1. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menegaskan, pemerintah tak pernah melarang wartawan asing untuk meliput Papua. Sebab, sejak tahun 2014 lalu sudah ada 22 wartawan asing yang bisa meliput daerah Papua. Retno menjelaskan, jika ada penolakan, itu dikarenakan syarat administrasi kurang atau karena keamanan tidak kondusif. “Papua daerah tertutup itu tidak ada” tegas Retno. Setelah ada kebijakan Presiden Joko Widodo terhadap wartawan asing dibebaskan untuk meliput Papua, menurut dia dunia internasional mengapresiasi pemerintah Indonesia. “Pemerintah tak melarang pers internasional untuk datang ke Indonesia” kata Presiden. Dengan keputusan Presiden tersebt, Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan bahwa pihaknya akan mendampingi para jurnalis asing dalam setiap liputan di Papua. Moeldoko menginginkan tanah Papua tetap berjaga dari setiap pergerakan mata-mata asing, karenanya mendampingi pers asing sudah menjadi keharusan yang dilakukan TNI.
  2. Presiden Joko Widodo menerima Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Kantor Kepresidenan. Menteri Susi melaporkan pencabutan izin beberapa perusahaan yang dianggap melakukan praktik pencurian ikan atau illegal fishing. Selain itu, Susi juga melaporkan adanya penyitaan ikan yang dilakukan pihaknya dalam jumlah yang besar. Menteri Susi melaporkan kapal-kalap Filipna yang masih banyak di perairan wilayah Sulawesi Utara.
  3. Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menolak pengajuan gugatan terpidana mati asal Prancis, Serge Aresk Atloui. Serge mengajukan perlawanan setelah permohonan grasinya dimentahkan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam putusannya, Hakim Ketua Ujang Abdullah memastikan PTUN menolak pengajuan gugatan terhadap SK grasi presiden yang didaftarkan pada Kamis 23 April 2015 lalu. “Majelis menolak perlawanan gugatan dan mengatakan ketetapan ketua nomor 71/g/2015 dipertahankan” kata Ujang. Serge merupakan terpidana mati yang akan dieksekusi bersamaan dengan pelaksanaan hukuman mati. Namun, di saat-saat terakhir, ia lolos dari eksekusi karena mendaftarkan gugatan. Dengan penolakan tersebut alhasil upaya hukum Serge pupus.
  4. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta seluruh pihak untuk tidak ada anak beraktivitas di jalanan dengan menjadi peminta-minta, terutama memanfaatkan momen Ramadhan. Komisioner bidang pendidikan KPAI Susanto mengatakan, KPAI meminta kepada dinas pendidikan, sekolah, orang tua dan pihak-pihak lainnya untuk memastikan tidak ada anak yang dieksploitasi dan dimanfaatkan untuk mengemis.
  5. Bertepatan dengan HUT Kota Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama secara resmi menerima penyerahan 20 bus gandeng dari PT United Tractors selaku Agen Pemengan Merek (APM) Scania. Bus yang akan dikelola PT TransJakata merupakan kado bagi warga Jakarta. Saat meresmikan serah terima bus di Taman Monas, Ahok mengaku optimis bahwa pengadaan bus articulated buatan Swedia ini jauh lebih aman dan nyaman. Bus gandeng Scania memiliki beberapa keunggulan, yaitu daya tahan dan standar keamanan serta kenyamanan yang tinggi, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Tak segan-segan Ahok mengutarakan kebahagiaannya karena kini DKI Jakarta bisa memiliki bus dengan kualitas kelas dunia.
  6. Merayakan ulang tahun DKI Jakarta ke 488 Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ingin seluruh transaksi di Jakarta tanpa uang tunai. Ia bertekad, akhir tahun ini seluruh Transjakarta menggunakan e-Money. Dengan sistem e-Money pendataan terhadap orang-orang yang melakukan transaksi mudah dilakukan. Menurut dia, uang tunai menjadi masalah di Jakarta. Ahok berambisi seluruh warga di Jakarta memiliki dan menggunakan e-money. Warga dengan tingkat keuangan rendah sekalipun harus memiliki tabungan di bank.
  7. Istri Menteri Dalam Negeri Israel, Silvan Shalom melontarkan kata-kata rasis mengenai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Namun wanita bernama Judy Shalom Nor-Mozes itu telah menghapus dan meminta maaf atas komentarnya di twitter tersebut setelah menuai banyak kecaman. Lewat akun twitternya, wanita selebriti Israel itu menulis “Apa kalian tahu apa itu Kopi Obama? Hitam dan lemah”. Namun kecaman, protes dan tudingan dirinya rasis telah mendorong wanita itu menghapus postingan tersebut. “Saya minta maaf, itu lelucon bodoh yang diberitahukan seseorang pada saya” tulisnya lagi untuk mengklarifikasi. “Presiden Obama, tidak seharusnya saya menulis lelucon tak pantas yang saya dengan itu. Saya menyukai semua orang apapun ras dan agama mereka” tulisnya lagi.
  8. Pemerintah mengklaim harga sejumlah barang kebutuhan pokok (sembako) di awal bulan Ramadhan ini mengalami penurunan. Pasokan yang cukup dan koordinasi intens di antara lembaga menjadi kunci penurunan harga. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi dan pantauan lapangan sejumlah sembako mengalami penurunan. Meski ada beberapa jenis yang masih naik, Mendag yakin tidak akan berlangsung lama, pasalnya panen akan segera tiba dan kebutuhan akan terpenuhi dan harganya akan stabil hingga minggu kedua puasa.
  9. Emisi karbon dan konsumsi bahan bakar dari truk, van serta mobil bak terbuka akan kembali dikurangi sebesar 16 persen secara bertahap di Amerika Serikat. Regulasi ini akan ditegakkan mulai 2021 -2027. Dikutip Automotive News, aturan tersebut merupakan program nasional yang diawasi oleh EPA dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Kedua organisasi ini juga menjadi bagian dalam pengurangan emisi dan konsumsi bahan bakar secara besar-besaran.
  10. Indonesia kembali gencar memperkuat pertahanan dalam negeri. Pembelian besar-besaran segera dilakukan, tujuannya adalah untuk mengganti peralatan tempur mesin perang yang sudah usang dengan yang baru. Meski sempat terhambat karena kebijakan pemerintah AS dan sekutunya yang mengembargo pembeliuan senjata, Indonesia tetap berupaya melakukan pembelian, salah satunya dengan Rusia demi mendatangkan Sukhoi Su-27. Berakhirnya embargo senjata membuat Indonesia lebih gencar mencari alutsista baru dari berbagai negara. Rencana-rencana pembelian persenjataan tidak hanya jadi sorotan dalam negeri, tapi juga dunia.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/78141

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1