1. Rencana DPR untuk mengesahkan Pasal Santet terus menimbulkan kontroversi. Berbagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) menyatakan menolak jika pasal tersebut dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang KUHP. Ada wacana jika disahkan, pasal tersebut bisa disalahgunakan dan menimbulkan fitnah. Banyak ormas yang meminta para wakil rakyat untuk berpikir rasional dan lebih mementingkan kasus yang lebih penting untuk dipecahkan, seperti kasus korupsi, kasus Bank Century juga beberapa kasus ‘teror’ penembakan yang belum terungkap, baik di Papua maupun penembakan di Lapas Cebongan, Yogyakarta.
  2. Sepanjang Januari hingga Maret 2013 tercatat  ada 13 polisi yang mengalami penganiayan, bahkan ada yang sampai tewas. kondisi ini membuat Indonesia Police Watch (IPW) angkat bicara dan menyatakan keprihatinannya. Masyarakat yang anarkis kian nekat melakukan pengeroyoklan terhadap polisi, hal ini dinilai merupakan fenomena mengkhawatirkan. ICW berharap dengan kondisi ini para anggota Polri dapat meningkatkan kualitas latihan sehingga bisa lebih profesional.  Catatan 2011 ada 20 polisi yang tewas saat bertugas, tahun 2012 ada 29 polisi tewas dan 14 luka, sementara tahun 2013 (baru tiga bulan) ada 13 polisi yang menderita luka dan kehilangan nyawa.
  3. Pemadaman listrik bergilir akan dilakukan PT PLN untuk wilayah Jakarta dan Tangerang selama tiga jam pada 1 – 5 April 2013. Pemadaman bergilir ini dikarenakan adanya kerusakan pada menara Saluran Udara Tegangan Ekstra (Sutet) setelah curah hujan yang cukup tinggi dan terjadinya longsor. Kerusakan tersebut mengakibatkan daya listrik kawasan Jakarta dan Tangerang berkurang hingga 759 megawatt.
  4. Banyak orang kecewa karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya mau ditunjuk menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Lebih mengecewakannya lagi, ternyata SBY juga menunjuk dua menterinya sebagai pengurus vital di Partai Demokrat. Kondisi tersebut membuat SBY dicap tidak konsisten dengan ucapannya yang meminta menteri dari partai politik mundur jika tidak fokus dan lebih banyak mengurus partai, tapi kenyataannya SBY justru telah menunjuk Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan sebagai Ketua Harian PD, dan Menteri Perhubungan EE Mangindaan sebagai Ketua Harian Dewan Pembina partai itu.
  5. Proses rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilihan walikota Palopo, Sulawesi Selatan, diwarnai dengan sejumlah aksi pembakaran fasilitas pemerintah. Aksi tersebut berlangung usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo menetapkan pasangan Judas Amir-Ahmad Syarifuddin (JA) sebagai pemenang pemilukada putaran kedua tersebut. Tidak terima kekalahan, para pendukung Haedir Basir-A Tamrin langsung melakukan aksi brutal yang mengakibatkan kantor Wali Kota Palopo rusak karena dibakar massa. Tak hanya itu Kantor DPD Golkar dan media harian Palopo Pos pun menjadi sasaran kemarahan massa.
  6. Jemaat GKI Yasmin, HKBP FIladelfia dan HKBP Setu bekasi melakukan kebaktian Paskah di depan Istana Negara, Jakarta (31/3). Kebaktian bersama ini adalah bentuk protes jemaat kepada Presiden karena mereka tidak dapat melaksanakan ibadah di gereja mereka masing-masing saat merayakan hari raya Paskah. Para jemaat pun membawa serta telur raksasa untuk SBY.
  7. Pemerintah Indonesia mendesak negara-negara dan organisasi internasional yang tergabung dalam The Bali Precess on People Smunggling, Trafficking in Persons and Related Transnational Crime menyepakati pembentukan kelompok kerja yang menangani permasalahan dalam perdagangan manusia. Indonesia merasa penting dengan dibentuknya pokja tersebut,  karena selain banyak rakyat yang menjadi korban, Indonesia juga dianggap sebagai negara pemasok perdagangan manusia. Sebanyak 45 negara dan tiga organisasi anggota Bali Process akan mengadakan pertemuan kelima di Nusa Dua bali pada 1- 4 April 2013. Indonesia terpilih menjadi ketua umum bersama Australia. Pada pertemuan ini akan mempertegas kerangka kerja sama untuk pencegahan dan penindakan perdagangan dan penyelundupan manusia termasuk perlindungan terhadap korban.
  8. Untuk memudahkan masyarakat menggunakan program Kartu Jakarta Sehat (KJS), Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga membangun posko pengaduan di rumah sakit. Posko pengaduan akan memudahkan masyarakat dalam memberikan saran dan kritik, juga demi memudahkan dinas kesehatan membenahi KJS. Posko bisa ditemui langsung di rumah sakit, supaya mempercepat penyelesaian masalah yang dikeluhkan pasien, dan bisa langsung ditangani.
  9. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan status tanggap darurat penanganan bencana tanah longsor di Kecamatan Cililin, Bandung, Jawa Barat dihentikan. Penghentian ini ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah bersama antara keluarga korban dan para tokoh masyarakat yang dilakukan Sabtu (30/3), untuk itu proses pencarian korban longsor yang masih tertimbun pun dihentikan. Hingga hari ke 7 korban meninggal akibat longsor sudah ditemukan, namun 3 korban lainnya belum ditemukan. Penghentian pencarian korban longsor ini diputuskan atas dasar pertimbangan medis dan dampak yang akan ditimbulkan pada saat jenasah ditemukan.
  10. DPR didesak untuk segera membentuk panitia khusus ( pansus) terkait penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Saleh Partaonan Daulay, pansus perlu dibentuk untuk menggali informasi dari petinggi Polri dan TNI, pasalnya isu saling tuding dalam kasus tersebut berimplikasi negatif bagi kedua institusi keamanan negara tersebut.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?54382

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :