‘Duh, kena flu, nih!’ Kita terbiasa menyebutnya saat merasa hidung meler, bersin-bersin, tenggorokan sakit sedikit demam dan sakit kepala. Di Amerika, kalau kita bilang kena flu, pasti dianjurkan ke dokter dan jangan menganggap remeh. Karena flu bisa mematikan.

Bedanya Flu dan Cold

Gejala hidung meler, bersin-bersin, tenggorokan sakit dan sedikit demam di sini adalah gejala cold bukan influenza atau flu. Gejala flu lebih parah. Selain bersin-bersin dan tenggorokan sakit, juga mengalami demam tinggi, kelelahan yang amat sangat, sakit kepala, sekujur tubuh serasa sakit dan sering disertai diare. Saat cold, kita masih bisa beraktivitas sedangkan flu membuat kita tergeletak di tempat tidur.

Di Amerika, 5%-20% orang terkena flu setiap tahunnya. Sebagian mesti dirawat di rumah sakit dan sebagian lagi meninggal dunia. Karena itulah penduduk Amerika dianjurkan mendapat flu shot setahun sekali sebelum winter. Karena itulah saatnya flu menghinggapi para penduduk yang daerahnya mengalami empat musim. Di musim dingin, virus penyebab flu lebih tahan lama di dalam rumah karena tingkat kelembaban yang sangat rendah dibanding udara luar. Padahal di musim itu kita lebih banyak berada di rumah sehingga lebih mudah terkena virus flu.

 


 

Saatnya Flu Shot

Flu rentan menyerang saat musim dingin tiba sampai batas awal musim semi. Badan Kesehatan Amerika menganjurkan penduduk mendapat flu shot sesegera mungkin sebelum memasuki musim dingin, yakni di bulan Oktober, November atau Desember.  Flu shot disarankan mulai dari anak-anak usia di bawah satu tahun sampai orang tua. Apalagi bagi yang bekerja menghadapi atau bersinggungan dengan banyak orang, seperti public service atau mereka yang bekerja di bidang peternakan. Binatang adalah sarana efektif penyebab dan penular flu. Bagi yang pernah mengalami alergi dengan obat atau sesuatu, harap konsultasi dengan dokter.

Meski flu shot sangat dianjurkan, ternyata tidak semua orang selalu melakukannya. Survei The American Medical Association mengungkapkan bahwa penduduk yang tidak melakukannya adalah karena tidak peduli atau tidak percaya vaksin atau flu shot benar-benar efektif. Ada pula yang takut mengalami dampak buruk setelah flu shot. Biasanya mereka yang menderita penyakit lain merasa ragu-ragu karena takut komplikasi. Padahal justru merekalah yang pertama harus mendapatkan vaksin flu.

Beberapa orang memang akan mengalami bersin-bersin dan terkadang disertai rasa sakit sedikit di tenggorokan setelah flu shot. Tapi itu hanya gejala kecil dan bukan influenza. Justru vaksin ini diyakini untuk menurunkan angka kematian dari serangan virus flu di musim dingin. Soal biaya, tidak mahal. Bahkan banyak badan sosial yang menyelenggarakan free flu shot saat memasuki musim dingin. Satu suntikan mencegah kematian, nggak perlu mikir dua kali untuk melakukannya. (foto:www.emediawire.com)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32441

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________