Bulan Maret adalah bulannya rakyat Irlandia. Bisa dibilang begitu, karena di bulan ini kita dapat merasakan kemeriahan di berbagai tempat dengan hiasan-hiasan berwarna hijau dan daun Shamrock sebagai ciri khas Irlandia. Tak ketinggalan pesta dan parade yang diselenggarakan pada tanggal 17 Maret, tepat di hari St. Patrick’s Day yaitu hari raya keagamaan serta hari peringatan kematian St. Patrick yang sudah dirayakan selama lebih dari seribu tahun lamanya. Tidak hanya di Irlandia saja, di Amerika, Canada dan Australia pun merayakan St. Patrick’s Day dengan parade dan perayaan yang meriah. Selain itu juga dirayakan di Jepang, Singapore, Jerman, dan Russia.

Tentang St. Patrick

St. Patrick adalah salah satu tokoh agama yang sangat dikenal dan merupakan Santa pelindung Irlandia. Patrick berasal dari keluarga kaya, lahir di Inggris dan meninggal tanggal 17 Maret 460 AD (setelah Masehi). Pada usia enam belas tahun, Patrick ditawan dan dibawa ke Irlandia oleh para perampok yang merampok keluarganya. Saat keluar dari tawanan, Patrick menjalani kehidupan yang berbeda dengan kehidupan sebelumnya, menjadi gembala dan mulai tekun mempelajari agama Kristen. Dia berupaya menyebarkannya dan mengajak orang-orang Irlandia
mendalaminya.

Parade St. Patrick’s Day pertama kali diadakan di Amerika tahun 1762, tepatnya di New York. Saat itu sekitar seratus lima puluh ribu orang Irlandia yang tinggal di Amerika ikut turut serta dalam parade yang meriah. Mereka berjalan sambil memainkan musik, menyanyi, menari Irish Jig (tarian rakyat Irlandia) dan menghias mobil dengan bunga lime green chrysanthemums. Di Amerika, parade yang paling populer dan terbesar serta ditonton jutaan orang diselenggarakan di Chicago, Illinois.

Karena imigran dari Irlandia jumlahnya semakin besar setiap tahun dan menetap di Amerika, maka bisa ditemukan beberapa nama jalan bahkan nama kota yang ‘berbau’ Irlandia sebagai rasa kebersamaan.Seperti Mount Gay-Shamrock di West Virginia, Shamrock di Texas dan Oklahoma, serta Shamrock Lakes di Indiana. Sedangkan di North Carolina terdapat kota bernama Emerald Isle dan Irishtown di Illinois. Sekarang ini penduduk di Amerika yang berdarah Irlandia merupakan peringkat teratas dibanding imigran dari negara lain.

Shamrock merupakan nama tanaman suci dari Irlandia kuno yang melambangkan datangnya musim semi. Pada abad ketujuh belas, Shamrock ini dijadikan simbol nasionalisme di Irlandia. Saat itu mereka memakai simbol Shamrock di dada untuk menunjukkan kebanggaan mereka terhadap sejarah bangsa dan bahasa mereka. Sekaligus untuk menentang aturan dari Inggris yang berniat menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa mereka.

Irish Music atau musik khas Irlandia merupakan satu sarana menceritakan tentang sejarah serta pengungkapan rasa dari orang-orang Irlandia. Rasa bangga terhadap bangsa, peristiwa sejarah, bahkan ratapan, ungkapan amarah dan kecewa. Pada masa pemerintah Ratu Elizabeth I, para seniman musik dilarang berkarya dan barang siapa ketahuan menyanyi atau menciptakan lagu akan terkena hukuman berat. Alat musik khas yang dimainkan adalah biola, tin-whistle (semacam seruling yang terbuat dari perak, kuningan atau alumunium), uillean pipes (berbentuk pipa yang dimainkan dengan tangan bukan ditiup dan menghasilkan bunyi nyaring) serta bodhran (semacam rebana yang dimainkan dengan cara memukul dengan stik kayu).

Pada hari St. Patrick’s, orang-orang Irlandia pergi ke gereja pada pagi harinya, mengikuti atau menonton parade di siang hari dan berpesta di malam hari. Pestanya dipenuhi dengan acara makan, minum dan berdansa diiringi musik khas Irlandia. Menu khasnya adalah corned beef dicampur kubis, Irish Soda bread dengan raisins, roti coklat dan beef pie dengan campuran Guinness beer. (riana)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37955

Untuk  melihat artikel Amerika / Misc. lainnya,Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :