1. Terus memerangi korupsi di Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan langkah baru dengan membuka layanan pesan singkat (SMS) untuk pengaduan adanya korupsi diberbagai sektor. Hanya dengan mengirimkan pesan ke nomor 1575, semua masyarakat Indonesia bisa menginformasikan kepada KPK adanya tindak korupsi. Bekerja sama dengan 10 operator layanan telekomunikasi yang ada di Indonesia KPK meminta kerjasama masyarakat untuk memberantas korupsi. Disampaikan Bambang Widjojanto selaku Wakil Ketua KPK dalam jumpa pers di kantor KPK (16/7) semua informasi yang disampaikan dijamin keamanannya. “Masyarakat juga tidak perlu registrasi ke operator dan operator menjamin isi pesan singkat tidak akan dipublikasikan. Kami akan membangun mekanisme kontrol atas layanan ini namun saat ini masih berdasarkan kepercayaan”paparnya.
  2. Dalam waktu dekat DPRD DKI akan memperkenalkan kartu cerdas untuk membenahi masalah pendidikan di Jakarta. Hal ini berkaitan dengan usulan penambahan anggaran pendidikan yang diajukan ke DPRD DKI sebesar Rp 709, 87 miliar atau sekitar 2,5 persen dari total APBD DKI 2012. Diharapkan alokasi tersebut tidak sia-sia dan harus tepat sasaran. Disampaikan Dwi Rio Sambodo selaku anggota DPRD DKI bidang pendidikan, dengan adanya kartu cerdas, diharapkan dapat memberikan bantuan pendidikan pada semua siswa dengan tingkat kemampuan berbeda. Mirip seperti kartu kredit, ada platinum, gold dan silver. Dijelaskan Rio, siswa yang memegang kartu platinum akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan penuh mulai uang pangkal, uang bangunan, SPP, hingga biaya operasional seperti seragam dan sepatu. Sedangkan siswa yang memiliki kartu gold akan mendapatkan bantuan uang pangkal dan uang bangunan atua SPP. Bagi siswa pemegang kartu silver hanya akan mendapat bantuan biaya bulanan atau SPP.
  3. Olimpiade 2012 siap digelar, atlet Indonesia yang disiapkan untuk mengikuti pesta olahraga terbesar tahun ini pun sudah siap berlaga. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang melepas para kontigen Indonesia pun berpesan agar semua atlet yang  untuk berlaga tanpa beban, namun ia berharap lagu Indonesia Raya yang menjadi lagu kebangsaan Indonesia bisa berkumandang di olimpiade yang akan digelar di London Agustus mendatang. “Tidak perlu sampai ada beban berlebihan, jalankan saja dengan baik. Justru di saat tanpa beban berlebihan terapi disertai tekad dan semangat tinggi, selalu ada jalan dari Tuhan atas kesuksesan dan keberhasilan kita,” ungkap SBY.
  4. Negara menyiapkan ‘hadiah’ untuk kontingen atlet Indonesia yang berhasil mendapatkan emas dalam Olimpiade London 2012. Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng di Istana Negara sesaat setelah Presiden SBY melepas Kontingen untuk mengikuti olimpiade. “Rp 1 miliar untuk peraih emas, Rp 400 juta untuk perak dan Rp 200 juta untuk perunggu. Dari swasta silakan jika ingin ikut memberi apresiasi,” ujar Andi.
  5. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Republik Indonesia, DR. Agung Laksono mengatakan dunia mengakui keberhasilan keluarga berencana (KB) dalam menurunkan angka kelahiran di Indonesia.  Dalam pertemuan tingkat tinggi keluarga berencana yang dihadiri beberapa negara dan para menteri kesehatan dari seluruh dunia itu merupakan pertemuan internasional pertama dalam pengendalian kelahiran sejak konferensi PBB di Kairo 2004.
  6. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta menyatakan siap untuk menggelar Pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada 20 September mendatang. Disampaikan Ketua Pokja Sosialisasi, Pemungutan dan Penghitungan Suara KPUD DKI Jakarta, Sumarno, penentuan dilakukannya Pilkada dua putaran akan dilakukan pada rapat pleno rekaputulasi penghitungan suara pada 20 Juli. Berdasarkan pasal 11 UU No 29 Tahun 2007 tentang Pemprov DKI, jika tidak ada yang mencapai jumlah suara lebih 50 persen, maka putaran kedua akan dilaksanakan dengan dua pasangan calon yang memperoleh suara dua teratas. Pilkada DKI Jakarta yang dilangsungkan pada 11 Juli lalu diikuti oleh enam pasang calon yakni Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Alex Noerdin-Nono Sampono, Jokowi-Basuki, Hidayat Nurwahid-Didik, Faisal Basri-Biem Benyamin, Hendarji-A Riza Patria.
  7. Daerah perbatasan antardaerah di Indonesia rawan konflik, hal itu dinyatakan Menteri Negara Riset dan Tekonologi, Gusti Muhammad Hatta. Ada sekitar 800 titik perbatasan rawan konflik dan perlu segera ditangani. “800 titik itu harus menjadi prioritas untuk ditangani, karena jika tidak akan mengakibatkan konflik,”paparnya. Menurutnya kewenangan penuh mengenai perbatasan ada pada Kementerian Dalam Negeri, sedangkan teknisnya ada pada Badan Informasi Goespesial. Gusti memaparkan yang menjadi pemicu adanya konflik perbatasan salah satunya adalah faktor sumber daya alam yang terbatas, juga seringnya terjadi pelanggaran tata ruang. Untuk mengantisipasi konflik yang muncul, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat seperti tertera pada UU Nomor 4 Tahun 2011 yang disahkan pada 5 April 2011 untuk menjawab permasalahan bangsa terkait dengan ketersediaan informasi geospesial sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pembangunan baik dalam penataan ruang, kebencanaan, pengelolaan SDM, SDA dan lainnya.
  8. Tersangka kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda Goeltom akan menjalani persidangan perdana pada 24 Juli mendatang. Mengaku tidak tahu apa-apa, dia pun berharap dapat disidang oleh seribu hakim. “Saya pengennya disidang di depan seribu hakim, biar keliatan semua,”katanya. Miranda kembali menegaskan dirinya tidak bersalah dalam kasus suap itu. oleh karenanya, dia berharap banyak orang bisa menyaksikan persidangannya. Seperti diketahui KPK menduga Miranda telah membantu Nunung Nurbaeti dalam rangka pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004. Atas perbuatannya tersebut, Miranda dijerat pasal 5 atat (1) huruf b pasal 13 UU Pemberantasan Korupsi.
  9. Wakil Menteri Luar Negeri Wardana mengatakan 12 ribu warga negara Indonesia yang tinggal di Suriah akan diupayakan segera dipulangkan ke Tanah Air karena kondisi keamanan di negara itu tengah bergejolak. Ia mengatakan, pihaknya telah memulangkan sebanyak 389 WNI dengan selamat ke Tanah Air. Selain itu, sudah ada sebanyak 364 WNI yang saat ini tinggal di tempat penampungan sementara di kedutaan besar Indonesia di Suriah. Wardana menambahkan, tidak mudah memulangkan WNI karena posisi mereka menyebar di berbagai daerah. Kendala utama yang dihadapi yakni dalam hal menjalin komunikasi dengan para WNI, pasalnya proses evakuasi terkendala karena tidak lancarnya komunikasi di negara tersebut. Bahkan tidak hanya itu saja, minimnya penerbangan dari Suriah ke Indonesia juga jadi kendala. “Penerbangan yang minim juga akan menjadi kendala. Namun, kita akan terus berupaya sekuat tenaga untuk memulangkan para WNI di Suriah dengan selamat” pungkasnya.
  10. Kementerian Perhubungan menawarkan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan menggunakan kapal untuk tujuan Semarang serta bus bagi yang pulang ke Jawa Barat dan Jawa Tengah. Seperti disampaikan Menteri Perhubungan E.E Mangindaan dalam keterangan persnya, pihaknya akan terus mensosialisasikan mudik gratis untuk pengguna sepeda motor beserta kendaraannya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di lintas pantai utara, Jawa.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?46697

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :