1. Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjalani sidang perdana kasus dugaan penodaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (13/12). Dalam sidang perdana itu, Ahok mengajukan nota keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Ahok mengaku sedih dituduh menistakan agama. Ahok sempat menangis saat membacakan nota keberatannya, pembelaan Ahok menceritakan tentang sejarah kehidupan sedari kecil yang sangat dekat dengan orang-orang beragama Islam di sekitarnya.
  2. Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Thailand 2-1 dalam laga pertama babak final Piala AFF di Stadion Pekansari, Bogor (14/12). Hasil ini menjadi modal penting bagi Indonesia yang mengejar trofi pertamanya dalam lima final yang sudah diikuti. Sejarah besar Timnas Indonesia baru akan terjawab pada laga kedua yang akan berlangsung di Bangkok Sabtu 17 Desember 2016. Kemenangan leg pertama ini disambut bahagia oleh Pelatih Timnas, pria asal Austria ini pun tak sungkan memuji permainan anak-anak asuhnya. Meski senang, Riedl tak mau terlena dan akan tetap berusaha membuat timnya tampil lebih baik di leg kedua nanti.
  3. Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas hasil perjuangan Timnas mengalahkan Thailand 2-1 lewat akun Twitter-nya. “Selamat… Selamat.. Untuk Tim Nasional Indonesia- JKW” cuitnya. Presiden Jokowi tidak bisa menyaksikan langsung pertandingan leg pertama Tim Nasional Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor karena harus melakukan kunjungan kenegaraan ke Iran. Namun ia tetap meluangkan waktu khusus untuk menyaksikan pertandingan melalui layanan streaming di laptopnya.
  4. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya meluncurkan aplikasi elektronik tilang (e-tilang) pada Jumat 16 Desember 2016. Aplikasi ini berfungsi untuk mengurus denda pelanggaran tilang. Sistem ini dibuat untuk memangkas birokrasi dan mencegah pungutan liar serta mempermudah pelanggar membayar denda. Pelanggar tidak perlu lagi ke pengadilan, lebih mudah karena hanya tinggal membayar denda melalui smart phone dengan cara mentransfer ke bank yang bermitra setelah mendapat penetapan pengadilan tentang besaran denda yang harus dibayarkan. Prosesnya, setelah ditilang, petugas kepolisian akan mencatatnya dalam e-Tilang, dan pelanggar hanya mengurusnya melalui online. Program e-Tilang merupakan inisiatif Polri untuk meminimalisir adanya pungutan liar.
  5. Ribuan orang memadati Lapangan Gasibu Bandung, Senin (12/12), menghadiri acara doa bersama 1212 dan Pesantren Perekat NKRI. Acara ini diprakarsai oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) dan Pondok Pesantren Daarut Tauhid pimpinan KH Abdullah Gymnastiar atau yang dikenal AA Gym. Kegiatan tersebut juga bagian dari Gerakan Salat Subuh Berjamaah atau Aksi Subuh Berjamaan 1212. Aksi ini dilakukan di lebih dari 90 titik wilayah di Indonesia dan dipusatkan di Masjid Pusdai, Bandung.
  6. Penyerangan terhadap siswa sekolah dasar (SD) ternyata tidak hanya terjadi di Amerika saja. Selasa (13/12) seorang pemuda masuk ke SDN 1 Seba Kecamatan Sabu Barat, Sabu Rijua, Nusa Tenggara Timur. Pelaku melukai tujuh siswa kelas V yang saat itu sedang belajar di kelas. Polisi berhasil menangkap pelaku dan membawanya ke Kantor Polsek setempat, tetapi sebagian warga setempat marah dan mendatangi polsek. Warga memaksa masuk dan menghakimi pelaku hingga tewas.
  7. Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri kembali menangkap tiga tersangka teroris yang diduga terlibat serangkaian aksi pemboman. Mabes Polri merilis pernyataan telah berhasil menangkap ketiga pelaku yakni KF ditangkap di Ngawi, APM ditangkap di Solo dan WP ditangkap di Klaten. Berdasarkan hasil penggeledahan, tim Densus menyita beberapa barang bukti diantaranya cairan asam nitrat dan cairan kimia lainnya, satu buah laptop, alat komunikasi dan beberapa buku jihad. Sebelumnya tim Densus menangkap 4 lainnya yakni DYN, NS, AS dan S di Bekasi, Jakarta dan Solo. Total sampai saat ini sudah ada 7 orang yang ditangkap terkait terorisme.
  8. Tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik dan penghasutan terkait SARA, Buni Yani mengajukan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sejak Senin (5/12). Namun Polda Metro Jaya menolak permohonan praperadilan Buni Yani. Dalam sidang lanjutan praperadilan yang diajukan Buni Yani, Polda Metro Jaya menjawab bahwa penangkapan Buni Yani dilakukan sesuai prosedur. Polda Metro Jaya menyatakan tindakan Buni Yani yang mengunggah video pidato Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Kepulauan Seribu merupakan penyebab terjadinya konflik di masyarakat. Polda Metro Jaya menetapkan Buni Tani sebagai tersangka karena melanggar Pasal 28 (2) juncto Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman maksimal enam tahun penjara dan atau denda maksimal Rp 1 miliar.
  9. Bantuan untuk para korban gempa Aceh, khususnya Kabupaten Pidie Jaya terus mengalir. Bantuan sosial berupa pakaaian, makanan dan uang terus disalurkan untuk meringankan beban korban. Pemerintah Provinsi Aceh menetapkan status tanggap darurat di Aceh ditetapkan hingga 20 Desember 2016. Masa tanggap darurat berlaku untuk tiga kabupaten yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen. Penetapan tanggap darurat diperlukan untuk memudahkan penanganan darurat dan kemudahan akses menggunakan potensi sumber daya yang ada.
  10. Pada 19 Desember 2016 nanti, Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan 11 pecahan uang rupiah baru secara serentak ke seluruh Indonesia. Desain pecahan uang baru akan menampilkan gambar pahlawan nasional, diantaranya gambar Soekarno dan Mohammad Hatta pada uang kertas Rp 100 ribu, Djuanda Kartawidjaja pada uang kertas Rp 50 ribu, G.S.S.J. Ratulangi akan ada di uang baru pecahan Rp 40 ribu, Frans Kaisiepo pada pecahan uang Rp 10 ribu, Guru Besar Nahdatul Ulama Idham Chalid akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp 5.000 kertas, Mohammad Hoesni Thamrin pada uang kertas pecahan Rp 2.000, I Gusti Ketut Pudja pada uang rupiah baru pecahan Rp 1.000 logam, TB Simatupang pada Rp 500 logam, Tjiptomangunkusumo pada Rp 200 logam dan Herman Johannes pada Rp 100 logam.