logo top 10

  1. Setelah diuji coba selama sepekan, bus wisata tingkat, mulai Senin (24/2) resmi dioperasikan untuk para turis/ warga yang ingin berkeliling Jakarta. Bus beroperasi mulai pukul 09.00 WIB dari Monumen Nasional dan dilengkapi dengan pemandu wisata. Lima bus tingkat akan melintasi rute sejauh 11 kilometer dengan waktu tempuh rata-rata 1,5 jam. Bus akan berhenti di tempat pemberhentian yang telah ditentukan. Untuk tiga bulan pertama, penumpang tidak dikenakan tiket, selanjutnya tiket akan disebar di hotel-hotel yang dilintasi bus tingkat wisata.
  2. Penanganan darurat erupsi Gunung Kelud masih terus dilakukan hingga kini. Berdasarkan hasil rapat koordinasi pada 23 Februari disebutkan masih ada sekitar 3.896 jiwa mengungsi. Sementara untuk rumah yang rusak sebanyak 8.452 rumah di tiga  kabupaten, Kediri, Blitar dan Malang. Kepala Pusat Data Infoemasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo menyebutkan sementara dana yang dibutuhkan untuk rehabilitas rumah korban Gunung Kelud mencapai Rp 25, 95 miliar. Estimasi biaya berdasarkan asumsi Program RS-RTLH (rehabilitasi sosial rumah tak layak huni) yang dikenakan masing-masing sebesar Rp 6 juta per rumah.
  3. Komnas Perlindungan Perempuan mendesak DPR RI untuk segera membahas dan mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga yang saat ini sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Selain itu, Komnas Perempuan juga mendesak pemerintah untuk meretifikasi ILO 189 tentang Kerja Layak bagi PRT. Konvensi ini merupakan standar internasional yang mengakui dan mengatur kerja layak bagi pekerja rumah tangga.
  4. Hujan yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (22/2) membuat Ibukota kembali digenangi air. Ketinggian air di beberapa wilayah bervariasi antara 30 hingga 50 sentimeter. Di wilayah Jakarta Timur, banjir 1,5 meter masih merendam wilayah Kampung Pulo dan Bidara China. Banjir dialami 3 RW yang menyebabkan sebagian warganya mengungsi, namun beberapa warga lebih memilih bertahan di lantai dua rumahnya. Kendati intensitas hujan tinggi, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo enggan memperpanjang status darurat banjir Jakarta.
  5. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan seluruh partai politik peserta pemilu soal potensi penerimaan gratifikasi oleh calon legestalif (caleg). Melalui surat resmi KPK menyurati 15 ketua umum parpol peserta pemilu, termasuk tiga parpol lokal di Aceh. Menurut juru bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo, KPK mengingatkan bila ada caleg DPR, DPD, DPRD yang masih menjabat sebagai anggota DPR, DPD, DPRD atau posisi lainnya yang dikategorikan penyelenggara negara atau pegawai menerima dana kampanye atau penerimaan dalam bentuk lain, maka itu termasuk dalam kategori gratifikasi. KPK menghimbau untuk memberikan gratifikasi kepada penyelenggara pemilu. Bila terpaksa atau telah menerima, maka penyelenggara negara wajib melaporkan kepada KPK selambat-lambatnya 30 hari kerja sejak terhitung penerimaan gratifikasi.
  6. Mulai pekan depan Candi Borobudur sudah bisa dikunjungi wisatawan. Paska meletusnya Gunung Kelud, Candi Borobudur sempat tertutup abu vulkanik sehingga terpaksa harus ditutup. Koordinator Pemanfaatan dan Layanan Masyarakat Balai Konservasi Borobudur, Pangga Ardiansyah mengatakan, proses pembersihan candi melibatkan 300 relawan, sehingga candi bisa lebih cepat dikunjungi wisatawan kembali. Relawan dari berbagai kalangan  mulai pelajar, turis, pemandu wisata, karyawan hotel hingga pedangan asongan, bekerjasama membersihkan cagar budaya warisan Indonesia.
  7. Kebocoran karbon monoksida yang terjadi di sebuah restoran Seafood di Long Island, New York, Amerika Serikat memakan korban jiwa. Akibatnya 1 orang tewas dan puluhan orang lainnya dilarikan ke rumah sakit. Korban tewas  akibat kebocoran gas adalah manajer restoran itu sendiri. Sementara 27 korban lainnya termasuk empat orang petugas medis dan tiga polisi setempat harus dilarikan ke rumah sakit karena menghirup terlalu banyak karbon monoksida.
  8. Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake berbicara di hadapan para wartawan internasional yang tergabung dalam Jakarta Foreign Correspondent Club (JFCC). Dalam kesempatan tersebut, Dubes AS memaparkan prioritas-prioritas dalam hubungan bilateral serta hasil-hasil yang dicapai dari kunjungan Menteri Luar Negeri AS John Kerry. Para wartawan, diplomat, serta perwakilan korporasi bertanya mengenai pemilu yang akan datang, prospek hubungan dagang dan investasi kedua negara, serta dampak dari kebijakan export barang tambang. Bapak Duta Besar juga menyinggung hubungan Indonesia-Australia, peran Cina di kawasan, dan perubahan bentuk program bantuan AS di Indonesia, yang tercermin dalam the Millennium Challenge Corporation serta nota kesepahaman mengenai Kerjasama Selatan-Selatan dan Kerjasama Segitiga.
  9. Hujan deras pada Sabtu (22/2) menyebabkan banjir yang disusul longsor terjadi di Kota Jayapura Provinsi Papua. Longsor terjadi di 3 lokasi yaitu di Distrik Jayapura Utara, Distrik Abepura, dan Distrik Jayapura Selatan. Insiden ini menewaskan 11 orang. Bencana ini juga menyebab sedikitnya 15 rumah rusak berat, 40 unit rumah rusak ringan. Hujan deras mengakibatkan banjir bandang yang membawa matrial berat dan menghantam rumah penduduk. Banjir berasal dari Sungai Ato, Sungai Anapri dan Sungai STM.
  10. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada karena ancaman banjir di wilayah Jabodetabek akan berlangsung hingga akhir Maret 2014. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Minggu (23/2), mengatakan, masyarakat di daerah rawan banjir harus tetap waspada. “Ancaman banjir akan berlangsung hingga akhir Maret 2014 nanti, karena saat ini sesungguhnya masih musim penghujan,” katanya. Sutopo meminta masyarakat untuk selalu mewaspadai banjir dan longsor. “Siapkan barang yang bisa digunakan untu darurat. Jika di jalan berhati-hatilah selalu” katanya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?61980

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :