Senyuman tak hanya gerakan dari kedua belah bibir. Senyuman merupakan ekspresi wajah dan setiap senyum memiliki makna.

Dalam buku berjudul Lip Service, profesor ilmu Psikologi dari Yale University, Marianne LaFrance meneliti makna senyuman. Ia meneliti senyuman dari sudut pandang ilmu biologi dan antropologi. Dengan menggunakan perangkat komputer, ia mengkaji beberapa bentuk dan makna senyuman.

Berikut ini serangkaian fakta seputar makna senyuman seperti dikutip dari laman medicmagic.

1.Sebuah penelitian memuat analisis dari 230 pemain baseball. Mereka mendapati bahwa orang yang sering tersenyum dan memiliki senyum lepas dan lebar memiliki kesempatan untuk hidup 4,9 tahun lebih lama dibanding pemain yang hanya sedikit tersenyum dan tujuh tahun lebih lama dibanding mereka yang sama sekali tidak tersenyum.

Tentu saja, kita tak dapat menghitung bahwa senyum yang lebar terkait umur panjang. Setidaknya hal itu terbukti bahwa sebuah senyuman mengeluarkan energi positif yang berkaitan dengan kondisi tubuh yang prima.

2. Senyum membangkitkan energi bawah sadar. Orang yang tersenyum akan menerima dunia itu lebih terang.

3.Sebuah artikel dalam British Medical Jurnal melaporkan bahwa senyum atau hal positif juga berkaitan dengan ungkapan cinta melalui situs jejaring sosial. Ketika seseorang merasa senang, maka perasaannya akan menyebar ke pihak lain. Jika kita tersenyum, maka orang lain akan juga tersenyum.

4.Ada senyuman yang asli dan senyuman yang palsu. Keduanya dibedakan oleh jalur saraf yang terpisah. Kita semua tahu bahwa orang yang menderita kerusakan otak parsial masih dapat tersenyum meski mereka tidak dapat melakukannya dengan baik.

5. Untuk mengetahui apakah sunggingan senyum palsu atau tidak, lihatlah mata seseorang. Orang yang sungguh-sungguh tersenyum, otot mukanya (orbicularis oculi) akan terangsang. Terjadi kontraksi sekitar mata. Kebanyakan dari kita tak dapat mengendalikan otot ini. Ketika seseorang memalsukan senyum, maka otot wajahnya tak akan bergerak.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37290

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :