1. Partisipasi pemilih warga Negara Indonesia di Singapura pada pemilu presiden 2014 meningkat hingga 70 persen dibandingkan pemilu legislatif lalu. Dalam siaran pers KBRI Singapur, pemungutan suara yang dilaksanakan pada Minggu (6/7) tercatat sebanyak 22.226 pemilih yang menggunakan hak pilih di KBRI. Pemungutan suara dimulai pukul 08.00 -18.00 waktu setempat.
  2. Provinsi Bali ditetapkan sebagai daerah siaga I untuk pengamanan menjelang Pilpres 9 Juli 2014, TNI-Polri akan berusaha memastikan ajang 5 tahunan ini berlangsung dengan aman dan tanpa gangguan. “Bali ini barometer dan etalase pengamanan di Indonesia. Bali ini titik nadir, kalau jebol saja sedikit maka banyak darah yang bertumpahan. Jadi kami betul-betul jaga” kata Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Albertus Julius Benny Mokalu. Oleh karena itu, pihaknya akan meningkatkan pengamanan termasuk di sejumlah pintu masuk menuju Pulau Dewata, baik jalur laut, udara, maupun darat. Peningkatan pengamanan dilakukan lebih ketat dengan mengerahkan sejumlah personel dan didukung sejumlah paralatan.
  3. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan pemerintah telah mengatisipasi kemungkinan terjadinya kerusuhan pada Pilpres 2014 ini. Dalam sidang kabinet beberapa hari lalu, ia sedang mengintruksikan kepada jajaran Polri dan TNI yang membantu tugas Polri dalam pengamanan Negara. “Saya minta mereka mencegah, manakala tetap muncul benturan itu, segera ditanggulangi, tidak boleh dibiarkan. Sebab, kalau dibiarkan demokrasi kita akan tercoreng, keamanan nasional terganggu, ekonomi bisa terganggu, dan akibatnya rakyatlah yang menderita,” katanya lewat youtube yang diunggah akhir pekan lalu.
  4. Presiden terpilih di pilpres 2014 diharapkan dapat melanjutkan program tabungan abadi pendidikan. Jasa atau bunga dari dana abadi tersebut sangat bermanfaat untuk membiayai siswa berprestasi agar dapat mengenyam pendidikan tinggi di kampus-kampus berkualitas di dalam dan luar negeri. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan sejak program ini dimulai 2010 lalu, jumlah dana abadi pendidikan sudah mencapai 24 triliun rupiah di tahun ini. Jika dalam 10 tahun ke depan presiden terpilih tetap melanjutkan program ini, maka dana pokok tabungan pendidikan akan mencapai 100 triliun rupiah. Untuk itu diharapkan di masa yang akan datang semakin banyak siswa berprestasi yang dapat dibiayai untuk kuliah di kampus berkualitas di dalam dan luar negeri.
  5. Pemerintah Kota (pemkot) Bogor, Jawa Barat secara resmi meluncurkan Mobil Curhat atau Mobil Antigalau yang akan melayani curahan hati masyarakat Bogor. “Mobil ini akan menjangkau semua lapisan masyarakat, melayani konseling baik persoalan keluarga maupun gizi masyarakat” ungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya. Bima menyampaikan latar belakang dibuatnya Mobil Curhat adalah untuk melihat data permasalahan social di masyarakat, baik data penderita HIV, gizi buruk, serta angka kematian yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit. “Begitu juga dengan persoalan remaja, angka tawuran dan perceraian yang terus meningkat” paparnya.
  6. 17 Perguruan tinggi di Yogyakarta mendeklarasikan diri, untuk mengawal pilpres pada 9 Juli mendatang supaya berjalan dengan jujur, adil dan damai di Balairung UGM. Mewakili kaum akademisi di Yogyakarta, Rektor UGM, Pratikno menegaskan bahwa mereka juga memiliki tanggung jawab terhadap proses demokrasi yang terjadi di Indonesia. Karena itu, mereka akan melakukan pengawasan terhadap proses pemilihan presiden dan memastikan semua berjalan dengan baik.
  7. Golput haram. Fatwa tersebut disampaikan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin bahwa umat Islam yang tidak mencoblos saat pemilihan presiden pada 9 Juli hukumnya haram. Sebab kata Din, memilih merupakan kewajiban dan umat Islam wajib menentukan pemimpin untuk kebaikan bangsa. “MUI mengeluarkan fatwa lewat pertemuan seluruh ulama beberapa waktu lalu. Memilih itu hukumnya wajib” tandas Din.
  8. Proses pemungutan suara di luar negeri sudah selesai pada 6 Juli 2014. Namun, Komisi Pemilihan Umum menegaskan perhitungan suara belum dilakukan sampai saat ini. “Perhitungan suara di dalam negeri pada 9 Juli, bertepatan dengan pemungutan suara di dalam negeri” kata Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Komisioner KPU. Ferry membantah hasil pemungutan suara di luar negeri yang mengatakan pasangan calon tertentu.
  9. TKI menyambut antusias pelaksanaan pilpres di sejumlah negara. Namun sanyangnya, untuk proses pemungutan suara di Hongkong sempat muncul masalah karena ribuan pekerja migrant terancam kehilangan hak suara. Dalam siaparan pers Migrant CARE (6/7) disebutkan hingga malam pukul 19.00 waktu setempat, ribuan TKI berdemontrasi di tempat pemungutan suara (TPS) Victoria Park menuntut agar bisa mencoblos. Para TKI tidak bisa memperoleh hak pilih karena tidak terdaftar. Pada saat yang sama, waktu sewa TPS di Victoria Park telah habis, sedangkan yang belum memilih masih banyak.
  10. Ratusan orang berunjuk rasa di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka mendesak KPK agar menangkap mafia migas yang merugikan negara sebesar Rp 36 triliun per tahun.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?67821

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :