logo top 10

  1. Sukses dengan lelang jabatan kepala desa atau lurah, kini Pemprov DKI kembali melakukan lelang untuk jabatan kepala sekolah. Proses seleksi dibuka melalui media massa mulai senin 25 November 2013. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berharap lelang jabatan atau seleksi terbuka untuk jabatan kepala sekolah tingkat SMA dan SMK Negeri dapat meningkatkan mutu pendidikan di Ibu Kota. Menurutnya, lelang jabatan untuk kepala sekolah membuktikan bahwa untuk menempatkan seseorang tidak berdasarkan subyektivitas suka atau tidak suka, namun berdasarkan kemampuan.
  2. Pemerintah menaikkan status Gunung Sinabung dari siaga (level III) menjadi awas (level IV) terhitung sejak Minggu 24 November 2013. Sejak itu pula gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini terus meletupkan lava pijar dan menyemburkan abu vulkanik. Dari cacatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Gunung Sinabung telah 19 kali erupsi. Diperkirakan jumlah pengungsi kini mencapai 15 ribu jiwa. Terkait lonjakan pengungsi, BNPB telah mengirimkan bantuan logistik dan berbagai kebutuhan bagi para pengungsi.
  3. Presiden SBY secara resmi membuka secara langsung pertemuan budaya tingkat dunia atau World Cultur Forum (WCF) di Nusa Dua, Bali. Forum yang diikuti perwakilan dari 40 negara ini bertujuan untuk mempromosikan budaya, serta diskusi antarbudaya yang berpotensi mempererat dunia. WCF akan berlangsung mulai 24-27 November di Bali. WCF merupakan forum yang mendiskusikan ide-ide yang nantinya dimasukan ke dalam agenda pembangunan berkelanjutan pasca 2015. Forum tersebut lahir dari inisiatif saat debat yang digelar di markas besar PBB di New York, Amerika Serikat, terkait dengan peran signifikan budaya dalam pembangunan.
  4. Pembatasan jam tayang iklan rokok di media televisi rupanya belum mampu mencegah anak untuk menjadi perokok. Karena itu Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendesak agar DPR dan pemerintah segera melarang berbagai bentuk iklan dan promosi rokok. Wakil Ketua KPAI Iswandi Mourbas menyatakan, segala pelarangan promosi dan iklan rokok harus segera dilakukan. Mengingat 90 persen lebih anak Indonesia menjadi perokok akibat terpengaruh iklan rokok. Data KPAI saat ini diperkirakan 38,4 persen anak-anak adalah perokok pemula.
  5. Menginginkan Joko Widodo maju ke Pemilu 2014, relawan Jokowi terus melakukan aksi dukungan untuk mendukung Jokowi dengan mendirikan 10 ribu posko di seluruh desa di Indonesia. Program tersebut dinilai sebagai langkah nyata mewujudkan perubahan dengan mengusung calon presiden yang diinginkan rakyat. Nantinya Posko akan dimanfaatkan sebagai tempat pengumpulan tanda tangan petisi, sekaligus arena sosialisasi. Posko ditandai dengan spanduk 100×100 cm2, tercantum nomor telepon posko. Di posko tersebut nantinya rakyat bisa memberi dukungan melaui petisi yang ditandatangani dan menyertakan fotokopi KTP dan cap jempol.
  6. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mulai Senin (23/11) memperbolehkan polisi wanita (Polwan) mengenakan jibab bertugas. Intruksi langsung dari Kapolri Jenderal Pol Sutarman ini disambut baik oleh anggotanya. Intruksi penggunaan jilbab ini bukanlah aturan baku yang wajib dijalankan, melainkan kebijakan ini hanya sebatas kebebasan bagi anggota Polwan yang ingin berjilbab. Sejumlah polwan diberbagai polrek dan polres menyambut gembira aturan ini, dan banyak diantaranya menggunakan kerudung saat bertugas. Meski telah ada izin kepada Polwan untuk memakai jilbab, namun Polda Metro Jaya akan terus mengevaluasi penggunaan jilbab bagi Polwan muslim yang bertugas agar tidak menggangu aktivitas dan pekerjaannya.
  7. Pemerintah meniadakan ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah dasar (SD) pada 2014. Peniadaan ini berkaitan dengan berlangsungnya pemilihan umum (pemilu) legislatif. Pemerintah menyerahkan ujian bagi siswa SD kepada provinsi. Sedangkan UN untuk SMP/MTs dan SMA/MA/SMK tahun depan tetap diselenggarakan pada bulan April usai pemilu.
  8. Para pengendara yang menerobos busway atau jalur bus Transjakarta harus membayar denda maksimal mulai hari ini. Penerapan aturan denda maksimal itu telah disepakati dalam rapat antara Pemerintah Provinsi DKI, Polda Metro Jaya, Kejaksaan, dan Pengadilan, pada Jumat 22 November pekan lalu. Semula, denda yang diterapkan untuk para pengendara penerobos jalur Transjakarta sebesar Rp 500 ribu untuk pengendara roda 2 dan Rp 1 juta untuk pengendara roda 4. Namun akhirnya denda yang diberlakukan antara roda 2 dan 4 sama-sama Rp 500 ribu. Dalam operasi selama 26 hari, sebanyak 6.269 sepeda motor, kendaraan pribadi 1.154, angkutan umum sebanyak 718 dan kendaraan beban ada 139.
  9. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan telah menyediakan uang Rp 100 milar yang siap digunakan sewaktu-waktu saat terjadi bencana di wilayah Indonesia. Anggaran tersebut akan bertambah jika dalam penggunaannya kelak tidak mencukupi, pasalnya saat terjadi bencana tidak bisa diprediksi berapa jumlah anggaran yang dibutuhkan karena bukan hal yang terencana. Dana miliaran rupiah itu akan digunakan untuk mengatasi bencana yang terjadi pada tahun 2014. Bencana meliputi banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan gunung meletus.
  10. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan pada akhir 2013 atau memasuki 2014, wilayah DKI Jakarta akan mengalami peningkatan curah hujan. Yakni terhitung pada Desember 2013 hingga Maret 2014. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan banjir di beberapa wilayah di Jakarta. untuk itu BNPB akan kembali menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (MTC).  Program lain yang dilakukan untuk pencegahan banjir Jakarta ialah rekontruksi Waduk Pluit, Wadung Rio-rio, pembuatan unit sumur resapan, pembersihan sampah di sungai utama, optimalisasi pompa, penambahan pintu air, drainase dan pengerukan kali besar.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60201

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :