logo top 10

  1. Terjadi kebakaran di bagian barat taman nasional Yosemite, California, Amerika Serikat (25/8) waktu setempat. Kebakaran menghanguskan sekitar 4.850 hektar hutan Yosemite. Kejadian tersebut mengancam pasokan listrik dan air bersih di San Francisco, pasalnya kebakaran terjadi di sekitar sumber-sumber air yang vital bagi pasokan air bersih di San Fransisco. Kebakaran juga terjadi di dekat dua pembangkit listrik yang membantu pasokan listrik ke San Fransisco sehingga menimbulkan sedikit kendala. Taman Nasional Yosemite adalah salah satu daerah tujuan wisata paling terkenal di California.
  2. Setelah 20 tahun berlalu, Metallica ternyata masih mampu `menggetarkan` dan `menyihir` Jakarta. Dengan dijaga lebih dari 3.000 personel aparat keamanan, sejak Minggu (25/8/2013) pagi hingga petang, puluhan ribu metalhead atau penggemar musik cadas yang mayoritas berkaus hitam rela mengantre di pintu-pintu masuk Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.
  3. Menggagas ide Materplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa menerima gelar kehormatan sebagai Perakayasa Utama di bidang Kebijakan Teknologi tahun ini. Gelar diberikan dalam rangka memperingati HUT Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Hatta dianggap layak memperoleh Gelar Perekayasa Utama Kehormatan ke-7 karena berjasa menetapkan kebijakan pembangunan ekonomi nasional berbasis peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berdaya saing.
  4. Akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, sejumlah harga produk impor seperti kedelai melonjak naik. Naiknya harga kedelai membuat para konsumen dan perajin tempe tahu mengeluh. Kendati harga bahan utama naik, namun sebagian perajin tempe tahu belum menaikan harga, mereka mensiasatinya dengan mengurangi ukuran tempe dan tahu, namun ada juga perajin yang sudah menaikan harga meski dampaknya daya beli masyarakat jadi menurun karena naiknya harga.
  5. Sejumlah tempat penukaran uang (money changer) di Jakarta ramai dikunjungi warga yang ingin menukarkan uang dolarnya yang nilai tukarnya mencapai 11.000. Dari sebagian orang yang menukar dolar mengaku, alasan mereka umumnya untuk memenuhi kebutuhan pribadi ditengah naiknya harga-harga akibat melemahnya rupiah, ada juga yang untuk investasi.
  6. Lima orang ditangkap terkait kasus penggerebekan lokasi perakitan senjata api di Cipacing, Sumedang, Jawa Barat. Mereka dibekuk karena kerap menerima pesanan senjata dari pelaku kejahatan. Penggerenekan berawal dari tertangkapnya salah satu pemesan yang ditangkap di TMII yang kedapatan memiliki ribuan peluru dan sejumlah senjata api.  Selain membuat senapan angin, para perajin diduga membuat senjata api rakitan sesuai pesanan tersangka.
  7. Hasil survei terhadap calon presiden masih menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo diposisi teratas disusul capres dari partai Gerindra Prabowo Subianto. Diposisi ketiga diduduki mantan presiden Megawati Soekarnoputri, sementara di peringkat empat dan lima ada Aburizal Bakrie dan mantan Wapres Jusuf Kalla. Nama-nama capres yang kerap disebut, seperti Mahfud MD, Dahlan Iskan, Wiranto dan lainnya masih dibawah 5 perseb tingkat elektrabilitas.
  8. Ribuan anggota Front Pembela Islam meramaikan pawai HUT ke 68 RI sekaligus memperingati hari jadi ke 15 FPI (25/8). Selain memperingati dua momen penting tersebut, pawai menjadi bentuk dukungan terhadap Ketua Umum FPI, Habib Rizieq untuk melaju sebagai calon presiden pada pemilu 2014 mendatang. Meski sebagian anggotanya mendukung pencalonan ketum FPI, namun Habib Rizieq masih belum memberikan tanggapan. Oleh FPI, Habib Rizieq dianggap pantas dan layak menjadi calon presiden untuk menyelamatkan bangsa dari keterpurukan.
  9. Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat. Namun Dino mengaku tidak punya modal untuk mengikuti konvensi tersebut, berbeda dengan calon lainnya yang sudah membentuk tim sukses. Meski tak bermodal, mantan staf khusus presiden bidang luar negeri itu tidak patah semangat. Dia optimis dapat mengikuti konvensi dengan baik, bahkan ia ingin mencontoh Presiden SBY yang berlatar belakang tentara dapat memimpin negara selama dua periode.
  10. Wacana adanya tes keperawanan bagi siswi sekolah menimbulkan banyak pro-kontra. Menteri Agama Suryadharma Ali pun menolak wacana tersebut karena dinilai berdampak negatif karena tidak etis dan bisa berdampak pada psikologi siswi di masa depannya. Wacana ini mencuat kerena kebijakan Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan yang akan menerapkan tes pembuktian keperawanan bagi siswi SMA di kota tersebut. Kebijakan diambil karena banyaknya aktivitas prostitusi yang melibatkan perempuan usia remaja. Meski masih sebatas wacana, pro-kontra di kalangan masyarakat mulai muncul, banyak pihak menilai tindakan tersebut melanggar hak asasi manusia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?58219

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :