1. Indonesia kehilangan satu putra terbaiknya, Taufiq Kiemas yang masih menjabat sebagai Ketua MPR RI meninggal pada 8 Juni di Singapura akibat komplikasi. Suami dari mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri ini, dikenal sebagai tokoh nasionalis yang memperjuangkan empat pilar, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Almarhum Taufiq Kiemas dimakamkan di samping makam ayahnya di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, (9/6).
  2. Gedung kantor Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi dibakar oleh TKI. Pembakaran ini terjadi karena para TKI tidak mampu menahan emosi. Kejadian bermula saat ribuan TKI antri untuk mendapatkan amnesti. Mereka adalah TKI yang bermasalah adminstratif, sehingga mereka diminta untuk mengurus SPLP atau Surat Perjalanan Laksana Paspor, dimana surat tersebut bisa digunakan untuk menetap di Arab Saudi. Namun karena banyaknya massa, dan cuaca panas, emosi tidak terkendali sehingga terjadi aksi pembakaran. Sampai saat ini kasus masih ditangani KJRI.
  3. Angin puting beliung menerjang wilayah Bekasi dan Karawang, Jawa Barat (8/6). Ratusan rumah rusak dan satu orang tewas. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan, angin puting beliung merusak wilayah kampung Pengasinan, Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Hujan juga turut mengguyur wilayah itu, dan sekitar 50 rumah rusak dan menara telekomunikasi roboh akibat amukan angin.  Di Karawang, 280 rumah di empat kecamatan rusak, 15 diantaranya rusak parah.
  4. Densus 88 kembali berhasil membekuk dua terduga teroris di dua tempat terpisah, yakini di Makassar dan Poso (8/6). Tersangka pelaku teror Fatih dan Musab Alias Amir alias Madinah dibekuk tanpa perlawanan. Saat ini tersangka masih diperiksa, terkait keterlibatan keduanya dengan peledakan bom di Ponpes UBK di Bima. Keduanya diketahui anak buah Santoso, buronan teroris yang kini sedang diburu Densus 88.
  5. Penembakan kembali terjadi di Amerika, tepatnya di Santa Monica, California (8/6). Seorang pria berpakaian serba hitam dan bersenjata menembak enam orang dan melukai lima orang lainnya. Pelaku langsung ditembak mati oleh polisi. Peristiwa itu terjadi saat Presiden Barack Obama tengah menjamu Presiden China Xi Jinping di Palm Springs. Bertepatan hari itu juga, Presiden Obama dijadwalkan akan hadir ke Santa Monica untuk berpidato, namun untuk menghindari dampak penembakan jadwal perjalanan Obama dibatalkan. Pihak keamanan Santa Monica mengatakan peristiwa penembakan tersebut tidak bermotif politik.
  6. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menerima penghargaan Adipura dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara (10/6). Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.
  7. Usai menerima penghargaan Adipura dari Presiden, Senin Pagi (10/6). Gubernur DKI Jakarta akan mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan pembukaan Pekan  Raya Jakarta di Jakarta Internasional Expo Kemayoran dalam rangka HUT Jakarta ke 486. Tahun ini akan jadi tahun terakhir PRJ di gelar di Kemayoran, pasalnya Jokowi menginginkan PRJ tahun depan bernuansa kerakyatan, supaya ada kombinasi antara usaha kecil, menengah dan memamerkan produk-produk berbasis budaya. Jokowi menilai PRJ sekarang jauh dari roh kerakyatan dan hanya menonjolkan kepentingan bisnis , untuk itu tahun depan Jokowi ingin PRJ digelar di Monas dan untuk rakyat
  8. Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi belum naik, tapi harga-harga kebutuhan pokok sudah merangkak naik. Hal ini banyak dikeluhkan masyarakat, terutama ibu rumah tangga yang mulai resah karena harga sayuran dan bahan pokok mulai mengalami kenaikan. Kenaikan harga BBM bersubsidi yang rencananya akan dinaikkan pada akhir bulan Juni nampaknya akan turut mempengaruhi harga pangan untuk naik lagi. Masyarakat meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan kondisi tersebut agar tidak muncul kekacauan akibat harga bahan pokok terus melonjak.
  9. Maya Soetoro, adik perempuan Presiden AS Barack Obama berkunjung ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Didampingi Rektor dan Dekan University of Hawaii, Maya dijadwalkan akan memberikan guest luctyre pada civitas akademika UGM. Dalam kesempatan itu saudara tiri Obama ini akan berpidato tentang Education for Peace. Tak hanya itu saja, kedatangannya bersama rombongan University of Hawai adalah untuk melakukan kerjasama di beberapa bidang dengan UGM.
  10. Kereta contoh PT Jakarta Monorail sudah tiba di Kawasn Monumen Nasional. Contoh kereta monorail tersebut sengaja didatangkan selain untuk dipamerkan kepada warga Jakarta juga untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta, Juni 2013 ini. Secara fisik bentuk monorel buatan perusahaan Changchun railways, China ini tidak jauh berbeda dengan kereta listrik (KRL) Jabodetabek, hanya saja monorel menggunakan rel tunggal.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56236

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :