1. Lembaga Survei Indonesia (LSI) memperkirakan perolehan suara pada Pilkada DKI putaran kedua akan berlangsung ketat. Dua pasangan diperkirakan akan mendapatkan suara dengan perbedaan tipis. Hasil survei LSI menunjukkan Jokowi mendapat suara 44,1 persen. Unggul 0,1 persen dari Fauzi Bowo yang mendapat suara 44 persen. 11,9 persen responden menyatakan golput.
  2. Demonstrasi mengecam film anti-Islam berjudul ‘Innocence of Muslim’ terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Di Solo, Jawa Tengah misalnya, sekelompok massa berunjukrasa dan menuntut pembuat film tersebut untuk meminta maaf kepada seluruh umat Muslim di dunia. mereka juga menuntut permintaan maaf dari Amerika Serikat, negara dimana film itu dibuat. Tuntutan lain adalah agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan hubungan diplomatik dengan negara Amerika Serikat. Unjuk rasa menentang film anti-Islam ini pun diwarnai sejumlah aksi kekerasan. Sepulang berdemonstrasi, beberapa orang peserta menghampiri dua restoran cepat saji asal AS dan memaksa pengelola untuk menutup tempatnya. Mereka juga mengusir pegawai dan pengunjung yang tengah makan.
  3. Pendakian ke puncak Merapi masih dilarang untuk sementara waktu, sejak terdengar gemuruh oleh warga sekitar pada sebulan lalu. Namun kondisi tersebut tidak dihiraukan para pendaki yang jumlahnya semakin meningkat. Selama pekan ini pendaki bahkan mencapai ratusan orang. Para pendaki yang datang dari beberapa daerah seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, Jakarta dan Boyolali, bahkan ada pendaki dari mancanegara seperti Prancis, Belanda dan Singapura. Mereka ke puncak Merapi biasanya untuk menikmati keindahan pemandangan alam.
  4. Seorang remaja diduga teroris ditangkap Federal Bureau of Investigation (FBI) di Chicago pada Jumat (14/6). Remaja yang bernama Adek Daound yang berusia 18 tahun itu ditangkap ketika akan mencoba meledakan sebuah bar di pusat kota Chicago. Sebelumnya Adel memang sudah diawasi oleh FBI, karena ia sempat memberi komentar di sebuat situs tentang aksi jihad dan upaya untuk membunuh warga AS. Tersangka ditangkap melalui sebuah operasi penyamaran agen FBI. Sebelum ditangkap, agen FBI itu berpura-pura menawari tersangka dengan bom palsu. Adel dijadwalkan akan disidangkan pada Senin (17/9), dan jika terbukti bersalah ia akan diancam hukuman maksimal seumur hidup.
  5. Band Noah meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah berhasil menggelar konser di lima negara, dua benua dalam waktu 24 jam. Konser bertajuk ‘Born to Make History’ itu digelar perdana di Melbourne, Australia (16/9) dini hari, dilanjutkan ke Hongkong, Malaysia, Singapura dan berakhir di Gandaria City Mal, Jakarta (16-17/9) dini hari. Konser perdana Noah dipadati ribuan penonton dan penggemar.
  6. Satu lagi putra bangsa yang berhasil mengharumkan nama Indonesia sampai tingkat internasional. Dia adalah Bernard Dimas Rexa, yang berhasil menciptakan robot pembersih kaca gedung, dan menyabet mendali emas di Internasional Youth Invention Exebition 2012 di Taiwan dan mendali Perak pada Europen Exibition of Creativity and Innovation 2012 di Rumania. Bukan hanya robot buatannya saja yang mendapatkan penghargaan, tapi Dimas pun berhasil menyabet mendali perak dengan ciptaannya yang lain yaitu baterai dari kulit pisang yang mendapat penghargaan Internasional Youth Exhibition 2012 di China.
  7. Makin maraknya korupsi di Indonesia telah membuat keprihatinan tersendiri bagi para alim ulama Nahdlatul Ulama (NU). Kemarin, Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU mengeluarkan fatwa yang berisi rekomendasi hukuman mati bagi koruptor yang mengulangi perbuatannya. Fatwa tersebut dikeluarkan setelah melalui pembahasan di Komisi A atau Bahtsul Masail Ad-Diniyah Al-Waqi’iyah pada hari kedua pelaksanaan Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Pondok Pesantren Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Rois Syuriah PBNU yang juga Ketua Komisi A,KH Syaifuddin Amsir, mengatakan hukuman mati bagi koruptor dijatuhkan sebagai efek jera untuk tidak mengulangi perbuatannya.
  8. Dua juta buruh mengancam akan mogok kerja jika tuntutan dan hak-hak dasar mereka tidak dipenuhi. Pemerintah dituding gagal mengemban amanat rakyat terutama nasib para buruh. Hal ini disampaikan Anda Gani Nena Wea, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, ia mengatakan ancamannya bukan hal sepele. “Kami akan demo besar-besaran di seluruh Indonesia menuntut penghapusan outsourcing, tolak politik upah murah dan mendesak implementasi Jaminan Kesehatan Seluruh Rakyat di Indonesia,” paparnya dalam jumpa pers baru-baru ini.  Aksi mogok nasional ini akan digelar antara tanggal 25 September – 15 Oktober 2012,  yang akan digelar di 21 titik di seluruh propinsi Indonesia secara serentak. Tanggal pasti aksi massal ini akan digelar sengaja tidak ditetapkan untuk menghindari intervensi pemerintah.
  9. Pemerintah kota Pekalongan, Jawa Tengah meluncurkan stiker branding daerah ‘World City of Batik’ sebagai upaya mempopulerkan daerah itu sebagai pusat kota batik. Peluncuran stiker tersebut dimulai dengan menempelkan pada mobil dinas pejabat satuan kerja perangkat daerah dan bahan usaha milik daerah. Upaya ini diharapkan agar masyarakat dari berbagai daerah serta wisatawan asing lebih mengenal kota Pekalongan sebagai kota batik dunia.
  10. Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata semakin diminati, terbukti Laskar Pelangi edisi internasional ‘The Rainbow Troops’ akan dirilis di Amerika Serikat pada 8 Januari 2013 dan bisa dipesan melalu toko buku online terbesar di dunia www.amazon.com. Trobosan itu membuat novel karya anak negeri ini menjadi novel pertama Indonesia yang ditawarkan pre-order melalu situs tersebut, bahkan pemesanan sudah dibuka sejak dua pekan lalu.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?48917

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :