1. Presiden AS Barack Obama mengungkapkan kesedihannya atas penembakan di kuil Sikh di Oak Creak Wiscosin. Penembakan itu menewaskan tujuh orang dan tiga orang luka. Empat orang ditemukan tewas di dalam kuil, dan tiga lagi tewas di luar kuil, termasuk pria bersenjata yang menderita luka parah akibat baku tembak dengan polisi.  “Perasaan kami sama dengan keluarga dan teman mereka yang tewas dan cedera,”kata Obama. Sebulan sebelumnya juga telah terjadi aksi brutal penembakan di gedung bioskop Colorado yang menewaskan 12 orang dan melukai hampir 60 orang. Penembakan membabi-buta pada 20 Juli tersebut diduga adalah yang terburuk dalam sejarah AS.
  2. Pemerintah Amerika Serikat menolak semua rencana penyerahan control internet oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pernyataan tersebut dikemukakan delegasi AS untuk Konferensi Dunia dalam Telekomunikasi Internasional (WCIT), Terry Kremer, di surat resmi Departement of State.
  3. Semakin tingginya permintaan beras di pasar domestik, adalah kesulitan yang dihadapi di tengah program diversifikasi pangan pemerintah. Kementerian Pertanian akan mengarahkan program divertifikasi pangan untuk meningkatkan konsumsi protein, baik protein nabati maupun hewani, yang di kalangan masyarakat saat ini dinilai masih rendah. Menteri Pertanian Suswono belum lama ini mengutarakan bahwa divertifikasi pangan tak hanya sekadar mengganti beras dengan komoditas sumber karbohidrat lain non-beras. Namun ia mengakui, untuk mengubah karbohidrat beras ke non-beras tidaklah mudah, apalagi hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah mengkonsumsi beras.
  4. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengajak masyarakat di Tanah Air untuk membudayakan program cerdas dan hijau, dengan menanam berbagai jenis pohon di seluruh sekolah. Menurutnya untuk mencapai sasaran membutuhkan kerjasama dengan seluruh sekolah dan masyarakat dengan cara memberikan bibit gratis. Menhut mengatakan, untuk menghijaukan lahan yang gersang di tanah air pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan berbagai lintas agama dan etnis, dengan menanam pohon di ruang lahan yang kosong.
  5. Kasus kekerasan saat masa orientasi siswa (MOS) yang sempat mencuat disayangkan banyak pihak. Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan bahwa kasus ‘bullying’ atau kekerasan dalam MOS harus dihentikan. “Perlu dihentikan, cara-cara kekerasan di sekolah. Perlu metode baru dalam perkenalan di sekolah. Menurut menteri pemerintah akan mengambil langkah tegas agar kasus kekerasan dalam masa orientasi siswa tidak terulang kembali. “Perlu ada tata cara baru perpeloncoan agar tidak ada lagi kasus kekerasan penerimaan siswa baru di sekolah,” paparnya. Agung meminta pihak orang tua dan guru di sekolah ikut mengawasi agar tidak ada lagi kasus kekerasan di sekolah.
  6. Program penukaran uang receh oleh Bank Indonesia di kawasan Monas, Jakarta Pusat disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan diantara mereka ada yang mengantre sejak pukul 06.00 WIB. Masyarakat yang terdiri dari berbagai kalangan, ada masyarakat umum, hingga karyawan yang ingin menukarkan uang recehan. Penukaran uang receh di Monas, tersedia dalam berbagai pecahan, mulai dari Rp 1000- 20.000. selain menukar uang tunai, masyarakat juga bisa menukar dengan uang non tunai atau biasa disebut dengan APMK (Alat Penukaran Menggunakan Kartu).
  7. Musim mudik tinggal sepekan lagi. Selama Lebaran, biasanya jalanan Jakarta akan lengang karena sebagian besar warga akan mudik ke luar kota. Tahun ini diperkirakan sebanyak 35 ribu lebih pendatang yang tinggal di  Jakarta akan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Secara keseluruhan, musim mudik  diperkirakan mulai sejak H-7 Lebaran, sedangkan arus balik diperkirakan H+5 Lebaran.
  8. Polisi terus meningkatkan patroli di sejumlah halte Transjakarta. Hal ini terkait aksi penembakan di sejumlah halte Transjakarta. Sabtu (4/8) malam lima halte Transjakarta ditembak orang tak dikenal. Tidak ada korban dalam kejadian ini, namun akibat peristiwa itu pihak Transjakarta mengalami kerugian hingga 20 juta. Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara, polisi menemukan sebutir gotri (logam bulat kecil) dari TKP penembakan halte busway Cawang Ciliwung. Dugaan sementara gotri dihasilkan dari senapan angin atau air soft gun.
  9. Polemik kewenangan penyidikan kasus korupsi alat simulator SIM antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri, memicu aksi dukung di kalangan masyarakat. Setelah Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia, puluhan mahasiswa di Semarang, Jawa Tengah, juga menyatakan dukungan terhadap KPK untuk menyidik kasus yang diduga merugikan negara hingga Rp 122 miliar. Seruan untuk terus mengusut penyelidikan terhadap tersangka Djoko Susilo dan kroninya. Mahasiswa pun menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk member instruksi kepada Polri agar mentaati ketententuan UU dan tidak bersikap arogan dengan mencampuri penyidikan yang tengah dilakukan KPK.
  10. Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) bersama beberapa federasi non konfederasi serikat pekerja/ buruh mendesak gubernur dan bupati selaku kepala daerah melakukan moratorium outsourcing. Jika desakan tersebut tidak ditanggapi, kalangan pekerja/buruh akan melakukan mogok nasional. Hal itu disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Dalam aksi mogok nasional tersebut, para pekerja. Buruh di 14 kabupaten/kota yang padat industri akan menutup 12 jalan tol di seluruh Indonesia. Mereka juga meminta kepada gubernur, agar membuatkan surat tembusan kepada presiden sebagai bentuk tanggung jawab pejabat daerah untuk memberikan perlindungan bagi pekerja/buruh yang ada di wilayahnya. Hal serupa pun disampaikan ketua Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Andi Gani Nena yang menyatakan MPBI mendesak pemerintah untuk membuat permenakertrans baru tentang outsourcing sampai akhir September 2012.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?47712

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :