Lebih dari 4 juta pemilik rumah yang disita memenuhi syarat untuk peninjauan kasus mereka secara independen. Namun, hanya sebagian kecil dari mereka memintanya melalui program federal yang baru-baru ini tersedia, dan batas waktu untuk melakukannya tampaknya tak jelas.

Independent Foreclosure Review (IFR) mengizinkan para pemilik dan mantan pemilik rumah yang memenuhi syarat untuk ditinjau kembali file penyitaan mereka oleh konsultan independen. Pemilik rumah yang secara finansial dirugikan oleh pelanggaran atau kesalahan dari pelayanan hipotek akan mendapat kompensasi.

Pada September 2012, 18 persen pemilik rumah yang memenuhi syarat di California telah menanggapi surat dari IFR, yang dijalankan oleh Federal Reserve Bank dan Office of the Comptroller of the Currency (OCC). Secara nasional, tingkat respon hanya 7 persen. Batas waktu untuk meminta peninjauan adalah 31 Desember.

“Respon sangat rendah dibandingkan dengan jumlah pemilik rumah yang mungkin telah disita,” kata Maeve Elise Brown, Direktur Eksekutif Perumahan dan Advokat Hak Ekonomi. Dia berbicara saat pertemuan singkat bersama media etnis yang diselenggarakan oleh New America Media didukung Yayasan San Francisco. Pertemuan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang Program IFR.

“Hampir tidak menjangkau orang kulit berwarna atau imigran,” kata Brown.

Lena Robinson, manajer regional Federal Reserve Bank of San Francisco, mengatakan bahwa IFR terutama berfokus pada peningkatan jumlah responden Afrika Amerika dan Asia Amerika.

Surat mengenai program tersebut dikirim pada bulan November 2011. Banyak pemilik rumah yang curiga kepada surat itu dan menganggapnya sebagai penipuan hipotek.

Selain itu, meskipun niat Federal Reserve Bank untuk menjangkau pemilik rumah Asia Amerika, surat-surat itu dikirim dalam bahasa Inggris dan Spanyol saja (dengan catatan di mana mendapatkan terjemahan lainnya).

“Sayangnya, banyak informasi yang ada tidak dalam bahasa Cina [dan bahasa Asia lainnya],” ujar Allen Zhao, Koordinator Perumahan di ASIAN, Inc.

Cheyenne Martinez-Boyette Badan Pengembangan Misi Ekonomi (MEDA) menambahkan bahwa krisis penyitaan, “Berdampak pada masyarakat Latino dengan tidak proporsional,” katanya mewakili hampir 48 persen dari semua penyitaan.

Etelvina Reyes, pemilik rumah San Francisco Bay Area, telah kehilangan pekerjaannya dan akan bercerai ketika dia menghadapi pembayaran hipoteknya. Kali pertama dia mendekati pihak ketiga yang berjanji untuk membantunya mengubah pinjaman rumahnya dengan banknya. Upaya tersebut akhirnya gagal, meskipun begitu ia masih dikenakan biaya. Dia kemudian mencoba untuk mendapatkan pinjaman langsung melalui pemberi pinjamannya, Citibank, yang memberi trial modification.

Suatu hari ia pergi ke bank untuk melakukan pembayaran hipotek. “Pegawai Bank berkata, ‘Mengapa Anda membayar hipotek? Anda bukan lagi pemilik rumah itu, sekarang Bank yang menjadi pemiliknya’. Itu adalah hari terburuk dalam hidupku, ” Kata Reyes.

Kemungkinan Reyes adalah korban “pelacakan ganda” yakni sebuah praktek di mana bank berusaha menyita rumah sebelum memberikan keputusan modifikasi pinjaman. Praktek ini direncanakan akan dilarang di California tahun depan. Dia meminta bantuan ke MEDA, dan organisasi tersebut mampu membantunya dalam membatalkan penyitaan.

Reyes baru-baru ini meminta peninjauan melalui IFR, dan berhak mendapatkan kompensasi jika itu jika ditemukan bahwa penyitaan atas dirinya adalah salah.

Mereka yang memenuhi syarat atas peninjauan adalah setiap pemilik rumah utama yang mengalami tahap penyitaan dalam kurun waktu 2009 atau 2010, dan yang menggunakan Penyedia Jasa hipotek yang terdaftar di layanan IFR dan afiliasinya. Pemilik rumah yang tidak benar-benar kehilangan rumah mereka dalam penyitaan masih memenuhi syarat untuk mendaftar. Kompensasi mulai dari $ 500 hingga $ 125.000 ditambah ekuitas akan ditentukan oleh berapa banyak pemilik rumah dirugikan secara finansial selama proses penyitaan. Dalam kasus yang paling parah, kata Robinson, penyitaan dapat dibatalkan.

Kendatipun IFR mulai menerima permintaan untuk peninjauan pada bulan November 2011, dan 234.000 pemilik rumah yang telah meminta, tidak ada satu pun keputusan yang telah dibuat dan tidak ada kompensasi yang dibayarkan. Robinson mengatakan bahwa pada saat ini, prioritas utama program ini adalah untuk “merasakan berbagai masalah yang mungkin dihadapi pemilik rumah.”

Tidak ada uang akan dirilis sampai proses aplikasi ditutup, dan regulator tidak memberikan kerangka waktu. Maeve Elise Brown mengatakan tidak jelas seberapa besar kerugian keuangan akan dikompensasikan untuk pemilik rumah.

Brown mengatakan bahwa ada juga masalah yang signifikan dengan prosesnya yakni siapa yang akan  meninjau file. Sebuah penyelidikan telah mengungkapkan hubungan antara bank dan konsultan independen yang mereka sewa untuk meninjau file penyitaan. Proses ini akan “memerlukan pengawasan terus menerus oleh masyarakat,” menurut Brown.

Robinson dari Bank Federal Reserve bagaimanapun juga menyokong bahwa ini adalah kesempatan bagi pemilik rumah ‘untuk menutup bagian tersebut dari kehidupan mereka.’

Pada tanggal 10 Desember, Badan Pengembangan Misi Ekonomi mengadakan lokakarya untuk membantu pemilik rumah yang memenuhi syarat mengajukan permintaan untuk IFR online. Tersedia Penerjemah bahasa Spanyol. Pelamar harus memiliki nomor pinjaman mereka, empat digit terakhir dari nomor Social Security, dan dokumentasi yang membuktikan merugikan keuangan selama proses penyitaan. 2.301 Mission Street, Suite 301, San Francisco. 6-8 PM.

Pemilik rumah yang tidak menerima formulir IRF dapat menghubungi 1-888-952-9105 atau mendaftar  online: www.independentforeclosurereview.com

Pemilik rumah dapat mengunjungi hud.gov untuk daftar lembaga konseling perumahan yang disahkan oleh Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan. (Disarikan dari tulisan Anna Challet)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?51741

Untuk melihat artikel Amerika / Real Estate lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________________

Supported by :