1. Penyidik KPK Novel Baswedan disiram air keras di mukanya oleh dua orang seusai salat subuh berjemaah di Masjid Al Ihsan pada Selasa, 11 April 2017. Masjid itu hanya berjarak sekitar 7 rumah dari kediaman Novel. Penyiraman terhadap penyidik yang menangani kasus-kasus kakap, seperti megakorupsi e-KTP, itu di jalan yang berjarak dua rumah dari kediaman Novel. Setelah disiram, Novel menabrak pohon nangka, sehingga menyebabkan luka di keningnya. Pasca-kejadian ini, Novel dirawat di Rumah Sakit Jakarta Eye Center. Kornea matanya diduga terkena cairan tersebut. Namun, atas permintaan keluarga pada Rabu, 12 April 2017, Novel dibawa ke Singapura dan dirawat di Singapura General Hospital. 6 hari setelah dirawat, kondisi penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi semakin membaik.
  2. Keputusan sidang ahok ditunda Pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditunda karena jaksa belum siap, dan akan dijadwalkan ulang pada tangagl 20 April. Jaksa penuntut Ali Mukartono mengaku belum siap dengan tuntutan terkait sidang terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan meminta penundaan dua pekan. Ia beralasan, berkas tuntutan belum selesai diketik. Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto awalnya mempermasalahkan permintaan penundaan dua pekan itu. Jaksa menegaskan, permintaan itu tak ada kaitan dengan permintaan penundaan yang diajukan Kapolda Jakarta dengan alasan keamanan. Sesudah berunding beberapa saat, Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto mengabulkan permintaan penundaan ke tanggal 20 April, bertepatan dengan sehari sesudah 19 April 2015.Namun Hakim menetapkan sidang berikutnya sesudah itu tetap berlangsung sesuai jadwal, tanggal 25 April, yang berarti tim pembela memiliki waktu lebih sempit dalam menyiapkan pledoi atau pembelaan. Usai sidang, anggota tim pengacara Ahok, I Wayan Sidarta menyatakan tidak terlalu terpengaruh akibat penundaan sidang, karena pihaknya sudah menyiapkan materi pledoi atau pembelaan. Saran agar sidang pembacaan tuntutan terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditunda muncul pertama kali dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Muhammad Iriawan, awal April lalu, melalui surat kepada majelis hakim yang memimpin sidang. Tetapi ada sejumlah orang dan pihak yang menganggap surat Kapolda Metro Jaya tersebut sebagai upaya mengintervensi peradilan. Dan usai sidang, sejumlah orang yang menyebut dirinya sebagai pelapor kasus dugaan penistaan, mempertanyakan alasan penundaan putusan pembacaan tuntutan.
  3. Setya Novanto dicegah bepergian keluar negeri selama enam bulan atas permintaan KPK. Nama Setya ikut terseret dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Kerugian negara dalam proyek tersebut diperkirakan mencapai Rp 2,3 triliun dari total nilai proyek Rp 5,9 triliun. KPK mengatakan keterangan Setya sangat dibutuhkan dalam penyidikan dengan tersangka Andi Narogong.
  4. Sampai saat ini, masih ada sekitar 12.000 desa di seluruh Indonesia yang belum terlistriki dengan baik, 2.500 desa di antaranya bahkan gelap gulita di malam hari karena belum berlistrik sama sekali. Sebanyak 80% desa yang belum menikmati listrik ini berada di Papua. Dibutuhkan terobosan agar desa-desa tersebut segera terang benderang.
    Salah satu langkah yang dilakukan oleh Kementerian ESDM untuk menerangi desa-desa tersebut adalah dengan mendistribusikan paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LHSTE) ke Papua. Dalam APBN 2017 telah dialokasikan dana Rp 320 miliar untuk pembagian LHTSE. Selanjutnya di APBN 2018 direncanakan alokasi anggaran Rp 800 miliar untuk pembagian LHTSE ke sekitar 200.000 rumah tangga. Tiap rumah tangga mendapatkan 4 paket. Khusus untuk Papua dan Papua Barat, tahun ini akan dibagikan 88.881 unit LHSTE. Sebanyak 72.482 unit untuk Papua dan 16.399 unit untuk Papua Barat. Di Papua, lampu tenaga surya akan dibagikan di Kabupaten Merauke, Keerom, Boven Digoel, Supriori, Biak Numfor, Sarmi, Mimika, Mamberamo Raya, Waropen, Pegunungan Bintang, Puncak, Yalimo, Lanny Jaya, dan Jayawijaya.
    Sedangkan di Papua Barat, lampu tenaga surya dibagikan ke rumah-rumah di Kabupaten Fakfak, Kaimana, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, dan Pegunungan Arfak.
  5. Rencana pemindahan ibu kota kembali muncul di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Rencana ini bukan hal yang baru, sebab di era Presiden Soeharto dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga pernah muncul rencana serupa. Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menegaskan pemerintah saat ini serius untuk merealisasikan rencana itu. Apalagi, proses kajian di Bappenas sedang berjalan.
    Menurut Bambang, kriteria kota yang cocok untuk menjadi ibu kota harus memiliki kondisi alam yang stabil. Artinya kemungkinan terjadinya bencana alam paling kecil.
    Selain itu, kota yang bakal dipilih untuk menjadi pengganti Jakarta harus terdapat ketersediaan tanah yang besar. Ketersediaan tanah itu harus cukup untuk membangun seluruh fasilitas kementerian dan lembaga.
  6. Pemerintah Indonesia sedang giat membangun pelabuhan. Jepang diundang berinvestasi di 6 pelabuhan dari 24 pelabuhan yang direncanakan dibangun. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dalam pertemuan dengan Sekjen Partai Liberal Demokrat (LDP) Toshihiro Nikkai di kantor LDP, Tokyo, Jepang, Rabu (12/4/2017). Jepang sebelumnya sudah memberikan hibah radar yang saat ini dioperasikan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Nikkai menyambut baik tawaran Susi. Mengenai tindak lanjut kerja sama masih akan dibahas dan dipelajari lebih detail.
    Nikkai juga mengatakan, akan mengirim tim untuk meninjau lokasi yang direncanakan Indonesia untuk dipasangi radar. LDP dinilai penting karena memiliki pengaruh yang kuat terhadap parlemen dan kabinet.
  7. Debat final putaran kedua Pilkada DKI berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Salah satu sesi yang menjadi perhatian publik, saat dua calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Anies Baswedan berdebat soal reklamasi pantai utara Jakarta Utara. Ahok mempertanyakan konsistensi Anies soal reklamasi yang berubah-ubah. Terakhir, Anies menyatakan menolak reklamasi padahal sebelumnya menyatakan akan menjadikan lahan reklamasi untuk kepentingan sosial. Ahok menyatakan, reklamasi mempunyai nilai positif, satunya adalah akan mampu menyerap 1,2 juta tenaga kerja. Dari lahan reklamasi juga, akan bisa menghasilkan Rp 150 triliun dalam 10 tahun ke depan. Lontaran Ahok pun mendapat tanggapan Anies. Dia menyatakan, ada perbedaan pendekatan antara dirinya dengan Ahok terkait reklamasi. Reklamasi yang ada, sambung Anies, berbeda dengan pakem reklamasi yang telah ditentukan pemerintah di Keppres nomor 52. Reklamasi yang ada saat ini adalah untuk kalangan tertentu saja. Selain itu, kata Anies, reklamasi yang dilakukan saat ini akan membuat Jakarta makin sering banjir. Air hujan yang harusnya cepat di kirim ke laut akan kembali lagi ke Jakarta karena lahannya sudah direklamasi.
  8. Taman hiburan Disneyland akan dibangun di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Menurut Bupati Boyolali, Seno Samudro, telah ada MoU alias nota kesepahaman untuk membangun Disneyland di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah itu..
    Menurut Seno, telah disiapkan lahan sekitar 100 hektare untuk membangun Disneyland. Selain itu, Seno menjelaskan, proyek itu akan digarap Disneyland dengan beberapa pihak lain. Nilai proyek ini sebesar Rp 6 triliun.
  9. Pangeran Harry belum lama ini buka suara terkait keadaan emosi pasca meninggalnya sang ibunda, Putri Diana. Sempat mengalami depresi, adik Pangeran William itu beberapa kali menjalani terapi. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Harry saat diwawancara oleh The Telegraph belum lama ini. Pangeran berusia 32 tahun itu mengaku memendam segala kesedihannya pasca sang ibunda meninggal dunia selama 20 tahun belakangan. Selama ini, Harry hanya bisa memaksa diri agar tak memikirkan soal Diana dan bersedih karenanya. Ia pun menyadari berlarut-larut dalam kesedihan tak akan bisa membuat sang ibunda kembali hidup. Namun Harry sempat jatuh dalam lubang depresi selama dua tahun. Dan kala itu, ia memutuskan untuk menjalani terapi di usia 28 tahun dengan dukungan dari William, dan menyalurkan emosinya lewat olahraga tinju.
    Namun kini, Harry memastikan dirinya sudah jauh lebih baik.
  10. Para sahabat tidak hanya memberikan semangat agar Julia Perez atau Jupe sembuh dari penyakit kanker yang diidapnya. Tetapi juga ada beberapa yang menyisihkan pundi-pundi rupiahnya untuk Jupe. Seperti Maia Estianty yang menyisihkan rezekinya sebesar Rp 100 juta untuk bintang film ‘Gending Sriwijaya’ tersebut dalam acara penggalangan dana sang sahabat. ┬áBukan hanya Maia saja yang memberikan uangnya. Pengusaha Sandiaga Uno pun menyisihkan uangnya sebesar Rp 333 juta untuk mantan istri Gaston Castano tersebut.