1. Pemberlakuan uji coba penghapusan sistem 3 in 1 diperpanjang. Berdasarkan hasil evaluasi, Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya sepakat memperpanjang uji penghapusan 3 in 1 selama sebulan, berlaku sejak 14 April – 14 Mei 2016.
  2. Pemerintah pusat dan Pemprov DKI akhirnya sepakat untuk menghentikan sementara reklamasi Pantai Teluk Jakarta. Keputusan ini dilakukan sampai semua persyaratan dipenuhi. Keputusan diambil menyusul Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diwakili Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Bramantya Satyamurti. “Kami sepakat untuk melakukan moratorium pembangunan reklamasi Teluk Jakarta sampai semua Undang-undang dan pesyaratan dipenuhi” kata Rizal Ramli.
  3. Kerjaan Inggris mendukung gagasan Presiden Joko Widodo untuk mendirikan universitas Islam Internasional di Indonesia sebagai salah satu wadah untuk berbagi pengalaman dalam mengendalikan terorisme. Dubes Moazzam Malik menyebutkan universitas itu akan menjadi tempat untuk berbagi pengalaman agama dalam bahasa internasional dengan negara-negara di Asia dan Eropa,
  4. Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengoptimalkan tim pengawasan orang asing (timpora). Tujuannya untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden yang membebaskan visa untuk warga dari 196 negara. Timpora meliputi polisi, kejaksaan, TNI, otoritas bandara, bea cukai, Pemda, BNN dan BNPT juga teribat dalam tim tersebut. Timpora merupakan implementasi dari UU No 6 tahun 2011 tentang keimigraian. Mereka bertugas mengumpulkan informasi tentang keberadaan dan kegiatan warga asing di Indonesia.
  5. Dua eksperiman siswa-siswi saat ini sedang mengorbit di luar angkasa. Padi dan tempe dibawa oleh Cygnus Cargo Feighter di atas roket Atlas 5 dari Cape Carbaval, Florida pada 23 Maret lalu. Rencananya eksperimen akan kembali ke bumi ada 20 Mei 2016. Atas prestasi ini Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Gisella Austine, Bennett Jonathan Krisno, Marie Felicia Surya, kerena telah menunjukkan prestasi internasional dan membuat bangga Indonesia.
  6. Puluhan koruptor kabur ke luar negeri, Badan Intelejen Nasional (BIN) berkomitmen membantu kepolisian dan kejaksaan untuk menangkap para buronan. Perintah untuk mencari seluruh buronan korupsi merupakan kebijakan pemerintah Presiden Joko Widodo. Kepala BIN, Sutiyoso mengungkapkan ada 33 buronan koruptor yang saat ini kabur ke luar negeri.
  7. Banjir besar terjadi di Negara bagai Texas, Amerika Serikat yang menyebabkan lima orang tewas. Lebih dari 1000 rumah warga di Harris County, termasuk Houston digenangi banjir. Situasi gawat darurat telah ditetapkan di sebanyak Sembilan distrik di wilayah Texas. Lebih dari 40 ribu orang di Houston tidak mendapat aliran listrik karena cuaca buruk. Kondisi tersebut juga berdampak pada penerbangan di bandara-bandara Texas. Lebih dari 1.200 penerbangan dibatalkan hingga Senin (18/4) waktu setempat.
  8. Terkait pembajakan Panglima TNI siap berangkatkan pasukan ke Filipina. Panglima TNI diperintahkan Presiden Joko Widodo menyiapkan pasukan untuk setiap saat bisa melakukan tindakan tegas. Jumlah pasukan yang dikerahkan (TNI AD, AU, AL dan Kepolisian) berkisar ratusan personel. Terkait perkembangan upaya pembebasan sandera di Filiphina, Panglima mengatakan sampai saat ini militer Filipina masih melaksanakan operasi. Pasukan siap diberangkatkan kapan pun apabila Filipina meminta bantuan.
  9. Jumlah korban tewas gempa Ekuador saat ini menjadi 413 orang. Gempa berkekuatan 7,8 magnitude itu juga melukai 2000 orang. Gempa menghancurkan bangunan dan jalan. Tim penyelamat masih mencari korban di antara tumpukan puing bangunan yang roboh. Aksi penjarahan mulai marak.
  10. Penentuan awal puasa 1 Ramadhan di Indonesia diperkirakan akan dilaksanakan serentak. Dua organisasi Islam terbesar tanah air, Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah sepakat menentukan 1 Ramadan jatuh pada Juni 2016.