KabariNews – Makan Kepiting dan Mie ala Vietnam-Perancis

Bagi pecinta kepiting di Bay Area,nama Thanh Long dan Crustacean sudah tidak asing lagi. Di restoran ini, menu kepiting yang disantap dengan mie bawang putih adalah yang terpopuler di kalangan pengunjung. Para pengunjung rela menunggu sebuah meja selama satu jam demi menyantap kelezatan salah satu makanan ikan kerangan yang terbilang mahal dan banyak diminati pecinta makanan laut ini. Saking terkenalnya, pengunjung selebritis pun -Harrison Ford dan Danny Glover di lokasi cabang Beverly Hills- ikut meramaikan restoran yang dimulai dengan 20 meja ini. Memang menu kepiting itu bisa ditemukan di banyak restoran. Tetapi apa yang membuat orang rela menunggu lama dan menipiskan isi dompet untuk makan malam di restoran yang pertama kali dibuka tahun 1971 ini? Di sini pengunjung bisa memilih berbagai macam rasa untuk menu kepiting, dan ukuran kepiting di sini sangat besar dan enaknya disantap ramai-ramai. Ada kepiting saus bawang putih, ada kepiting saus anggur putih, dan kepiting saus bumbu asam. Dan tentu saja, kenikmatan makan kepiting di sini kurang lengkap kalau tidak disantap dengan mie bawang putih, beserta segelas bir segar atau anggur putih dingin. Selain kepiting, menu populer lain yang pengunjung bisa santap termasuk ikan seabass chile saus jahe dan udang galah dan mie saus bawang putih. Menu makanan di restoran yang didirikan oleh sebuah keluarga imigran dari Vietnam ini cukup unik. Sang pendiri yang juga koki mengolah dan memadukan masakan Vietnam dengan corak masakan Prancis. Ditambah lagi dengan filosofi yang dipegang teguh oleh pendiri Diane An dalam memasak, yaitu “Yin & Yang”. Dengan arti apa pun yang ia masak harus mempunyai keseimbangan antara faktor rasa dan kesehatan bumbu-bumbu yang terlibat dari suatu hidangan.

Yang lebih menarik lagi adalah sejarah keluarga An, pendiri dari restoran Thanh Long dan Crustacean. Pada 1971 seorang imigran bernama Diana An hijrah ke Amerika dan membeli sebuah tempat usaha di daerah Sunset San Francisco bermuat 20 meja. Pada 1975, seluruh keluarga An lari dari Vietnam dan merantau ke negeri Paman Sam karena kerusuhan yang terjadi akibat dari partai komunis telah mengambil alih negara yang pernah dijajah Prancis ini. Di tahun-tahun pertama keluarga An berjuang dan bekerja keras demi menghidupi keluarga dengan cara memasak dan mengoperasikan restoran selama tujuh hari tujuh malam, selama 18 jam per hari. Mereka rela hidup susah dan bekerja mati-matian di negara baru yang masih asing bagi mereka. Ironisnya, di kampung halaman Vietnam, keluarga An adalah salah satu keluarga terpandang dan terbiasa hidup mewah. Semasa tinggal di Vietnam, keluarga An memiliki tiga koki pribadi yang datang dari Vietnam, Cina, dan Prancis. Dari ketiga koki ini lahirlah kreasi hidangan Vietnam-Prancis ala dapur keluarga An, yang akhirnya dibawa ke Amerika Serikat. Helene An, anak perempuan Diane, mempunyai gelar Putri karena sang ayah, kakek, dan buyut memegang gelar bangsawan Jenderal Konsulat untuk Kekaisaran Vietnam. Di 1975 Helene yang memiliki tiga putri bernama Hannah, Elizabeth, dan Monique dan bersuamikan seorang pilot Angkatan Udara—membuka pintu di kediaman Istana di kota Saigon dan hanya diberikan waktu satu jam untuk melarikan diri dari serbuan tentara partai komunis.

Kesuksesan Thanh Long diikuti dengan pembukaan cabang restoran Crustacean pada 1991 dan juga sukses berat. Pada 1997 para wanita keluarga An mendirikan cabang Crustacean di Beverly Hills, Los Angeles yang menurut laporan USA Today, pernah dinobatkan sebagai salah satu restoran paling “hot” di Amerika dan salah satu tempat yang oke untuk melihat para selebritis makan malam. Majalah Esquire juga pernah memberi gelar restoran ini sebagai salah satu dari sepuluh yang paling top di Amerika. Saat ini bisnis restoran keluarga An sudah mencapai jutaan dolar dan memiliki tiga lokasi cabang.(inna)

Jika anda tertarik ingin menikmati kelezatan kepiting dan mie bawang putih ala keluarga An, silakan kunjungi salah satu cabang restoran mereka:

Thanh Long
4101 Judah Street
San Francisco, CA 94122
(415) 665-1146

Crustacean San Francisco
1475 Polk Street
San Francisco, CA 94109
(415) 776-2722

Crustacean Beverly Hills
9646 Little Santa Monica BLVD
Beverly Hills, CA 90210
(310) 205-8990