KabariNews – Jakarta Rusun Festival (JRF) 2016 berlangsung  meriah dan sukses,  ajang kompetisi sepakbola dan seni bagi anak-anak rusun di Jakarta ini bertajuk Dari Rusun Untuk Rusun, acara tersebut  digelar mulai  tanggal 03 hingga 23 Oktober 2016, untuk acara penutupan JRF  berlangsung di Gelora Soemantri Kuningan, Jakarta. Sekaligus menjadi final kompetisi sepak bola yang pemenangnya akan diberangkatkan ke spanyol.

Setiap karya para peserta lomba menggambar dipajang sebagai bentuk apresiasi terhadap keindahan yang mereka ciptakan. Selain Ketua Umum JRF 2016, David Wiranata, turut hadir juga Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat yang sejak awal mendukung penuh aara tersebut.

Kompetisi menari, menggambar, dan sepakbola ditutup dengan pertandingan final sepakbola antara rusun Daan Mogot vs rusun Flamboyan. Hasil kemenangan diraih rusun Daan Mogot, dengan skor 2-1. Tim kemenangan berkesempatan mendapatkan hadiah paket perjalanan ke Valencia, Spanyol (akomodasi dan transportasi). Pemenang kompetisi sepakbola juga akan mendapatkan pelatihan sepak bola dengan pelatih dari VCF Academy, berkunjung ke Mestalla Stadium, Valencia dan meet & greet dengan pemain Valencia CF serta tiket nonton LALIGA. Sedangkan untuk pemenang kompetisi menari dan menggambar akan berkesempatan berwisata seni ke Yogjakarta. FOTO FINAL JRF 2016 (11)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok begitu mendukung acara JRF 2016, karena baginya penghuni rusun bukanlah warga yang terpinggirkan dan punya hak serta kewajiban yang sama dengan warga lainnya. Melalui ajang yang positif di bidang olahraga dan seni seperti JRF ini, Ahok optimis anak rusun bisa menjadi anak-anak Indonesia yang membanggakan. Sepak bola yang kerap menjadi ajang pemersatu, niscaya dapat mempererat silaturahmi dan kerukunan antar warga rusun DKI Jakarta.

“Jakarta Rusun Festival bisa menjadi wadah pembinaan sepakbola dan seni bagi anak-anak rusun di Jakarta. Saya yakin dengan berkompetisi di ajang yang positif ini baik dalam bidang sepakbola maupun seni tari dan menggambar, anak-anak rusun dapat meraih prestasi yang cemerlang, berani bermimpi dan meraihnya. Mentalitas dan karakter mereka bisa terbangun, Bahkan tidak menutup kemungkinan kelak bisa mengharumkan nama bangsa di dunia internasional,” ujar Ahok, disela acara final JRF, Gelora Soemantri, kuningan, Jakarta, (23/10).

Dengan berkompetisi dan berkegiatan positif, anak-anak rusun dapat mengembangkan bakat dan potensi serta membangkitkan optimisme di diri mereka untuk menggapai cita-cita dan meraih masa depan yang lebih baik. Anak-anak yang ketika dewasa meraih kehidupan yang lebih baik akan memberi dampak positif tidak hanya untuk keluarganya tapi juga lingkungan sekitarnya. Masa depan negara tentunya berada di pundak anak-anak yang kelak menjadi penerus bangsa.

JRF 2016 sejalan dengan misi Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI), yakni mensejahterakan masyarakat golongan menengah kebawah di Jakarta dengan tidak hanya sekadar menyediakan rusunawa (rumah susun sederhana sewa) sebagai hunian yang layak saja, namun juga mengakomodasi berbagai prasarana dan kegiatan pendukung lainnya. Tentunya agar warga rusun dapat hidup layak dan nyaman tanpa adanya konflik, serta jauh dari masalah kesenjangan sosial, hingga terbangunnya karakter lingkungan masyarakat yang sejahtera.

Adapaun daftar pemenang kompetisi menari, menggambar, dan sepak bola JRF 2016, sebagai berikut, Kompetisi Seni Menari : Juara 1 diraih oleh team Rusunawa Tambora dan Flamboyan, Juara 2 diraih oleh team Rusunawa Cipinang Besar Selatan, Juara 3 diraih oleh team Rusunawa Kapuk Muara, Waduk Pluit, dan Daan Mogot. Sedangkan Peraih Penari Terbaik Pria adalah Zidane Mahadi dari rusunawa Flamboyan, Peraih Penari Terbaik Wanita adalah Khalia Renald Budiniarti dari rusnawa Kapuk Muara.

Kemudian untuk kompetisi Seni Menggambar, Juara 1 diraih oleh Nada Citra (16 th) dari rusnawa Cipinang Muara, Juara 2 diraih oleh Risma Aulia (12 th) dari rusunawa Marunda. (1011)