KabariNews – Tempe memang terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi, harga kacang kedelai yang tinggi sekarang ini tidak menyurutkan orang untuk mengkonsumsi makanan satu ini.

Tempe memang kaya dengan sumber protein didalamnya, selain itu tempe juga memiliki zat sebagai antioksidan serta dapat mencegah penyakit anemia.

Bahan dasar yang terbuat dari fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus ini memang kaya gizi.

Sepotong tempe ternyata banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri yang ada didalamnya dapat bermanfaat untuk kesehatan.

Tempe dipercaya dapat membantu mencegah penyakit anemia dan osteoporosis, kedua penyakit yang banyak diderita para wanita.

Penyakit anemia ini dapat menyerang wanita yang malas makan, karena biasanya wanita sangat memperhatikan berat badannya, sehingga seringkali takut gemuk, dan melakukan diet atau jarang makan, sehingga persediaan dan produksi sel-sel darah merah dalam tubuh menurun.

Nah, tempe dapat berperan sebagai penambah mineral, vitamin B12 (yang terdapat pada pangan hewani), dan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, tempe juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa protein, asam lemak PUFA, serat, niasin, dan kalsium di dalam tempe dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat.

Jadi mulai sekarang, perbanyaklah mengkonsumsi tempe untuk kesehatan badan.(arip/berbagai sumber)