KabariNews – Pada umumnya bagi yang tidak mengonsumsi nasi putih akan beralih ke nasi merah atau nasi hitam karena adanya anggapan bahwa nasi merah / hitam lebih sehat dibandingkan nasi putih. Benarkah lebih sehat?

Mari kita bandingkan kandungan gizi ketiganya pada tabel di bawah ini untuk mengetahui apa yang membedakan kedua nasi tersebut.

Jika dilihat dari tabel tersebut, diketahui bahwa kandungan energi antara nasi putih, nasi merah, dan nasi hitam tidak jauh berbeda. Akan tetapi, kandungan serat nasi hitam sedikit lebih banyak dibandingkan nasi putih, sehingga dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini juga berhubungan dengan tingkat Indeks Glikemik (IG).

Untuk menyiasati agar saat makan nasi putih tetap mendapat manfaat dari serat adalah dengan menggabungkan nasi putih bersama lauk sayur-sayuran. “Hampir seluruh jenis sayur merupakan sumber serat yang baik dan memiliki kalori yang rendah, sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak,” tutur Jansen Ongko MSc, RD, Konsultan Gizi. (Kabari1009)