1. Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan serempak di seluruh Indonesia hari Senin (15/4), terpaksa tidak bisa dilaksanakan di 11 provinsi. Penundaan UN dikarenakan masalah teknis percetakan. Menanggapi masalah ini Kementerian Pendidikan membentuk tim investigasi melakukan investigasi terkait masalah ini. Jika terdapat suatu kelalaian yang dilakukan percetakan, maka Kemendikbud akan memberikan tindakan tegas dan sanksi.
  2. Tahun 2013 merupakan tahun politik jelang pemilihan presiden 2014 mendatang. Demi menyukseskan pemilu 2014 dari mulai perencanaan sampai tahap pelaksanaan sangat dibutuhkan kerja sama antara aparat dan masyarakat, untuk itu Kapolri Timur Pradopo meminta kepada seluruh jajarannya agar mempunyai perencanaan yang matang dari segi sarana dan prasarana untuk menghadapi pemilu. Seluruh polsek, polres dan polda diminta bekerjasama mengamankan pemilu 2014, dan target pengamanan pemilu 2014 dimulai dari tahun ini.
  3. Tak ingin disebut ‘gaptek’ (gagap teknologi) kini presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono pun turut berselancar di dunia maya lewat sosial media Twitter. Melalui akun @SBYudhoyono, presiden berharap bisa berkomunikasi dengan rakyatnya secara dekat. Namun pro dan kontra muncul. Banyak pengguna twitter yang mengkritik SBY namun tak sedikit yang mendukung.
  4. Kejadian naas dialami maskapai penerbangan Lion Air yang tergelincir di Bali saat mendarat mendapatkan banyak perhatian. Pesawat yang baru dioperasikan selama 1 bulan itu tergelincir ke laut karena disinyalir pilot tidak dapat melihat lampu landasan, sehingga memutuskan untuk membatalkan pendaratan, naasnya pesawat bukan naik ke atas tapi malah tergelincir ke laut.  Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menegaskan bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan apa yang menjadi penyebab Lion Air JT-904 tercebur ke laut sebelum menyentuh landasan Bandara Ngurah Rai, Bali. KNKT mengatakan kecelakaan tersebut saat ini sedang diinvestigasi oleh otoritas Indonesia dengan bantuan Amerika Serikat dan Boeing sebagai pabrik pesawat tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, penumpang yang luka-luka dibawa dan diberi perawatan di rumah sakit terdekat.
  5. Asosiasi Penyalur Bahan Bakar Minyak Indonesia (APBBMI) mendesak pemerintah menghapus pajak BBM nonsubsidi, karena jika tidak, penyalur BBM Indonesia tidak bisa bersaing dengan produk asing. Hal ini disampaikan Ketua Umum APBBMI Ahmad Faisal yang mengatakan, penghapusan pajak otomatis bakal mengerek penjualan BBM nonsubsidi, terutama untuk transportasi laut. Penghapusan pajak nonsubsidi bisa menjadi daya tarik bagi pengguna BBM subsidi beralih ke BBM nonsubsidi.
  6. Mengantisipasi penyebaran virus flu burung baru (H7N9), Dinas Peternakan Jawa Barat mewaspadai kemungkinan masuknya unggas asal China, termasuk bulu dan dagingnya. Peningkatan ditingkatkan sejak merebaknya wabah tersebut, hal  tersebut ditegaskan Kepala Disnak Jabar, Koesmayadi Tatang Padmadinata. Memang belum ada laporan temuan unggas dengan H7N9 seperti di China, namun pihaknya tetap harus mengantisipasi dengan mengerahkan unik reaksi cepat (URC) di lapangan. URC ini adalah petugas-petugas Disnak Jabar yang bertugas menyelidiki kemungkinan adanya ancaman penyakit yang ditularkan unggas. Para petugas melakukan antisipasi dengan cara pengawasan di pintu masuk atau lalu linta hewan unggas dengan mengetatkan keamanan. Pemerintah pun akan menghentikan impor semua produk unggas dari China termasuk bulu angsa kering untuk pembuatan kok bulutangkis.
  7.  Seorang pria kelahiran Indonesia tersangkut masalah hukum di New York, Amerika Serikat. Rudi Kurniatan terjerat hukum atas tuduhan “menyulap” wine murah menjadi anggur langka yang mahal.  Rudy Kurniawan, memang salah satu penjual wine langka yang cukup terkenal di dunia. Namun ia menyangkal semua tuduhan yang ditujukan padanya. Pria berusia 36 tahun ini memasuki pengadilan federal New York setelah jaksa penuntut mendaftarkan dakwaan baru.  Jaksa menuduhkan Kurniawan muncul sebagai salah satu penjual anggur langka mahal dan paling produktif di AS, diduga sejak 2004 – 2012 Kurniawan melakukan penipuan dan pemalsuan canggih kepada orang lain. Anggur palsu yang dijualnya adalah Chateau Petrus 1974 yang harga per botolnya mencapai Rp 300 juta, dan Domaine de la Romanee-Conti 1934 yang dijual seharga Rp 130 juta per botol. Kecurangan Kurniawan mulai terbongkar pada April 2008, saat dia mencoba melelang 97 botol anggur yang dia klaim berasal dari pabrik Burgundy Domaine Ponsot Prancis, di sebuah balai lelang di New York.  Botol-botol milik Kurniawan langsung ditarik dari pelelangan setelah ketahuan  wine yang diberi label produksi tahun 1929, padahal Domaine Ponsot baru mulai menjual anggur pada tahun 1834.
  8. New York punya paten baru untuk memerangi pemalsuan barang. Upaya itu untuk dilakukan untuk memerangi pemalsuan yang terjadi di New York. Kini pembeli pun harus hati-hati karena undang-undang untuk menindak pembeli barang palsu pun sudah diajukan. Jika nantinya disetujui, pembelian barang palsu dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hukum A. Sanksi hukuman selama 1 tahun kurungan penjara  dan denda mencapai US$1000 atau sekitar Rp 9,7 juta siap mengancam. Pemalsuan barang, terutama produk fesyen semakin marah di seluruh dunia, kini tengah menjadi perhatian.
  9. Pemerintah memberikan sinyal akan menaikkan harga BBM bersubsidi. Kemungkinan besar pemerintah mengajukan kenaikan harga BBM untuk menghemat APBN. Pembahasan tersebut nantinya akan disampaikan ke DPR terkait APBN-P dan APBN alokasi anggaran penghematan belanja.
  10. Hanya kerena ingin bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Fransiskus nekat memanjat tiang listrik bertegangan ekstra tinggi di kawasan Senen, Jakarta Pusat ( 15/4). Warga Flores, NTT ini ingin menyampaikan tuntutannya ke SBY mengenai ganti rugi lahan dikampungnya yang digunakan untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi. Ia mengancam akan terus berada ditower jika keinginannya bertemu presiden tidak diindahkan. Aksi Fransiskus ini menjadi perhatian banyak masyarakat, sampai membuat macet jalanan sekitar.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?54783

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :