1. Perayaan malam tahun baru 2016 di Bandung, Jawa Barat dihebohkan oleh ledakan. Kejadiannya di depan kediaman rumah dinas Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Insiden terjadi pukul 01.20 WIB, ledakan yang diduga bom Molotov terdengar dari bawah mobil milik salah satu televisi nasional. Bom molotiv cocttail tersebut berisi paku. Belum diketahui siapa dalang dibalik teror ini, pihak keamanan masih melakukan penyelidikan.
  2. Awal tahun ini masyarakat Indonesia bisa menikmati penurunan tarif listrik per 1 Januari 2016 dan harga BBM per 5 Januari 2015. Dalam keterangan persnya, Kepala Devisi Niaga PLN Benny Marbun menerangkan penurunan tarif dipengaruhi oleh dua hal yakni menurunnya nilai kurs dolar Amerika Serikat serta anjloknya Indonesia Crude Pride (ICP) periode November 2015. Selain itu karena keberhasilan perseroan melakukan efisiensi operasi yang menyebabkan menurunnya Biaya Pokok Penyediaan Listrik (BPP).
  3. Presiden Joko Widodo mencanangkan tahun 2016 sebagai tahun percepatan kerja. Targetnya, kinerja pemerintahannya jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal ini disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mengatakan presiden menginginkan pertumbuhan ekonomi 2016 meningkat. Presiden juga memberi arahan khusus, salah satunya mengenai pembentukan badan promosi ekspor nasional.
  4. Kementerian Perhubungan segera memberlakukan mekanisme pengembalian uang (refund) bagi penumpang yang membatalkan pernerbangan. Pemberlakukan ini hanya berlaku kepada calon penumpang kelas ekonomi dengan rute penerbangan domestik. Penetapan mekanisme refund yang diupayakan Kementerian Perhubungan adalah untuk memberikan perlindungan dan meningkatkan pelayanan terhadap penggunaan jasa penerbangan domestik di Indonesia. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan sosialisasi Peraturan Perhubungan nomor 185 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.
  5. Gunung Soputan, Sulawesi Utara meletus pada Senin (4/1) malam. Sekitar pukul 20:53 WITA, gunung tersebut meletus dengan menyemburkan asap kelabu tebal setinggi 2000 meter condong ke tenggara. Berdasarkan laporan BNPB, terlihat lava pijar menuruni lereng gunung bagian timur disertai suara gemuruh dari arah puncak gunung pada saat meletus. Masyarakat dan pengunjung daerah sekitar dilarang beraktivitas di dalam radius 4 kn dan sektoral 6,5 km ke arah Barat Daya-Barat Laut dari Puncak Gunung Soputan.
  6. Pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kesiapan dan kompetensi pekerja lokal dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Antara lain menetapkan 85 standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), serta akreditasi 725 Balai Latihan Kerja dan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS). Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri mengatakan, pemerintah telah melakukan pelatihan wirausaha dan keterampilan kerja bagi 717.454 calon tenaga kerja.
  7. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama akan mewajibkan semua penjual senjata untuk mendaftarkan diri. Selain itu, penjual senjata akan diwajibkan menjalankan pemeriksaan latar belakang kepada semua calon pembeli. Aturan ini juga diwajibkan bagi para penjual di pameran senjata maupun yang berjualan secara online. Obama telah bekerja keras untuk memperketat UU senjata setelah terjadinya penembakan massa di San Bernardino, California.
  8. Pendakian Gunung Semeru resmi ditutup Senin (4/1) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penutupan ini sebagai upaya pemulihan ekosistem Gunung Semeru, selain itu penutupan juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, mengingat bertepatan dengan musim penghujan dimana badai akan sering terjadi di kawasan Gunung Semeru. Penutupan Gunung Semeru dilaksanakan setiap tahun untuk pemulihan eksosistem dan antisipasi.
  9. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, salah satu yang dibahas adalah konflik Arab Saudi dan Iran. Pada pertemuan tersebut, MUI mengusulkan kepada Presiden untuk berperan dalam mendamaikan konflik kedua negara. Menurut Ketum KH Ma’aruf Amin usai menemui Presiden, Amerika Serikat dan Rusia punya pengaruh dalam konflik tersebut. Namun Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, diharapkan bisa berperan sebagai pendamai. “Indonesia juga berperan dalam mendamaikan dan mudah-mudahan berhasil” katanya. Sementara Presiden disebut akan tetap netral dalam menengahi konflik.
  10. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama mengintruksikan PT Transjakarta untuk mengambil alih semua rute bus dan angkutan kota tahun ini. Dengan kata lain, semua operator bus dan angkot akan dipaksa untuk bergabung dengan PT Transjakarta dan menerapkan sistem pembayaran rupiah per kilometer. Gubernur menilai, sulitnya memperbaiki sistem transportasi umum disebabkan karena adanya ‘permainan’ antara oknum Dinas Perhubungan dengan operator bus. Karena alasan itulah, Gubernur ingin merevitalisasi semua bus yang beroperasi di Jakarta.