KabariNews –  Walikota Busan Korea Selatan, Suh Byung Soo kunjungi Surabaya guna mempererat hubungan kerjasama yang sudah terjalin selama 23 tahun. Kedatangan Suh Byung Soo beserta rombongan pejabat pemerintah kota Busan disambut oleh Sekretaris Kota Surabaya, Hendro Gunawan, lantaran Walikota Surabaya, Tri Rismaharini sedang melakukan kunjungan ke Amerika Serikat.

Suh Byung Soo datang bersama pejabat pemerintahan kota Busan bidang ekonomi dan perdagangan, pendidikan, pariwisata serta pejabat hubungan internasional, Rabu (15/02).

“Kedatangan kami kesini, untuk memperingati hubungan tahun ke-23 antara kota Surabaya dengan Busan. Kami ingin kedepannya banyak hubungan kerjasama yang dapat digali untuk memajukan kota Surabaya maupun Busan,” kata Suh Byung Soo.

Pria berperawakan sedang ini menuturkan, kedatangannya ke Surabaya kali ini juga untuk menambah kerjasama di sektor industri khususnya dibidang maritim. Kepastian kerjasama dibidang maritim akan dituangkan dalam Memonrandum of Understanding. Demikian yang dikatakan Suh Byung Soo dalam acara jamuan makan siang di kediaman Walikota Surabaya.

“Kami akan melakaukan MoU dengan salah satu perusahaan maritim di kota Surabaya untuk kerjasama dibidang pembangunan kapal beserta materialnya,” ungkap Suh Byung Soo.

Suh mengakui, saat ini kota Surabaya mengalami perkembangan yang sangat pesat dan memuji kinerja Tri Rismaharini yang mampu mewujudkan kota Surabaya dengan tata kota yang berkelas kota metropolitan.

Suh kembali menuturkan, dirinya bersama rombongan telah berkeliling di kota Surabaya untuk melihat perkembangan kota. Pembangunan di kota Surabaya sangat seimbang, antara perekonomian komersial dengan urban areanya.

“Surabaya sudah balance,” tuturnya.

Di tahun ini di Busan ada peresmian rumah budaya Busan dan Asean. Ada budaya lokal Indonesia yang akan ditampilkan di sana. Suh berharap, Busan dan Asean culture house bisa meningkatkan Culture Understanding penduduk di dunia dengan penduduk Busan.

Sementara itu, Sekretaris kota Surabaya, Hendro Gunawan mengatakan, kerjasama antara Surabaya dengan Busan berlangsung sejak tahun 1994. Sudah banyak manfaat yang diperoleh Surabaya dari kerjasama ini. Seperti mengelola kota yang berwawasan lingkungan.

“Dalam hal bidang pendidikan juga demikian, Pemerintah kota Surabaya telah banyak mengirim tenaga guru ke Busan,” kata Hendro.

Tak kalah dengan bidang-bidang lain, bidang budaya juga mengalami hal yang sama, antara Busan dan Surabaya tak pernah absen dalam Cross Culture. Baik yang diadakan di Busan, maupun di Surabaya. (Kabari, 1003/foto & video: 1003)