1. Pemerintah melakukan berbagai cara untuk mensosialisasikan rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Selain menyiarkan iklan tentang rencana kenaikan BBM, pemerintah juga akan menggunakan jaringan telekomunikasi yaitu dengan mengirim  short message service (SMS). Pesan tersebut akan dikirim kepada 240 juta nomor pengguna aktif telepon seluler. Dalam pesan, pemerintah akan mensosialisasikan dua hal, yaitu mekanisme kenaikan harga BBM dan pelaporan apabila terjadi penyimpangan yang tidak sesuai dengan prosedur.
  2. Pengamanan di sekitar Istana Negara diperketat. Ribuan personel TNI dan Polri bersenjata lengkap telah disiagakan di depan Istana. Kawat berduri, dan sejumlah kendaraan taktis, seperti Barraccuda dan Water Canon juga disiapkan. Hal ini disiagakan untuk mengantisipasi aksi demonstrasi kenaikan harga BBM bersubsidi di Jakarta (17/6). Sekitar 10.000 massa menggelar aksi demonstrasi di Jakarta
  3. Jelang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, sekitar 3.000 personel gabungan dari TNI-Polri disiapkan untuk mengamankan Kota Makassar. Ribuan pasukan disiapkan untuk mengawal aksi demonstrasi, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan objek vital perkantoran. Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Inspektur Jenderal Polisi Bahanuddin Andi berharap aksi mahasiswa yang menggelar demonstrasi penolakan kenaikan BBM tidak anarkis.
  4. Rapat paripurna DPR sedang digelar untuk menetapkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Sementara ribuan demonstran menolak kenaikan BBM menunggu keputusan sidang. Untuk mengamankan aksi unjuk rasa ratusan anggota kepolisian telah disiagakan di depan gedung DPR. Beberapa kendaraan seperti water canon dan mobil pemadam kebakaran juga telah disiagakan di halaman gedung parlemen.
  5. Puluhan ribu demonstran dari beberapa elemen buruh dan mahasiswa menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM bersubsidi di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta. Sebagai Gubernur DKI Jakarta yang baru saja menjabat, Joko Widodo mempersilakan warganya untuk melakukan unjuk rasa, hanya saja ia menghimbau agar massa yang menyampaikan aspirasinya tidak melakukan tindakan anarkis, seperti merusak fasilitas umum dan mengganggu ketertiban umum.
  6. Aksi demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi tidak hanya terjadi di Jakarta dan Makassar. Penolakan hampir terjadi di seluruh kota, seperti ratusan mahasiswa Semarang memblokade jalan Pahlawan Semarang. Hal serupa pun terjadi di Surakarta, massa menggelar aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM. Ratusan massa di Bandung, Jawa Barat pun menolak kenaikan BBM di  Gasibu Bandung.Warga Bekasi, pun tak juga menggelar aksi penolakan. Di Kalimantan, 13 organisasi kemahasiswaan yang tergabung dalam gerakan Geram juga menolak rencana kenaikan BBM.
  7. Ribuan buruh di sejumlah kota besar di Indonesia mengancam akan menutup sejumlah pintu tol jika pemerintah tetap menaikkan harga BBM bersubsidi. Demo serentak juga digelar di Bogor, Depok, Tangerang, Karawang, Surabaya, Pasuruan, Yogyakarta, Batam,Medan, Aceh, Lampung, Makassar, Manado, Gorontalo, Samarinda dan Papua. Sekitar 10.000 buruh se-Jabodetabek mengepung DPR yang tengah menggelar rapat paripurna terkait pembahasan BBM. Jika kenaikan harga BBM disahkan maka dalam aksi puncaknya, para buruh akan menutup jalan tol, pelabuhan dan bandara.
  8. Indonesia bersama dengan 38 negara lainnya menerima penghargaan dari Organisasai Pangan PBB (FAO) yang diserahkan Dirjen FAO Graziano da Silva kepada Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang mewakili pemerintah RI di Markas Besar FAO di Roma. Penghargaan itu dianugerahkan pada Indonesia, karena Indonesia dinilai berhasil mengentaskan kelaparan dan kemiskinan serta kekurangan gizi sebelum 2015 seperti yang ditargetkan MDGs dan World Food Summit (WFS).
  9. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Enjoy Jakarta Internasional Festival 2013 pada 26-28 Juni 2013.  Kegiatan ini baru pertama kali digelar, tujuannya untuk melestarikan, mengembangkan dan menghidupkan kembali seni tradisi kepada generasi muda, lokal, nasional dan internasional. Selain digelar di Panggung Utama PRJ, Kemayoran, acara serupa juga akan digelar di Sasono Langen Budoyo, TMII, Jakarta Timur dan di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat.
  10. Patung Dewi Saraswati akan dibangun di Washington DC, Amerika Serikat. Pembangunan patung Dewi Saraswati di Amerika merupakan bagian dari kerja sama di bidang kebudayaan antara pemerintah RI dan AS. Hal tersebut disampaikan Bupati Bandung Anak Agung Gde Agung.  Dewi Saraswati melambangkan dewi ilmu pengetahuan dan kebijaksaan yang bersifat universal. Patung yang rencananya dibuat setinggai 5,2 meter akan dibangun di depan halaman KBRI di Washington DC dan akan dilengkapi dengan ornamen khas Bali. Di bawah patung Dewi Saraswati akan dibuat juga patung anak-anak Amerika dan Indonesia yang sedang duduk sambil membaca buku.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56416

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :