1. Modus baru peredaran narkoba kembali terungkap. Polresta Medan mengungkap modus baru penjualan narkoba jenis sabu-sabu seberat 270 gram dengan menggunakan makanan ringan berupa roti. Pengakuan tersangka, mereka menjual sabu-sabu dalam bungkusan roti seberat 100 gram. Biasanya harga sebunkus roti Rp 15.000, setelah diisi sabu harnya mencapai Rp 4 juta. Untuk mencegah peredaran narkoba, petugas merazia nakoba ke sejumlah sekolah dan perguruan tinggi.
  2. Ada fasilitas lebih bagi para pegawai negeri sipil (PNS) DKI jakarta saat Ramadan. Jam kerja mereka bakal dikurangi 1,5 jam mulai pertengahan Juni, tepatnya setelah masuk Ramadan. Aturan ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) tentang perpendekan jam kerja PNS. Selama Ramadan, dari Senin-Kamis, PNS masuk kerja pukul 08.00 dan pulang pada 15.00 WIB.
  3. Pemerintah Amerika Serikat dikabarkan telah menghabiskan dana lebih daru USD 2,7 miliar atau sekitar Rp 36 triliun untuk memerangi ISIS. Keterlibatan AS dalam upaya memberantas ISIS di Irak dan Suriah dimulai sejak Agustus 2014 lalu. Kemeterian Pertahanan (Pentagon) mengungkapkan bahwa angkatan udara telah menanggung dua pertiga dari pengeluaran total, atau lebih dari USD 1,8 miliar. Pertempuran harian, pengintaian dan penerbangan menghabiskan biaya lebih dari USD 5 juta per hari.
  4. Jumlah kasus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Korea Selatan terus bertambah. Seorang pasien Mers juga telah dinyatakan meninggal. Dilansir Reuters, kasus ini menambah jumlah korban terjangkit Mers menjadi 16 orang. Virus Mers merebak di Korea sejak Mei 2015. Seorang pengusaha Korsel yang baru saja kembali dari Timur Tengah menyebarkan virus ini di fasilitas kesehatan yang mengunjunginya saat mencoba mengobati batuknya. Sejak saat itu Mers menyebar di fasilitas kesehatan dan rumah sakit di Korsel.
  5. Papua siap menyapa dunia melalui festival budaya Danau Sentani. Kali ini mengangkat tema Budayaku Sejahteraku. Festival Danau Sentani muncul sejak tahun 2008. Terlebih di tahun 2015, Festival Danau Sentani diadakan mulai tanggal 19 hingga 23 Juni 2015. Tahun ini, ikon Festival Danau Sentani adalah Tifa yang meruakan atribut besaran dari ondofolo dan dimaikan saat sukacita dan dukacita.
  6. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2013 tentang Bebas Visa Kunjungan. Kebijakan tersebut dikeluarkan guna mempererat hubungan Indonesia dengan negara lain dan memberi manfaat dalam pembangunan nasional. Indonesia membebaskan peraturan visa bagi 45 negara, diantaranya Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Italia, Spanyol, Swiss, Belgia, Swedia, Austria, Denmark, Norwegia, Finlandia, Polandia, Hungaria, Ceko, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrian, Oman, dan Afrika Selatan.
  7. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara saat ini berstatus awas yang mengakibatkan 2.785 jiwa mengungsi. Sejak September 2013 hingga akhir 2014, erupsi Gunun Sinabung telah mengakibatkan kerugian hingga Rp 1,4 triliun. Dilansir Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, kerugian dan kerusakan di sektor ekonomi produktif meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan, pariwisata, periklanan, UKM dan industri adalah yang paling besar, yaitu lebih dari Rp 896,64 miliar. Sedangkan kerugian dan kerusakan di sektor permukiman Rp 50 miliar infrastruktur Rp 23,65 miliar, sosial Rp 53,43 miliar dan lintas sektor Rp 18,03 miliar. Kerusakan dan kerugian ini belum termasuk dampak akibat lahar hujan.
  8. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan surat larangan bagi tempat hiburan malam untuk beroprasi selama bulan Ramadan. Beberapa jenis tempat hiburan malam yang dilarang beroprasi selama Ramadan diantaranya griya pijat, klub malam dan spa. Surat Edaran No.34/SE/2015 mengenai waktu Penyelenggaraan Industri Pariwisata pada bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H mengatur larangan operasi bagi tempat hiburan hingga H-1 lebaran.
  9. Presiden Joko Widodo tidak ingin ada yang ‘main’-main’ dengan dengan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan. Presiden mengaku akan turun langsung mengecek pergerakan harga selama Ramadan. “Jangan ada yang main-main harga” tegas Jokowi. Presiden berjanji cepat bergerak begitu ada pergerakan harga tidak wajar selama bulan Puasa dan Lebaran. “Pasti saya cek” imbuhnya.
  10. Adik mantan presiden Amerika Serikat George Bush, Jeb Bush bersiap untuk bergabung bersama calon lain dari kubu Republik untuk mengikuti pemilihan Presiden AS 2016. Bush secara de facto telah mengikuti rangkaian pencalonannya selama enam bulan dengan menggalang dana dan menyibukkan diri dengan berbagai lawatan, termasuk pekan ini ke Eropa. Senin waktu AS, dia akan menyampaikan pidato resmi di Miami, dan akan menyatakan bahwa kendati berasal dari dinasti politik Bush, dia adalah orang yang mandiri dan memiliki pencapaian sendiri dan gagasan. Tim kampanyenya merilis logo “Jeb!” dalam kertas merah besar dengan latar belakang putih dengan tulisan 2016 berwarna biru di bawah namanya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/77806

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium

 

 

 

 

kabari store pic 1