengikuti even tersebut. “Karya ilmiah kami siap dan mohon doa serta dukungan masyarakat, agar mampu mengharumkan Indonesia di Internasional,” jelasnya.(1009)