1. Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan-Sandi Uno menang atas Cagub dan Cawagub DKI, Ahok-Djarot pada putaran kedua Pilkada DKI, yang diselenggarakan Rabu (19/4/2017) lalu. Anies-Sandi ungguli Ahok-Djarot di enam wilayah di DKI.
  2. Jaksa Penuntut Umum (JPU) sidang kasus dugaan penodaan agama menyatakan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersalah. Tuntutan dibacakan dalam sidang ke-20 yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di auditorium Kementrian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017). Tim jaksa penuntut umum kasus dugaan penodaan agama menuntut agar Ahok dinyatakan bersalah dan dihukum 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.Tuntutan tersebut disusun berdasarkan dakwaan terhadap Ahok. Adapun Ahok didakwa dengan dakwaan alternatif antara Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP. Jaksa memilih untuk membuktikan unsur dalam salah satu pasal, yakni Pasal 156 KUHP. Menurut jaksa, perbuatan Ahok telah memenuhi unsur-unsur dalam pasal tersebut.
  3. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence membahas sejumlah hal saat melakukan pertemuan yang biasa disebut veranda talk di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/4/2017) pagi ini. Jokowi mengatakan, salah satu isu yang dibahas adalah mengenai komitmen AS untuk meningkatkan kemitraan strategis dengan Indonesia. Kemitraan strategis ini akan fokus pada bidang bidang kerja sama dan investasi. Selain itu, Indonesia juga sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian. Mike Pence tiba di Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusumia pada Rabu malam pukul 23.30 WIB. Wapres Pence didampingi istrinya Karen Pence dan dua putrinya tiba menggunakan pesawat kepresidenan United States of America bernomor 80002.
  4. Politisi Partai Golkar Erwin Aksa mengatakan, kedatangan calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan helikopter untuk menemui Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota tidak bermaksud untuk gaya-gayaan. Erwin mengatakan, untuk menghindari pandangan tersebut, tempat pendaratan dilakukan di lokasi yang jauh dari area publik dan kecil kemungkinannya untuk diketahui oleh masyarakat. Erwin heran informasi tersebut beredar luas ke masyarakat. Erwin menilai, ada pihak-pihak yang dengan sengaja ingin menimbulkan kesan negatif terhadap Anies. Anies dan Ahok bertemu di Balai Kota, Kamis (21/4/2017), untuk membahas mengenai program kerja Pemprov DKI Jakarta 2018 dan rekonsilitasi antar pendukung Anies dan Ahok. Sebelumnya, Anies mengaku dipinjamkan helikopter oleh Erwin Aksa saat hendak menemui Ahok.
  5. Natasha Gabriela (25) dan Natasha Rossdiana (25) mengalami kecelakaan mobil di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Keduanya tewas. Tabrakan maut itu terjadi pada Sabtu (22/3/2017) pukul 02.00 dini hari. Gabriela dan Rossdiana saat itu sedang dalam perjalanan pulang dari acara perpisahan bersama teman mereka yang dahulu pernah satu kampus. Keduanya pulang dengan mobil Toyota Avanza bernomor polisi B 1760 SOK, dengan Gabriela sebagai pengemudi. Tepat di Holand Bakery atau di Halte Transjakarta Mampang Prapatan, mobil yang ditumpangi keduanya menabrak truk tronton bernomor polisi B 9079 AE, yang sedang berhenti. Truk dengan pengemudi Hanafian (24) sedang berhenti di jalan tersebut untuk menurunkan barrier jalan terkait proyek underpass Mampang Prapatan.
  6. Akhir pekan lalu Presiden Jokowi menemani cucu pertamanya, Jan Enthes Srinarendra, untuk cukur rambut di Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Jokowi kemudian mengunggah foto kegiatan santai itu ke media sosial.
