1. Dua orang meninggal dunia diduga suspect flu burung terkena saat berlibur di Bogor pada 8 Maret 2015. Karena sebab itu, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tangerang memusnahkan sebanyak 30 burung merpati karena positif terjangkit virus H5N1 atau flu burung. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tangerang Iis Aisyah Rodiah mengatakan burung yang dimusnahkan tersebut milik warga dan berada dekat korban meninggal akibat suspect flu burung. Sebelum dimusnahkan, pihaknya mengambil air liur dari setiap burung untuk diperiksa dan diketahui hasilnya positif N5N1.
  2. Tim gabungan yang terdiri dari Kepolisian, Dinas Sosial dan Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT), telah mengintograsi 12 WNI yang diportasi pemerintah Turki. 12 WNI terdiri dari istri bersama anak-anak mereka yang hendak menyusul suaminya yang sudah lebih dlu bergabung dengan kelompok ISIS. Dijelaskan Humas Porli Kombes Rikwanto, ke 12 WNI itu diberangkatkan dan difasilitasi untuk bergabung ISIS oleh lima orang terduga jaringan ISIS, yang sudah diamankan Densus 88 dan Tim Jatanras Polda Metro Jaya pada penangkapan Sabtu (21/3).
  3. Menteri Sosial, Khofidfah Indar Parawansa menegaskan 12 WNI yang diduga terlibat jaringan ISIS berhak mendapat pendampingan. Mereka berhak ditampung di Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) meski sudah dideportasi dari Turki atas tuduhan bergabung dengan ISIS. Khofifah meyakini pihaknya akan selalu siap membantu WNI lain yang memang butuh pemulihan kejiwaan apabila terpengaruh paham radikal semacam ISIS. Sebelumnya, 12 WNI yang dideportasi dari Turki tiba di Indonesia pada Kamis (26/3) kemudian dibawa ke RPTC, Jakarta untuk menjalani program deredikalisasi sebelum dilakukan pemulangan ke tempat tinggal mereka di Jawa Timur dan Jawa Barat.
  4. Hilangnya 16 WNI di Turki yang diduga kuat menyeberang ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok ISIS disikapi serius Kantor Imigrasi Bekasi, Jawa Barat. Saat ini kantor Imigrasi Bekasi memperketat pemohonan pembuatan paspor. Hal ini untuk mengantisipasi kepergian WNI ke negara Timur Tengah terutama yang diduga terkait dengan kelompok ISIS.
  5. Langkah pemerintah memblokir sejumlah situs yang dianggap mendukung peham radikal adalah bentuk tanggungjawab dalam mempertahankan NKRI. Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menyatakan situs radikal yang ditutup Kemenkominfo membuat isu Suku Ras Agama dan Golongan (SARA). Sebab itu BNPT meminta pemerintah memblokir 22 situs. Langkah ini didukung banyak kalangan, sebab jika dibiarkan disinyalir akan menyebarluaskan pamah radikalisme kepada masyarakat.
  6. Pemerintah terus berusaha memulangkan WNI yang masih berada di Yaman. Langkah tersebut dilakukan setelah meletusnya perang saudara antara milisi Syiah Houthi yang mengkudeta Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi. Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri RI telah berhasil mengevakuasi 110 WNI dalam kloter pertama. Kini Kemenlu kembali memulangkan 110 WNI menggunakan pesawat komersil.
  7. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya memperbolehkan sepeda motor melintas di Jalan Thamrin-Medan Merdeka jelang tengah malam, yakni sejak pukul 23.00-06.00 WIB. Kebijakan ini dikeluarkan setelah Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mengevaluasi peraturan tersebut. Ahok mengatakan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan, pada malam hari kondisi jalanan memang lengang dan memungkinkan untuk dilalui sepeda motor. “Mulai hari ini (6/3) sudah mulai efektif, motor boleh melintas jelang tengah malam”paparnya.  Sebelumnya larangan sepeda motor melintasi Thamrin-Medan Merdeka berlaku sejak 17 Desembar 2014, hal ini banyak ditentang masyarakat terutama tukang ojeg dan para karyawan yang melintasi jalan tersebut.
  8. Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika 2015 pada 19-23 April 2015. Untuk persiapannya, Gubernur DKI Jakarta telah melakukan koordinasi dengan presiden. Saat ini pihaknya berupaya untuk mempersiapkan perhelatan internasional ini secara maksimal. Dari semua persiapan, penanganan jalan berlubang dan banjir menjadi prioritas. Pemprov DKI Jakata telah menyiapkan 18 hotel untuk menjamu tamu undangan internasional.
  9. Jika tak ada aral melintang, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus mantan Presiden Indonesia, KH Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur  akan dianugerahi gelar pahlawan nasional pada  Agustus 2015 mendatang.
  10. Mahkamah Agung (MA) menolak kembali Peninjauan kembali ( PK) terpidana mati asal Filiphina. Dengan penolakan ini, Mary Jane sudah tidak bisa lagi menghindar dari hukuman mati. Terkait putusan tersebut Mary Jane akan segera dipindahkan ke LP Nusakambangan, Cilacap, Jawa tengah, dari LP Wirogunan, Yogyakarta. Mary Jane divonis hukuman mati oleh Hakim Pengadilan Negeri Sleman karena terbukti melanggar Pasal 114 Ayat 2 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Mary adalah kurir narkoba jenis heroin jaringan internasional yang ditangkap di Bandara Adisucipto, Yogyakarta saat membawa heroin 2,622 kilogram pada 24 April 2010.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76267

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

 

kabari store pic 1