KabariNews – Pemrakarsa acara Festival Asia adalah Arizona Asian American Association (AAAA). Misi AAAA untuk meningkatkan persatuan dan memperkenalkan akan perbedaan budaya di negara – negara Asia, serta untuk mempererat rasa persatuan komunitas Asia dan Amerika di negara bagian Arizona.

Acara ini diikuti oleh 16 negara Asia. Sebut saja Indonesia, Taiwan, Kamboja, Vietnam, Thailand, Korea, China, India, Pakistan dan masih banyak negara lainnya. Yang ditampilkan dalam acara ini antara lain tarian, musik, makanan khas, hasil kerajinan, seni bela diri dan pariwisata dari 16 negara Asia.

Tahun ini merupakan kali ketiga Indonesia mengikuti ajang Festival Asia ini. Dalam acara ini Indonesia menampilkan beragam tari-tarian. Mulai dari Tari Saman, Tari Merak Sunda, Tari Piring, Tari Betawi Ngarojeng dan Tari Jaipong.

Ragam tarian ini dipentaskan oleh grup kesenian Budaya Nusantara. Grup kesenian ini beranggotakan para pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA serta para ibu-ibu warga negara Indonesia yang gemar mendalami tari – tarian tradisional Indonesia. “ Jadi yang nari ini orang Indonesia yang tinggal di Arizona,’ jelas Ditta Yamanita, pendiri Budaya Nusantara.

Gerakan yang lemah gemulai dari para penari berhasil memukau ribuan pengunjung yang menghadiri Festival Asia tersebut. “Mereka sangat terkesan degan Tari Saman, Tari Merak Sunda dengan kostum yang berwarna warni, Tari Piring dengan musik yang dinamis, Tari Betawi Ngarojeng dengan kostum yang unik perpaduan China dan Jawa, Tari Jaipongan yang dinamis,” kata Ditta bangga. (1025)