    Adalah Yulia Alvatina, barber woman yang mencukur rambut cucu Presiden Jokowi. Yulia mengaku momen itu bukanlah yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, cucu Jokowi yang bernama Jan Ethes Srinarendra ini juga pernah datang ke barbershop yang sama untuk cukur rambut. Mendapat kesempatan dan kepercayaan untuk mencukur rambut cucu seorang Presiden tentu bukanlah sebuah hal yang bisa dialami oleh semua orang. Namun, Yulia mengaku bahwa kesempatan itu bukanlah sebuah kesempatan yang terlalu istimewa baginya. Namun demikian, Yulia mengakui bahwa anak dari putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka bersama sang istri Selvi Ananda itu memang terlihat cerdas. Yulia menyebut, Jan yang baru genap berumur satu tahun bulan Maret lalu itu sangat santai menjalani proses cukur rambut.
  7. Ular sanca batik sepanjang 4 meter membuat geger warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ular itu ditemukan oleh pekerja penanganan sarana dan prasarana umum (PPSU) atau pasukan oranye yang tengah membersihkan gorong-gorong. Lokasi penemuan ular itu diketahui berada di Kompleks Depdikbud, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ular itu ditemukan Selasa (25/4/2017) sekitar pukul 11.20 WIB.
    Dari foto yang diterima, terlihat ular itu dimasukkan ke dalam sebuah karung. Ular itu kini telah dievakuasi. Namun belum jelas benar dibawa ke mana ular itu.
  8. Kondisi kesehatan Wali Kota Tri Rismaharini terganggu. Risma terpaksa meninggalkan ruang paripurna DPRD Surabaya lebih cepat meski tengah memaparan laporan pertanggungjawaban (LPJ) anggaran tahun 2016.
    Paripurna DPRD Surabaya selain membahas LPJ anggaran 2016 juga membahas raperda tentang bantuan hukum bagi warga, raperda tentang makanan siap saji serta penghapusan dua perda tentang pendirian menara telekomunikasi dan HO.
    Sementara Wali Kota Risma mengungkapkan LPJ anggaran 2016 Kota Surabaya berusaha dikaitkan dengan pembangunan kota dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia. Risma mengungkapkan, rendahnya angka pengangguran di Surabaya disebabkan Pemkot Surabaya bersama DPRD Surabaya bersama-sama membangun kota.
  9. Sebanyak 100 anggota Senat Amerika Serikat (AS) diminta hadir ke Gedung Putih, untuk mengikuti penjelasan soal situasi terkini Korea Utara (Korut). Penjelasan yang diberikan di Gedung Putih secara massal ini, tergolong langka. Dituturkan Sekretaris Pers Gedung Putih Sean Spicer, seperti dilansir Reuters, Selasa (25/4/2017), seluruh Senator AS diundang ke Gedung Putih untuk mendengarkan briefing atau penjelasan dari Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, Menteri Pertahanan Jim Mattis, Direktur Intelijen Nasional Dan Coats, dan Kepala Staf Gabungan Jenderal Joseph Dunford. Penyampaian briefing di Gedung Putih semacam ini jarang terjadi, karena biasanya para pejabat pemerintahan yang secara rutin mendatangi Capitol Hill — gedung parlemen AS — untuk memberikan briefing pada Kongres AS soal isu-isu kebijakan luar negeri.  Dituturkan seorang staf kongres, penjelasan yang akan digelar pada Rabu (26/4) waktu setempat ini awalnya dijadwalkan digelar di salah satu ruangan di Capitol Hill. Namun kemudian Presiden Donald Trump meminta agar briefing dipindah ke Gedung Putih.
    Menurut staf kongres itu, digelarnya briefing di Gedung Putih menggarisbawahi pesan penting untuk Korut, bahwa AS serius soal pergeseran posisi dalam kebijakan luar negerinya.
  10. Menko Polhukam Wiranto mengapresiasi pemerintah daerah yang menggunakan sistem teknologi informasi (TI) dalam pelayanan publik seperti e-government. Bila e-government terus dikembangkan, maka program sapu bersih pungutan liar (saber pungli) tidak perlu dilanjutkan karena potensi pungli hilang otomatis dengan penerapan teknologi pada layanan publik. Hal ini diutarakan Wiranto di sela puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXI Tahun 2017 di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (25/4/2017). Wiranto bicara soal tema puncak peringatan hari Otda mengenai semangat otonomi daerah dengan peningkatan kinerja pelayanan publik melalui e-government. Sistem tersebut menurut Wiranto sudah diterapkan di sejumlah daerah. (1009)