logo top 10

  1. Buah tropis khas Indonesia hasil produksi perusahaan perkebunan milik Nusantara (PTPN) siap membanjiri pasar buah dunia. Disampaikan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan, mulai tahun ini buah tropis telah mengisi pasar Singapura dan dalam beberapa tahun kedepan siap menembus pasar dunia. Momentum ini dapat dijadikan langkah awal kebangkitan buah tropis Indonesia.
  2. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta membuka nomor layanan pengaduan bencana (call center) 164 bagi warga Jakarta untuk penerima pengaduan terkait banjir. Disampaikan Kepala Seksi Informatika BPBD DKI Jakarta Bambang Surya Putra, nomor layanan pengaduan tersebut juga menerima permintaan mematikan listrik untuk daerah yang terkena banjir serta informasi siaga banjir seperti ketinggian pintu air Katulampa, Bogor. Layanan diaktifkan selama 24 jam,dan melalui layanan tersebut seluruh warga Jakarta dapat memberitahukan bencana banjir di seluruh Jakarta. Selain itu informasi untuk kebutuhan logistik, info cuaca, evakuasi, ambulance hingga permintaan air bersih bisa diinformasikan melalui nomor tersebut.
  3. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dbentuk untuk memberantas dan mencegah peraktik korupsi. Untuk meningkatkan fasilitas, KPK akan membangun gedung baru dengan fasilitas dan desain yang cukup mendukung. Di hari antikorupsi 9 Desember 2013 ini, peletakan batu pertama pembangunan gedung baru KPK dilakukan yang terletak di Jalan Gembira, Kelurahan Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan.
    Peletakan batu pertama Gedung baru KPK bagian tidak terpisahkan dari rangkaian kegiatan peringatan hari antikorupsi oleh pihak KPK. Gedung yang terdiri dari 16 lantai dengan dua basemen dan 280 kendaraan parkir juga dilengkapi gedung penjara itu diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp 215 miliar.
  4. Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi dan Hak Asasi Manusia internasional, Presiden Yudhoyono meluncurkan film dokumenter ‘Korupsi dan Kemiskinan‘ dengan durasi 12 menit yang menggambarkan strategi pemerintah Indonesia dalam upaya mencegah dan memberantas korupsi.
    Bersamaan dengan film itu diluncurkan juga dua iklan layanan masyarakat untuk mengajak seluruh pihak baik pemerintah, swasta, dan masyarakat luas untuk mendukung pelaksanaan Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (Stranas PPK).
  5. Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mulai diterapkan pada 2014 mendatang. Sesuai Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), maka JKN akan diberikan penduduk kurang mampu yang berjumlah 86,4 juta jiwa di seluruh Indonesia.
  6. Peringatan kematian mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela akan digelar pada Selasa, 10 Desember di Stadion Soweto, kota Johannesburg. Selain dihadiri rakyat Afsel, peringatan tersebut juga akan dihadiri 60 kepala negara. Kepala negara yang menyatakan hadir diantaranya adalah Presiden Amerika Barack Obama, Predana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Prancis Francois Hollande dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Tokoh dunia lainnya seperti Sektertaris PBB Ban Ki Moon juga dipastikan akan datang. Mandela baru akan dimakamkan pada Minggu (15/12), di kampung halamannya di wilayah Qunu.
  7. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) siap menanggung kebutuhan makan para pengemis di Jakarta. Pria yang akrab disapa Ahok itu bahkan menegaskan jika pengemis di Jakarta benar-benar kekurangan uang untuk makan, dia siap menanggungnya sampai pengemis mendapat pekerjaan. Ahok sangat menyayangkan mengemis menjadi pekerjaan yang memperkaya diri. Sebelumnya, dua pengemis asal Subang, Jawa Barat, Walang dan Sa’aran terjaring razia petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. Petugas menemukan uang sebesar Rp 25 juta tersimpan dalam kantong-kantong plastik.
  8. Hari AIDS sedunia 1 Desember lalu memunculkan kontroversi. Cerita ini terjadi ketika peringatan yang diarahkan untuk kampanye memerangi penyakit yang disebabkan infeksi virus HIV itu diwarnai dengan Pekan Kondom Nasional (PKN). Kontroversi terjadi karena PKN yang digelar dari 1–7 Desember diisi dengan acara bagi-bagi kondom ke kampus dan sekolah- sekolah. Kontan saja, langkah ini menuai kritik dari sejumlah kalangan. Tak kurang dari Majelis Ulama Indonesia, ormas Islam, organisasi mahasiswa, dan tokoh nasional turun gunung untuk beramai- ramai mengecam program tersebut.  Malah, sebuah ormas memberi gelar kepada Menteri Kesehatan Nafsiah Mboy sebagai Ratu Kondom karena dianggap mendukung program tersebut. Selain kritik, protes ada yang diwujudkan dalam demonstrasi di kampus-kampus, beberapa di antaranya diwarnai benturan fisik. Muara kritik adalah, langkah yang dipilih tersebut sama halnya melegalkan seks bebas.
  9. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) fokus meningkatkan kuantitas dan kualitas film nasional. Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam siaran persnya. Menurut Mari, penyelenggaraan acara seperti Festival Film Indonesia yang digelar di Semarang sangat penting karena berdampak positif pada perkembangan pariwisata Indonesia. Ia juga mengutarakan harapannya agar beragam daerah juga dapat diangkat sebagai lokasi pembuatan film dan jika film tersebut berhasil, maka akan berimbas dengan meningkatkan wisatawan.
  10. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengusulkan kawasan Seribu Rumah Gadang di Negeri Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menjadi warisan budaya dunia  ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya PBB (Unesco). Solok memiliki 600 unit rumah gadang dengan berbagai bentuk dan model yang tersebar di tujuh kecamatan. Diharapkan usulan tersebut dapat meningkatkan daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung dan jugua sebagai salah satu kebanggan Sumatera Barat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60406

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :