1. Akibat banjir bandang yang terjadi di Kecamatan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, sebanyak 412 rumah mengalami kerusakan. Rumah warga yang mengalami kerusakan besar diperkirakan berjumlah 141 rumah, sementara rusak ringan 271 rumah. Banjir juga merendam ribuan hektar lahan pertanian yang mengakibatkan gagal panen. Diperkirakan jumlah kerugian akibat banjir itu mencapai kurang lebih Rp 44 miliar. Jumlah pengungsi dari enam desa di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal mencapai 1.933 atau 8.017 jiwa.
  2. Tertangkapnya perampok Toko Emas di Tambora sekaligus membongkar rencana serangan bom di Markas Brimob Polda Metro Jaya, di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto di Jakarta. Rikwanto mengatakan penyidikan Polda Metro Jaya bersama Datasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri kini tengah mendalami keterangan pelaku soal rencana peledakan tersebut. Petugas berhasil meringkus tujuh pelaku perampokan, yang terdiri dari Makmur alias Bram, Armand an Kodrad alias Polo yang tewas ditembak karena melawan. Sedangkan tersangka Thendra Hermalan, Siswanto, Togog alias Anto dan Kiting ditangkap dalam kondisi hidup. Polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 14 bom rakitan, lima pucuk senjata api rakitan, 34 butir peluru tajam, dua unit sepeda motor dan satu kilo gram perhiasan emas.
  3. Teror bom Molotov kerap terjadi di Makassar. Sudah terjadi lima pelemparan di lima gereja di Makassar. Selain itu di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di beberapa lokasi berbeda juga menjadi sasaaran pelemparan bom Molotov. Rumah warga, sekretariat mahasiswa, SMAN 8 Makassar juga menjadi target pelemparan bom dari orang tidak dikenal. Hingga kini tercatat belasan aksi teror bom molotov, namun belum satu pun berhasil diungkap oleh aparat kepolisian.
  4. Kesenian kuda lumping dari Temanggung, Jawa Tengah diikut sertakan dalam misi perdamaian pasukan PBB di Sudan. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung Bekti Prijono mengatakan pada 2013 ada sejumlah personel TNI asal Kodim 0706 Temanggung terpilih sebagai kontingen perdamaian PBB untuk Konga XXXV-A/Munusco. Selain mengemban misi perdamaian berupa pengamanan wilayah, di sana beberapa prajurit juga akan memperkenalkan kesenian dan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia. kuda lumping juga diharapkan turut berkontribusi menciptakan perdamaian dunia.
  5. Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksikan Aburizal Bakrie dan Joko Widodo memperoleh dukungan tertinggi apabila dipasangkan menjadi calon presiden dan wakil pada pemilu 2014 mendatang. Mendengar kabar tersebut, Jokowi justru enggan berkomentar, ia beralasan masih ingin membenahi Jakarta dari banjir dan macet. Jokowi mengatakan ia akan berkonsentrasi pada program-programnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan tidak mau terlalu mengurus partai, termasuk soal pemilu.
  6. DPR-RI tengah mengupayakan agar seluruh masyarakat berkesempatan mendapatkan rumah murah melalui tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Untuk itu DPR tengah membuat Rancangan Undang-undang Tabungan Perumahan Rakyat (RUU Tapera). Dengan adanya UU Tapera, nantinya kepemilikan rumah bagi rakyat yang tingkat ekonominya menengah ke bawah bisa memiliki rumah melalui Tapera. Dalam RUU tersebut, juga diatur mekanisme mendapatkan rumah mewah, kerjasama dengan bank. Jadi untuk ke depannya, tidak hanya Pegawai Negeri Sipil yang bisa mendapatkan rumah murah, tapi juga pedagang-pedagang, buruh pun bisa mendapatkan rumah murah.
  7. Indonesia diprediksi akan menjadi pasar mobil terbesar di kawasan Asia Tenggara pada 2014 mendatang. Estimasi tersebut merujuk dari data pasar mobil tanah air yang tumbuh yaitu sebesar 25 persen dengan rekor penjualan menembus 1,1 juta unit pada 2012 lalu. Prediksi yang disampaikan pengamat politik Jessada Thongpak  mengatakan, jumlah tersebut mendekati posisi Thailand yang saat ini menjadi para mobil terbesar Asia Tenggara dengan penjualan 1,4 juta kendaraan.
  8. Kebakaran terjadi di Jalan perintis Kemerdekaan, Pedongkelan, Jakarta Timur (17/3). Sedikitnya 650 rumah hangus terbakar, dan sekitar 800 kepala keluarga mengungsi. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Para korban kini diungsikan di tempat yang lebih aman dan dibuatkan dapur umum. Sampai saat ini masih belum diketahui penyebab kebakaran.
  9. Harga bawang putih yang terus meroket menjadi kegelisahan masyarakat terutama kaum ibu rumah tangga. Harga bawang putih sempat mencapai harga 80-100 ribu per kilogram, yang membuat harga jualnya cukup mahal. Hal ini pun membuat presiden Susilo Bambang Yudhoyono marah kepada menteri yang terkait. SBY menjelaskan kemarahannya karena ketidaksigapan menteri mengatasi persoalan harga bawang. Imbas penahanan ratusan container berisi bawang putih dari China dan Thailand oleh pihak Bea dan Cukai di terminal peti kemas Tanjung Perak, Surabaya disebut-sebut sebagai awal permasalahan.
  10. Rencananya Mahkamah Agung (MA) akan membangun gedung baru dengan harga yang fantastis yaitu 1 triliun. Gedung MA tersebut akan dibangun di atas gedung MA saat ini dengan menambah 15 lantai. Rencana pembangunan gedung baru tersebut terungkap saat MA menggelar Laporan Tahunan 2012. Maket gedung baru MA pun sudah dibentuk. Dalam maket digambarkan gedung MA baru akan dilengkapi tower yang menjulang tinggi dan di tengahnya diberi kubah. Rencana pembangunan gedung baru ini mendapat banyak kiritikan, pasalnya pembangunan direncanakan di tengah kondisi keuangan Indonesia yang mulai menurun.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53627

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :