1. Kementerian Perdagangan resmi melarang penjualan minuman beralkohol atau bir di minimarket di seluruh Indonesia mulai Kamis (16/4) . Larangan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan No 06/M-DAG/Per/1/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol. Kebijakan tersebut melarang penjualan minuman beralkohol golongan A yang memiliki kadar alkohol di bawah 5 persen, contohnya bir. Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel menegaskan kebijakan yang diambil untuk melindungi generasi muda Indonesia dari minuman keras.
  2. Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke 60 diselenggarakan meriah di Jakarta. Menyambut tamu delegasi sampai di jakarta, band ternama Tanah Air, Slank turut ikut ambil bagian dengan menggelar konser bertajuk “Prosperity and Peace without Drugs: No More Drugs in Asia Africa and the World” di Monas (19/4). Acara hiburan ini juga disambut antusias oleh warga Jakarta. Selain Slank, konser juga dimeriahkan oles sejumlah musisi diantaranya Ari Lasso, Shandy Sandoro, Endang Soekamti, Shaggy Dog, D’Rumah Harmony, Steveb Jam, Daddy and The Hot Tea.
  3. Rangkaian Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada hari pertama dimulai dengan pertemuan pejabat dan diplomat senior (SOM). Dalam pertemuan itu seluruh outcome dari KAA dirundingkan bersama oleh negara Asia-Afrika. Salah satu poin penting dalam KAA adalah soal dukungan kemerdekaan Palestina. Pembahasan dokumen tersebut dalam level SOM akhirnya mencapai kata sepakat. Keterangan ini disampaikan Direktur Jenderal Asia Pasifik Afrika Kementerian Luar Negeri RI Yuri Thamrin. Yuri mengatakan perundingan dukungan kemerdekaan Pelestina di KAA berjalan lancar.
  4. Sebanyak 6 kapal perang TNI AL dan 6 kompi personel gabungan dari berbagai satuan Komando Armada RI Kawasan Barat, disiagakan untuk menjaga pengamanan di wilayah perairan Pulau Jawa, terutama persairan sebelah Utara dan Selatan DKI Jakarta dan Bandung. Pengamanan itu bertujuan untuk menjaga kemanan dan kelancaran pelaksanaan peringatan 60 tahun KAA yang akan berlangsung 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung. Armada yang dikerahkan adalah: KRI John Lie 358, KRI Oswald Siahaan 354, KRI Immam Bonjol 383, KRI Pati Unus, KRI Beladau 643, KRI Makassar 590, 1 Pesawat U-618, 2 Heli Bolco dan 2 Sea Rider Kopaska.
  5. Polda Metro Jaya mengeluarkan imbauan untuk melakukan unjuk rasa selama kegiatan Konferensi Asia Afrika yang berlangsung di Jakarta. Jika ada massa aksi yang tetap nekat menggelar unjuk rasa, maka polisi tidak segan untuk membubarkannya. Hal ini disampaikan Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Unggung Cahyono. “Kami menghormati kebebasan mengungkapkan pendapat. Namun karena unjuk rasa berpotensi menyebabkan kemacetan, kepolisian pun tiak akan mengizinkan dulu selama KAA”. Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menurunkan 4.236 personel yang akan memberikan pengamanan ring 2 dan ring 3 KAA.
  6. Mayoritas publik mengaku tidak puas dengan kinerja pemerintaha Jokowi – JK dalam enam bulan pertama. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Poltracking, perombakan kabinet dinilai menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki kinerja pemerintah. Disampaikan Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yuda dari 1.200 responden di 34 provinsi yang disurvei pada 23-31 Maret 2015, sebanyak 36 persen responden menyatakan setuju apabila dilakukan perombakan cabinet, 5,8 persen responden menyatakan sangat setuju, 3,9 persen sangat tidak setuju dan sisanya 30,2 persen responden mengaku tidak tahu atau tidak menjawab. “Jika ditotal, jumlah yang setuju dengan perombakan cabinet 41,8 persen” kata Hanta. Public merasa tidak puas dengan kinerja di bidang hokum dan pemberantasan korupsi. Hal ini terkait dengan kisruh antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri yang terjadi beberapa waktu lalu.
  7. Impor rokok elektronik akan segera dilarang. Kebiajakan tersebut akan tertuang dalam peraturan presiden. Rekomendasai pelarangan impor rokok elektrik datang dari Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan, karena alasan kesehatan. Pasalnya di dalam rokok elektrik terkadung nikotin dan zat yang berbahaya bagi kesehatan. Rencananya penghentian impor rokok elektrik akan dituangkan ke dalam peraturan menteri perdagangan.
  8. Amerika Serikat mengutuk ‘pembunuhan massal brutal’ 30 umat Kristen Ethiophia oleh kelompok militant ISIS. Hal itu diungkapkan juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS Bernadette Meehan. Penembakan dan pemenggalan tersebut muncul dalam video terbaru ISIS. Dalam video, ISIS terlihat menyandera dua grup tahanan di lokasi berbeda di Libya. Terdapat tulisan di cuplikan tersebut ‘Pengikut salib dari Gereja Ethiopia’. Meehan mengecam pembunuhan berdasarkan agam dan mengatakan Amerika Serikat akan melawan setiap tindakan teror yang menghancurkan kemanusiaan.
  9. Pemerintah Indonesia menyampaikan protes kepada Pemerintah Arab Saudi karena tidak menyampaikan notifikasi mengenai waktu pelaksanaan hukuman mati warga negara Indonesia Siti Zaenab Binti Duhri Rupa. Kemenlu RI baru mengetahu kematian Siti setelah KJRI Jeddah mendapatkan laporan dari pengacara Khudran Al Zahrani. Sementara Pemerintah Saudi tidak menyampaikan kabar eksekusi pada pemerintah RI maupun keluarga Siti. Siti merupakan terpidana mati kasus pembunuhan terhadap istri pengguna jasanya. Eksekusi Siti dilakukan pada Selasa (14/4) waktu setempat setelah keluarga korban tidak memberi maaf kepada terpidana. Belum selesai kasus Siti, ada lagi TKI bernama Karni binti Medi Tarsim, yang dihukum mati di Madinah, Arab Saudi dengan ancaman kasus hokum zina dan sihir. Pemerintah meminta kejelasan terkait keputusan pemerintah Arab Saudi
  10. Presiden Jokowi menjelaskan kebijakannya mengambil keputusan untuk menghapus subsidi BBM, khususnya premium merupakan bentuk upaya pemerintah memperbaiki kesalahan masa lalu dengan mengalihkan subsidi BBM ke infrastruktur lainnya. Presiden menyadari, pengalihan dana subsidi menimbulkan pertanyaan besar di masyarakat, apalagi hasil pengalihan belum terlihat. “Kita membuat keputusan sulit, memang pahit, tapi memang tidak boleh lama-lama. Rakyat bertanya kemana duitnya?” papar Presiden. Dijelaskanya, uang subsidi BBM dialihkan ke infrastruktur lainnya yang diyakininya akan berdampak baik untuk Indonesia yang akan datang.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/76668

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1