1. Jumlah WNI yang menjadi korban tewas dalam kecelakaan Masidil Haram, Mekkah bertambah menjadi 10 orang. Jumlah itu diketahui setelah tim evakuasi melakukan proses identifikasi terhadap para korban. Tim telah melakukan proses verifikasi dan identifikasi atas jemaah haji Indonesia hingga Senin (14/9) pukul 01.00 waktu setempat. “Jumlah korban meninggal dunia bertambah sebanyak tiga orang” ungkap Direktur Perlindungan WNI Kemenlu RI, Lalu Muhammad Iqbal dalam siaran pers.
  2. Bencana banjir bandang terjadi di Kecamatan Timang Gajah dan Kecamatan Weh Pasam, Kabupaten Benar Merah, Aceh (13/9). Akibat hujan deras air sungai Wih Mugile di Kecamatan Damaran Datu Baru, Kecamatan Timang Gajah meluap dan menyebabkan 18 rumah penduduk porak poranda. Banjir juga menerjang Desa Pante Raya, Kecamatan Wih Pasem, sebanyak enam rumah hancur diterjang air.
  3. Presiden Joko Widodo dianugerasi penghargaan ‘King Abdullaziz Medal’ oleh Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud. Penghargaan tersebut adalah bentuk apreasiasi Kerajaan Arab Saudi kepada Pemerintah RI. Mendali yang merupakan Order of Merit tertinggi bagi pemimpin negara sahabat. Mendali tertinggi kerajaan Arab Saudi ini juga pernah diberikan kepada Presiden Obama, Perdana Meneri Cameron dan Shinzo Abe.
  4. Pemprov DKI Jakarta berencana ingin menjadikan Ibu Kota negara sebagai kota yang ramah terhadap lanjut usia (lansia). Hal ini disampaikan Wakil Gubnernur Jakarta Djarot Syaiful Hidayat. Menurutnya, beberapa fasilitas untuk lansia akan diperbanyak, baik itu alat-alat olahraga, maupun fasilitas tempat untuk bersosialisasi di taman. Lebih lanjut Djarot meminta kepada generasi muda untuk menghormati para lansia dengan cara bersikap santun. “Harus menghormati dan bersikap santun. Generasi muda harus tetap mendukung dan belajar pada generasi tua” paparnya.
  5. Pelaku pembakaran hutan yang menyebabkan polusi udara akhirnya tertangkap. Sebanyak 107 orang ditetapkan sebagai tersangka terkait 68 kasus dugaan pembakaran hutan dan lahan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Hingga senin pagi, tercatat ada sebanyak 1.205 titik api yang tersebar di 52 kabupaten di lima provnsi yakni Riau, Jambi, Sumatera selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
  6. Daftar negara bebas visa masuk ke Indonesia akan ditambah, kata Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan potensi turis datang ke daerah pariwisata Indonesia. Ramli menambahkan, strategi bebas visa merupakan cara untuk meningkatkan devisa negara. Melalui ketentuan bebas visa, ia mentargetkan devisa meningkat dari US$10 miliar menjadi US&20 miliar dalam lima tahun mendatang. Tahun ini ditargetkan bebas visa untuk 90 negara.
  7. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) membuka posko gerakan rakyat melawan ‘asap’ di wilayah Sumatera dan Kalimantan untuk memfasilitasi gugatan warga negara atas kerugian yang ditimbulkan kabut asap. Posko dibuka di daerah-daerah yang mengalami kejadian bencana asap secara intensif, berulang, massif dengan korban dan kerugian yang sangat besar.
  8. Rencana Pemkab Siak, Riau menggelar event sepeda internasional pada 15-20 September terpaksa dibatalkan, pasalnya saat ini Riau berstatus darurat asap. Keputusan membatalkan event internasional yang diikuti lebih dari 10 negara dilakukan demi pertimbangan kesehatan. Kondisi pencemaran udara dalam hitungan empat hari terakhir pada level berbahaya, karena itu ditetapkan darurat polusi udara.
  9. Puluhan mahasiswa dari Gerakan Pemuda Islam melakukan unjuk rsa di depan Gedung DPRD Jawa Tengah. Mereka menuntut Presiden Joko Widodo menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang belakangan ini melemah. Merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dollar mengakibatkan komoditas pangan mengalami kenaikan harga, PHK besar-besaran dan bertambahnya hutang kepada Bank Dunia, karena itu mereka meminta presiden untuk melindungi dan memperhatikan kaum kecil.
  10. DKI Jakarta terancam kehilangan 23 pulau di Kepulauan Seribu. Wakil Bupati Kepulauan Seribu M Anwar mengatakan ancaman hilangnya pulau-pulau disebabkan karena abrasi atau proses pantai oleh gelombang laut. Ke 23 pulau yang terancam hilang adalah Pulau Tikus, Pulau Kelor, Pulau Payung Kecil, Pulau Damar Kecil, Pulau Kecipir, Pulau Gundul, Pulau Kudus Benteng, Pulau Tanah Kudus, Pulau Gosong Pandan, Pulau Semut, Pulau Macan Kecil, Pulai Karang Bangkok dan lain-lain. Pemprov telah menerbitkan Perda Nomor 11 Tahun 1999 tentang penataan dan pengelolaan Kepulauan Seribu. Dalam peraturan tersebut telah diatur pelarangan, pengambilan pasir, kerikil dan karang di Kepulauan Seribu.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/79861

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

 

kabari store pic 1