1. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhirnya terwujud, hal ini ditandai dengan disepakatinya , dan ditandatangani MEA ASEAN oleh para pemimpin dari 10 anggota ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia (22/11).  MEA secara resmi berlaku pada 31 Desember mendatang.
  2. Presiden Joko Widodo mengharapkan kemitraan ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dapat mendukung tercapainya kawasan dan masyarakat ASEAN yang aman, damai, stabil dan makmur. Keinginan tersebut disampaikan pada KTT ke 7 ASEAN-PBB di Kuala Lumpur. Presiden menggaris bawahi tindak prioritas kerjasama di masa datang. Prioritas pertama yaitu mendorong implementasi rencana Kerja ASEAN-PBB tahun 2016-2020. Ada pun empat sektor prioritas adalah UMKM, maritime, ketahanan pangan dan menanganan migrasi ilegal.
  3. Dalam usaha menenangkan rakyat Amerika, Presiden Barack Obama mengatakan, kelompok ISIS ‘tidak akan bisa melancarkan pukulan mematikan’ terhadap Amerika dan dia memperingkatkan bahwa reaksi berlebihan atas serangan di Paris merupakan hal yang diinginkan teroris. “Kita akan menghancurkan organisasi teroris ini” kata Obama. Mengakhiri lawatannya ke Asia, Obama meminta warga Amerika untuk tidak membiarkan momok terhadap teror membuat mereka mengubah nilai-nilai atau mengubah cara hidup mereka.
  4. Aksi teror global ISIS telah membuat keprihatinan pihak PBB, Sekjen Ban Ki-Moon pun menyerukan agar pihak Amerika Serikat dan Russia bersatu padu untuk memberantas kelompok teroris. Seruan Ban Kim-Moon dilontarkan saat menghadiri KTT ASEAN di Kuala Lumpur. “Para teroris beserta ideologi ektremis harus dikalahkan atas nama kemanusiaan”kata Ban. “Kita perlu bersatu. Kita perlu memperlihatkan rasa solidaritas global untuk misi memberantas ISIS maupun para ekstremis dan kelompok-kelompok teroris lainnya” imbuh Ban.
  5. Para pemimpin negara dunia diundang untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim yang dimulai pada 30 November di Paris. Diwartakan pihak kantor Kepresidenan Prancis hingga Minggu (22/11) belum ada yang membatalkan agenda kedatangan, paska tragedi berdarah yang menewaskan 130 orang karena serangan teroris.
  6. Gempa bumi yang menguncang Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara sejak 16 -21 November telah menyebabkan 370 rumah rusak. Gempa terus menerus terjadi dengan pusat gempa 61 km Timur Laut Ternate. Pada 20 November terjadi gempa sebanyak 130 kali dalam kurun waktu 16 jam. Gempa ditimbulkan tidak besar yaitu kurang daari 5 SR namun guncangannya cukup kuat di Kecamatan Jailolo.
  7. ISIS disebut akan melancarkan serangannya ke sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, ISIS diduga akan menyerang Masjid Al Jihad yang berada di Karawang, Jawa Barat. Terkait Juru Bicara Badan Negara Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irfan Idris mengaku belum mengetahui ancaman terorisme. Namun pihaknya akan selalu waspada terhadap segala ancaman terorisme. Dia juga meminta informasi tersebut dicermati lagi. “Kita tetap meningkatkan kewaspadaan apapun itu. Tapi kita juga harus melakukan klarifikasi, jangan-jangan isu provokatif yang merugikan kita. Apapun itu, dari sumber manapun, kita tegaskan tetap akan waspada” paparnya. Isu rencana serangan ISIS ke Indonesia terungkap dari pembicaraan mereka di forum yang berhasil diretas oleh kelompok hecker Anonymous.
  8. Kemkominfo resmi menutup 22 situs musik ilegal karena dinilai telah melanggar hak cipta. Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) mencatat ada 6 juta unduhan lagu dilakukan lewat situs ilegal. Berdasarkan data ASIRI pengakses 22 situs mencapai 430 ribu setiap bulan dengan perkiraan kerugian Rp 6,6 miliar setiap bulan.
  9. Perpustakaan dan museum Presiden Pertama RI, Ir Soekarno resmi dibuka di Denpasar, Bali. Koleksi perpusatakaan dan museum ini terdiri dari tulisan pidato, dan buku yang dibaca dan ditulis Bung Karno. Selain itu, museum juga mengoleksi benda pusaya yang mewarnai jalan hidup Bung Karno sejak kecil hingga menjadi presiden. Ada kursi, radio, tempat tidur, koleksi lukisan dan ratusan foto sejarah hidup Bung Karno. alamat perpustakaan dan museum Ir Soekarno berada di Jl Raya Puputan, Denpasar, Bali.
  10. Mengantisipasi serangan teror yang dilakukan kelompok teror ISIS, Angkasa Pura II memperketat pengamanan di bandara. Director of Operations and Engineering Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo mengaku sudah mengkoordinasi jajarannya untuk meningkatkan pengamanan di bandara yang masuk ke dalam wilayah Angksa Pura II. Patrol terus ditingkatkan di area publik, area check in, dan sisi darah di seluruh bandara.