1. Presiden Joko Widodo kembali melakukan perombakan kabinet (reshuffle), setelah mengintruksikan jajaran menteri untuk tidak meninggalkan Jakarta, akhirnya pengumuman perombakan kabinet tiba. Rabu (27/7) secara resmi Presiden mengumumkan reshuffle jilid II. Ada sembilan nama baru yang masuk dalam jajaran Kabinet Kerja, sementara empat menteri bergeser posisi. Berikut nama menteri baru Kabinet Kerja jilid II, Menko Kemaritiman : Luhut Binsar Panjaitan, Menko Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas : Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN : Sofyan Djalil, Menko Polhukam : Wiranto, Menteri Keuangan: Sri Mulyani, Menko Desa dan PDTT : Eko Putro Sandjojo, Menteri Perhubungan : Budi Karya Sumadi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan : Mujahir Effendy, Menteri Perdagangan : Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian: Airlangga Hartanto, Menteri ESDM : Arcandra Tahar, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi : Asman Abnur dan Kepala BKPM : Thomas Lembong
  2. Ima Matul, eks korban human trafficking diundang untuk berbicara dalam Konverensi Partai Demokrat (26/7). Mantan pembantu yang kini aktif di organisasi CAST (Coalition Againts Slavery and Trafficking) ini diundang berpidato dalam Kovensi Partai Demokrat. Dalam pidatonya Ima berbicara tentang pengalamannya sebagai korban human trafficking. Wanita asal Malang Jawa Timur ini juga menyinggung program untuk mengurangi perbudakan dan  perdagangan manusia yang dilakukan oleh Hillary Clinton.
  3. Uji coba sistem ganjil genal mulai diberlakukan pada Rabu (27/7). Penerapan ganjil genap disesuaikan dengan tanggal dalam kalender. Jika tanggal ganjil maka kendaraan diperbolehkan melintas adalah pelat gajil, begitupun sebaliknya. Dalam pelaksanaan uji coba Polda Metro jaya menegaskan akan mengambil tindakan tegas jika ada kendaraan roda empat yang menggunakan pelat nomor palsu akan dipidanakan. Sanksi maksimal 2 bulan penjara dan denda Rp 500 ribu.
  4. Pemerintah akan terus melakukan vaksin ulang anak-anak yang sebelumnya diduga mendapat vaksin palsu. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan saat ini sudah ada 536 anak yang telah mendapatkan vaksin ulang. Ia memastikan vaksinasi tersebut aman, sebab menggunakan takaran dosis yang telah ditentukan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).
  5. Kementerian Perindustrian resmi meluncurkan sepatu buatan Indonesia bermerek ‘Ekuator’. Sepatu pria dewasa berkualitas premium didesain dengan 7 model pilihan, yakni Sumatra, Java, Bali, Madura, Brebes, Papua dan Borneo. Sepatu yang telah dirintis selama tiga tahun itu diambil dari letak geografis Indonesia, agar lebih menarik lagi sepatu dikemas dalam kardus yang dilengkapi dengan kain pembersih, sikat, semir dan tali cadangan juga cairan pembersih. Dengan kualitas premium, Ekuator dibandrol dengan harga Rp 2,5 juta dengan potongan Rp 500.000 untuk pembeli pertama.
  6. Menanti eksekusi mati jilid III. Kejaksaan Agung menyatakan waktu eksekusi mati jilid III sudah semakin dekat. Meski belum diketahui kapan tepatnya eksekusi akan dilaksanakan, disinyalir jumlah terpidana mati yang akan dieksekusi sebanyak 16 orang. Berbagai persiapan baik pengamanan Lapas Nusakambangan, persiapan berkas notifikasi ke kedutaan masing-masing terpidana mati sudah dilakukan. Mabes polri pun telah menyiapkan satuan regu tembak eksekusi mati jilid III.
  7. Gembong teroris kelompok Mujahiddin Indonesia Timur (MIT), Santoso dan tangan kanannya Basri tewas setelah baku tembak dengan Tim Satgas Operasi Tinombala di daerah Tambaran, Poso, Sulawesi Tengah (18/7). Sebagai salah satu kelompok teroris paling dicari di Indonesia, informasi tewasnya Santoso dan Basri cukup menyita perhatian publik. Tujuh hari paska baku tembak di hutan Poso, Jumiatun istri Santoso yang sempat melarikan diri akhirnya menyerahkan diri.
  8. Belum usai kasus vaksin palsu, kini muncul pemalsuan lain yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu. Kartu Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan palsu ditemukan di Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Kasus ini terkuak saat sejumlah warga mengeluh klaim pengobatan yang ditolak, baik di rumah sakit maupun pihak puskesmas setempat. Kasus ini tengah ditangani pihak terkait, pemerintah pun kini mengambil langkah untuk mengantisipasi BPJS palsu.
  9. Hujan deras disertai air pasang menimbulkan banjir bandang di empat desa di Kecamatan Labuan dan dua desan di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat. Hujan deras menyebabkan longsor di perbukitan, diikuti banjir bandan dan air laut pasang itu menewaskan empat orang yang melintas di Jalan Raya Carita Labuan KM 9 Desa Sukajadi, Kecamatan Carita. Mobil yang ditumpangi terjebak lumpur setinggi 50 cm dan korban diduga keracunan gas monoksida. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo, sebanyak 285 keluarga terdampak langsung banjir.
  10. Modus pemalsuan makam terkuak. Setelah menemukan 28 makam fiktif di Pondok Rangon, Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur kembali menelusuri 30 tempat makam fiktif. Dari sidak itu, petugas kembali menemukan 45 makam yang teridentifikasi palsu. Makam palsu merupakan sepetak tanah yang sudah dibeli warga, untuk persiapan kuburan anggota keluarga atau dengan kata lain modus makam palsu memanfaatkan kuburan kosong yang dipasangi batu nisan. Penulisan nama dan pemasangan batu nisan palsu diduga menjadi modus pembuatan makam fiktif untuk mendapatkan keuntungan.