KabariNews – “Pencapaian ini tertinggi sepanjang sejarah,” ungkap Ni Made bangga. Dan untuk mencapai target yang lebih, Atase Perdagangan Washington DC terus intensif melakukan promosi, dengan harapan bisa mencapai target 30 miliar dollar pada akhir 2015.

Perkembangan perdagangan antara Indonesia dengan Amerika Serikat dewasa ini menunjukkan peningkatan. Kepada Kabari, Atdag Washington Ni Made A Marthini mengungkapkan total perdagangan tahun 2013 mencapai 28 miliar dolar.

Beberapa produk yang saat ini mendukung perdagangan Indonesia– AS antara lain tekstil dan produk tekstil mencapai 5,2 miliar dollar, perikanan dan udang mencapai 2,3 miliar dollar, karet dan produk karet, elektronik, kertas dan sepatu juga menjadi pendukung perdagangan kedua negara.

Untuk menggiatkan kegiatan eksport, Ni Made mengatakan pemerintah punya strategi agar perdagangan baik sektor menengah maupun berskala besar dapat tercapai, diantara pemerintah melakukan versifikasi pasar yaitu mempertahankan pasar tradisional yang sudah di ekspor, kedua versifikasi produk yaitu meningkatkan produk non primer sehinga value added meningkat. “Perkuat promosi melalui seluruh Atdag dan ITPC serta perwakilan RI di luar negeri dan terus memperbaiki supply side atau meningkatkan supply dan perbaikan iklim usaha juga infrastruktur,” ungkap Ni Made.

Sedikit menambahkan, Ni Made mengatakan memasarkan produk ke AS atau mengekspor produk tidaklah sulit, asalkan kata dia dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sebelum terjun langsung Ni Made menyarankan agar terlebih dulu melakukan survei terhadap kebutuhan barang yang dibutuhkan dan mengikuti trend yang sedang berkembang. “Promosi juga penting, bisa dilakukan online atau ikut pameran. Satu lagi yang terpenting adalah berani tampil beda,”pungkas Ni Made. (1001)

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/74626

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Asuransi Bisnis

 

 

 

 

kabari store pic 1