KabariNews – Tahukah Anda bahwa ikan teri yang berasal dari Kalimantan ternyata diekspor ke Amerika Serikat ? Selain itu juga ke Belanda, Jepang dan Brunei Darusallam.

Indonesia setiap tahunnya mampu menghasilkan sekitar 2 ribu ton ikan teri. Jumlah ini dirasa sangat kecil mengingat negara-negara seperti Jepang dan Amerika ternyata sangat membutuhkan pasokan ikan teri dari Indonesia.

Kelompok Usaha Bersama Desa Selangan, Kota Bontang, Kalimantan Timur, yang memproduksi Teri Borneo mampu mengekspor produk itu hingga ke Belanda dan Amerika Serikat. “Teri Borneo ini kini telah mampu menembus pasaran luar negeri yakni ke Belanda dan Amerika, termasuk di berbagai kota besar di Indonesia,” kata Ketua Kelompok Usaha Bersama (Kube) Pondok Selangan, Maemunah, di Bontang, Senin (30/7) seperti dikutip oleh Antara.

Ia menuturkan, awal munculnya produk unggulan Teri Borneo di Selangan itu dimulai dari hasil kunjungan studi banding industri rumah tangga di Cengkareng Jakarta pada 2010 bersama beberapa binaan lainnya oleh PT Indominco Mandiri.

“Kami waktu itu sebanyak 14 orang berasal dari Bontang, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara, diajak kunjungan ke sebuah pabrik yang memproduksi berbagai olahan pangan di Cengkareng”, katanya. Maemunah merasa bersyukur setidaknya per bulan ada masukan pendapatan dari hasil memproduksi Teri Borneo.

Maemunah bersama anggota kelompok disela waktu tiap harinya turun ke Laut untuk langsung mencari Ikan Borneo. “Hari Sabtu dan Minggu, tempat kami ramai dikunjungi wisatawan mancanegara atau orang asing yang sedang bekerja di Bontang maupun wisatawan lokal Bontang,” kata Maemunah.

Setelah orang asing pulang kembali ke negaranya, mereka telepon dan memesan Teri Borneo dan pengiriman melalui Kantor Pos.