1. Australia mengancam tidak akan datang ke Indonesia jika pemerintah RI jadi mengeksekusi mati dua terpidana mati kasus penyelundupan narkoba. Hal ini dinyatakan Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop. Saat berpidato di parlemen Australia (12/2) lalu, Menlu Bishop sekali lagi memohon agar dua warganya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran diselamatkan. Chan dan Myuran diputus hukuman mati pada 2006 karena tuduhan otak penyelunduan heroin seberat 8,3 kilogram senilai sekitar 40 miliar dari Bali menuju Australia dan ditahan sejak 17 April 2005. Bishop menilai jika permohonan diabaikan, maka dapat mempengaruhi minat warga Australia untuk melancong ke Indonesia.
  2. Pemerintah Indonesia menanggapi pernyataan dari Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop terkait pelaksanaan eksekusi mati tahanan kasus narkoba. Menlu Bishop akan melakukan boikot jika Pemerintah Indonesia jadi mengesekusi mati khususnya terhadap warga negaranya Australia. Pemerintah menilai sikap Menlu Australia terlalu berlebihan. Hingga kini pemerintah Indonesia belum menentukan tanggal pelaksanaan eksekusi mati tahanan kasus narkoba.
  3. Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, siap mengamankan pelaksanaan eksekusi terpidana mati akan dilaksanakan di Pulau Nusakambangan dalam waktu dekat. Disampaikan Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya, Polres siap melakukan pengamanan mulai jalur dilewati rangkaian kegiatan hingga tempat pelaksaan eksekusi.
  4. Pemerintah Indonesia mengeluarkan kecaman keras atas insiden penembakan tiga mahasiswa muslim di Kota Chapel Hill, North Carolina, AS. Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan selain mengutuk tindakan itu, Indonesia berharap proses hukum terhadap pelaku penembakan tersebut dapat ditegakan. “Kita mengecam kekerasan yang ditujukan pada kelompok-kelompok tertentu, dan kekerasan bukan solusi untuk apa pun” ungkapnya.
  5. Pemprov Jateng mewajibkan para pegawai sipil untuk mengenakan pakaian adat Jawa setiap tanggal 15. Selain mengenakan baju adat Jawa, para PNS juga diwajibkan untuk mengenali nilai-nilai estetika, etika, moral dan spiritual yang terkandung dalam budaya Jawa Tengah. Langkah Pemprov Jateng ini untuk menunjukkan bahwa di Jawa Tengah banyak aneka ragam kebudayaan. Meski berpakaian adat Jawa, tidak ada kesan kuno justru menunjukkan jatidiri dan karakter orang Jawa.
  6. Mulai Senin 16 Februari, Presiden Joko Widodo mulai berkantor atau menjalankan kegiatan pemerintahan di Istana Bogor, Jawa Barat. Sekretaris Kabinet Andi Widjajantor mengungkapkan bahwa untuk tiga bulan ke depan, Presiden Jokowi akan sering berkantor di Istana Bogor.
  7. Penetapan tersangka kepada Komjen Pol Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan tidak sah. Hal ini disampaikan Hakim tunggal Sarpin Rizaldi saat membacakan putusan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan di Pengadilan Negeri, Jakarta Selatan (16/2). Terkait putusan tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menggelar rapat terbatas dengan jajaran pimpinan menyusul hasil sidang praperadilan yang mengabulkan gugatan Komjen Budi Gunawan.
  8. Presiden Joko Widodo meminta pengiriman tenaga kerja pembantu rumah tangga (PRT) ke luar negeri dihentikan karena terkait erat dengan harga diri dan martabat bangsa. Saat melakukan kunjungan bilateral beberapa waktu lalu ke Malaysia, Brunei dan Filipina, Presiden mendapati fakta bahwa sebanyak 2,3 juta penduduk Indonesia menjadi tenaga kerja dan sebanyak 1,2 diantaranya illegal. Dari jumlah tersebut, kata presiden, banyak bermasalah. Oleh sebab itu, presiden berharap bias segera memasang target waktu untuk menghentikan pengiriman PRT. Selain malu, presiden juga mengaku sakit hati ketika membicarakan soal PRT di Malaysia.
  9. Pelajar dan massa dari komunitas sepeda tua melakukan aksi solidaritas Save KPK dan Save Indonesia. Mereka menggoes selama 13 hari dari Jember ke Jakarta untuk memberikan dukungan kepada KPK yang terlibat polemik dengan Polri. Setibanya di gedung KPK Senin (12/2) mereka langsung menggelar aksi Save KPK dan Save Indonesia.
  10. Rapat terbatas Presiden RI Joko Widodo, Senin (12/2) menetapkan beberapa kota yang akan menjadi andalan Indonesia dalam meningkatkan wisatawan mancanegara. Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengungkapkan, delapan kota diantaranya Bandung, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta, Kuala Namu di Sumatera Utara, Makasar di Sulawesi, Bali, Jakarta dan Batam. Pemasaran akan dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan memperbanyak kegiatan-kegiatan bertaraf internasional namun lebih menonjolkan daerah. Pemerintah mentargetkan tahun 2015 ini wisatawan mancanegara dapat mencapai 12 juta orang wisatawan pertahun.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?74936

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil

 

 

 

 

kabari store pic 1