logo top 10

  1. Lukman Hakim Syaifuddin, Senin (9/6) dilantik menjadi Menteri Agama menggantikan Suryadharma Ali yang mengundurkan diri. Suryadharma Ali mengajukan pengunduran diri kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji. Menanggapi penunjukkan ini, Lukman mengakui bahwa kepercayaan baru ini cukup berat. Namun, masa jabatan Lukman hanya singkat yakini sekitar 4 bulan.
  2. Minggu 8 Juni merupakan hari kelahiran mantan Presiden Soeharto. Memperingati hari jadi penguasa orde baru itu, ribuan peziarah berdatangan ke makam yang berada di Adtana Giribangun, Matesih, Karanganyar. Selain masyarakat umum, sejumlah tokoh juga menyempatkan diri berziarah ke makam Soeharto, diantaranya capres Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie dan Akbar Tanjung.
  3. Ribuan pengendara sepeda tanpa busana memadati jalan Portland, Oregon, Amerika Serikat. Bukan tanpa sebab, ribuan pengendara sepeda melakukan aksi di jalan. Acara ini adalah bentuk protes yang mengedepankan bersepeda sebagai alternative dari mengendari mobil.  Acara ini diselenggarakan di lebih dari 75 kota di Amerika Serikat, dan lebih dari 20 negara lain.
  4. Pasangan bersenjata menembak mati dua orang polisi, dan seorang sipil. Usai menembak, keduanya lalu bunuh diri. Insiden ini terjadi di sebuah kedai pizza di Las Vegas, AS. Minggu (8/6). Si pelaku perempuan menembak rekan lelakinya sebelum mengarahkan senjata pada dirinya sendiri, kata Sheriff Doug Gillespie dari Departemen Polisi Metro Las Vegas.
  5. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan beraksi lagi. Setelah beberapa waktu lalu memunguti sampah di area Bandara, kini mantan Dirut PLN ini kembali mengekspresikan kekesalannya terhadap pelayanan dan kebersihan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng. Kekesalan tersebut diungkapkan Dahlan dengan menjadi petugas kebersihan dadakan. Dahlan membersihkan dan mengajari petugas kebersihan untuk mengelap kaca.
  6. Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2014 Senin (9/6) resmi dibuka oleh Wakil Presiden Boediono. Peresmian ini mundur setelah sebelumnya direncanakan dibuka pada Jumat (6/6), namun batal karena agenda Presiden SBY cukup padat. JFK 2014 yang mengambil tema “Jakarta Fair Kemayoran Mendorong Kemajuan dan Petumbuhan Ekonomi Nasional” melibatkan berbagai sektor usaha, baik berskala besar, menengah, kecil, koperasi dan usaha mikro. Selain itu JFK juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api dalam merayakan HUT DKI Jakarta, karnaval budaya, dan berbagai hiburan menarik di stan-stan peserta pameran.
  7. Lembaga mata-mata Amerika Serikat , Central Intellegence Agency (CIA), melangkah dari belakang ke bagian depan media social dengan membuat akun Facebook dan Twitter sebagai bagian dari upaya untuk menunjukkan keterlibatannya dengan publik. CIA bergabung dengan Twitter dan Facebook untuk membantu lembaga agar bisa lebih langsung terlibat dengan masyarakat dan menyediakan informasi mengenai misi, sejarah, dan pekembangan lain CIA.
  8. Komisi Pemilihan Umum (KPU) siap menggelar debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden 2014 di Balai Sarbini, Jakarta (9/6). Rangkaian acara dijadwalkan sebanyak 5 kali ini diawali debat pasangan capres bertema ‘Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum’. Debat capres kedua (15/6) tema ‘Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial’. Debat ketiga (22/6) tema ‘Politik Internal dan Ketahanan Nasional’. Debat keempat (29/6) ‘Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK’. Terakhir pada 5 Juli 2014 akan digelar debat capres bertema ‘Pangan, Energi, Lingkungan’.
  9. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) beberapa waktu lalu diundang pemerintah untuk membahas intruksi presiden (inpres) menjadi pencegahan kejahatan seksual. Sayangnya sampai detik ini, inpres belum jelas. Inpres yang akan diterbitkan terkait bagaimana mencegah terjadinya kejahatan seksual sementara untuk rencana aksi nasional ialah kegiatan yang dilakukkan lintas kementerian mengenai anak.
  10. Gerakan Sejuta Data Budaya (GSDB) sebagai inisiatif mengumpulkan kekayaan data 14 sektor budaya Indonesia untuk didokumentasikan pada perpustaakaan digital budaya dirilis di Kota Bandung. Peluncuran inisiatif penyelamatan warisan budaya Indonesia digelar di Saung Angklung Udjo Jl. Padasuka, Bandung (9/6). Peluncuran GSDB adalah bentuk kegiatan memperkenalkan tentang gerakan sejuta budaya, Sobat Budaya, aplikasi info budaya dan penobatan duta sobat budaya. Gerakan ini merupakan sebuah inisiatif untuk memulihkan pengelolaan budaya Indonesia secara lebih baik dan terkukur, BSDB memiliki misi untuk membuat perpusataan digital budaya Indonesia dengan koleksi hingga jutaan data.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?66863

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :