KabariNews – The Big Start Indonesia yang diprakarsai oleh  Blibli berhasil menjaring 20.000 pengusaha muda yang siap berkompetisi bagi pengusaha muda Indonesia yang memiliki skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk bisa menunjukkan produk terbaiknya serta mendapatkan wadah positif guna mempersiapkan diri menuju era digital khususnya e-commerce.

CEO Blibli.com, Kusumo Martanto mengatakan Blibli sebagai e-commerce asli Indonesia sangat peduli  terhadap kemajuan UMKM di tanah air.

“UMKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, pertumbuhannya sangat pesat, transformasi sudah terjadi dimana mereka telah menjual produknya melalui channel online targetpun dipatok pemerintah bahwa aka nada total 8 juta UMKM yang Go Online di tahun 2020, “ ujar Kusumo dalam acara konferensi pers The Big Start Indonesia di Hotel Kempinski, Jakarta, (02/10).

Menurutnya, hal ini sangat penting agar UMKM di Indonesia tidak tergerus perkembangan teknologi dan dipersiapkan dengan benar sejak awal masuk era digital.

Untuk yang kedua kalinya kompetisi UKM ini digelar melalui proses yang panjang guna mencari pengusaha muda tanah air yang memiliki kualitas juga profesionalitas dalam bidang usahanya. Bulan Agustus yang lalu, kegiatan roadshow ke kota-kota besar di Indonesia juga dilakukan selama masa pendaftaran peserta.

Yogyakarta, Bali, Bandung dan Jakarta merupakan tempat yang ditunjuk sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada para creativepreuneur disana, berbagai workshop, success story dari local heroes, hingga local market-pun digelar guna memberikan beraneka pandangan baru, menambah inspirasi serta mempertemkan para pengusaha lokal dengan komunitas mereka.

Proses seleksi dilakukan selama dua bulan untuk mendapatkan 20  finalis dari top 100 yang berhasil melewati babak kurasi dari para kurator antara lin Lisa Fitria, selaku National General Secretary Indonesian Fashion Chamber, Stephen Lucas selaku co-founder Voyej dan timm kuasi Blibli.com.

Para finalis akan melewati babak karantina di Jakarta mulai 5-19 Oktober 2017 dan kemudian akan dipilih 3 terbaik yang berhak memenangkan hadiah total sebesar 1 miliar rupiah.

I Gusti Ayu Fadjar selaku Senior Vice President of Marketing Blibli.com, mengatakan bahwa, “kompetisi seperti ini kami nilai sangat penting sebagai upaya membuka kesempatan lebih luas dan menumbuhkan rasa optimisme pelaku industri kreatif lokal bahwa produk mereka juga bisa menjadi produk yang bersaing secara nasional dan pada akhirnya mereka dapat menajdi inspirasi bagi sekelilingnya, “ terang I Gusti Ayu.

Bagi Kusumo, kegiatan ini sudah dilakukan sebelumnya, dengan melihat pada antusias para peserta, ia mengaku,  masih banyak UMKM di Indonesia yang masih haus akan pembekalan pengetahuan dan pelatihan tenatang ilmu pemasaran didgital hingga akses pasar yang lebih luas.

“Melalui program ini, kami sudah siapkan pelatihan-pelathan, hingga ruang usaha bagi produk mereka di Blibli.com bagi mereka yang masuk di Top 100 dan bagi para finalis akan diberikan pelatihan – pelatihan kewirausahaan dan dijamin bahwa produk mereka akan terdaftar di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), “ ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap, “Kegiatan ini bisa mewadahai para UMKM ini juga bisa tumbuh dari kecil ke menengah, dari menengah menjadi besar, “ tutup Kusumo.